Cara Mengatur Gaji 10 Juta untuk Investasi, Menabung dan Diri Sendiri

Keuangan Mar 31, 2022

Memiliki gaji 10 juta rupiah per bulan memang bukan jumlah yang sedikit bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Kalau kamu beruntung memiliki gaji dengan jumlah tersebut, kamu perlu mengelolanya dengan baik agar dapat dimanfaatkan dengan optimal. Bagi kamu yang masih bingung mengelola pemasukan 10 juta per bulan, yuk langsung kita simak cara mengatur gaji 10 juta secara lengkap dalam artikel berikut ini.

Cara Mengatur Gaji 10 Juta

Membuat anggaran untuk tabungan

Membuat anggaran untuk tabungan merupakan hal utama yang perlu kamu perhatikan saat mengatur pengeluaran dari gaji  bulanan. Kamu cukup menyisihkan 10% hingga 30% dari total keseluruhan gaji. Tabungan ini nantinya akan bermanfaat dan bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan masa depanmu.

Mempunyai dua rekening bank yang berbeda

Membuka dua rekening bank yang berbeda perlu kamu lakukan agar pengeluaran kamu lebih teratur. Kamu bisa menggunakan satu rekening bank untuk memenuhi keperluan hidup seperti tagihan bulanan dan lain sebagainya. Sedangkan rekening lainnya difungsikan khusus untuk menyimpan dana tabungan.

Menyisihkan gaji untuk investasi

Agar gaji yang kamu terima tidak habis hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup saja, kamu juga perlu menyisihkan sebagian gajimu untuk investasi. Bagi kamu yang baru memulai investasi, kamu bisa mencoba reksadana atau membeli emas dan logam mulia yang bisa kamu jual saat harga tinggi. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh keuntungan dari gaji yang kamu kelola menjadi investasi.

Menyusun anggaran dana untuk usaha

Memiliki usaha pribadi tentu memberi keuntungan tersendiri. Dengan usaha yang kamu rintis, kamu akan mendapatkan pemasukan tambahan dari gaji yang kamu sisihkan. Pemasukan tambahan dari keuntungan usaha ini bisa kamu gunakan untuk memperluas usaha dan memenuhi kebutuhan hidup.

Ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kamu coba, salah satunya adalah menjual barang impor yang sedang banyak diminati masyarakat. Untuk urusan pembayaran ke supplier luar negeri, kamu nggak perlu khawatir. Cukup dengan Topremit, uang yang kamu transfer ke rekening luar negeri bisa langsung diproses tanpa perlu waktu lama.

Kamu hanya perlu waktu mulai dari 5 menit hingga dana yang dikirim sampai ke rekening tujuan. Sangat mudah dan praktis kan? Topremit juga sudah terverifikasi dan mendapat lisensi Bank Indonesia sehingga transaksi yang kamu lakukan terjamin aman.

Menyisihkan gaji untuk dana pensiun

Selain investasi, menabung juga bisa kamu jadikan sebagai dana darurat yang dapat digunakan ketika muncul kebutuhan yang tidak diduga di masa mendatang. Selain itu, kamu dapat menyisihkan sebagian dari gaji sebagai dana pensiun yang nantinya dapat kamu manfaatkan secara maksimal di masa tua. Dana pensiun ini sangat penting untuk dipersiapkan sejak sekarang dan bisa membantu dalam membangun kehidupan masa tua yang terjamin. Jika kamu menyisihkan dana pensiun, kamu juga bisa mengikuti program asuransi masa tua yang banyak menawarkan benefit bermanfaat.

Pos untuk dana darurat

Mempersiapkan dana darurat juga tak kalah penting saat menyusun anggaran dari pemasukan bulanan yang kamu terima. Dana darurat bisa kamu gunakan jika suatu saat terjadi kecelakaan ringan atau menutup pengeluaran tak terduga. Namun, jika dana darurat yang telah dialokasikan tidak terpakai, kamu bisa mengalihkannya ke dana tabungan.

Menyusun anggaran untuk kebutuhan sehari-hari

Memenuhi kebutuhan sehari-hari menjadi fungsi utama dari pemasukan yang kamu terima per bulannya. Namun, kamu perlu mengalokasikannya dengan tepat agar tidak terkesan boros. Kamu bisa menganggarkan kebutuhan sehari-hari dengan porsi 30% dari total pemasukan.

Membuat laporan keuangan setiap hari

Setelah menyusun anggaran kebutuhan, kamu juga perlu menyusun laporan keuangan setiap hari untuk mengontrol pengeluaran yang dibutuhkan. Cara ini perlu dilakukan agar kamu mengetahui kemana saja pengeluaran kamu setiap hari. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan apakah pengeluaran tersebut perlu dikurangi atau tidak.

Membuat anggaran dana bulanan

Membuat daftar anggaran dana bulanan juga nggak kalah penting untuk kamu lakukan. Kamu dapat membagi kebutuhan bulanan menjadi kebutuhan tersier dan primer. Anggaran kebutuhan primer digunakan untuk makan, tagihan listrik, tagihan air, cicilan rumah, transportasi, dan lain sebagainya. Sedangkan anggaran untuk kebutuhan tersier digunakan untuk belanja, travelling, atau hiburan lainnya.

Membayarkan tagihan tepat waktu

Setelah kamu membuat anggaran kebutuhan hidup, jangan lupa beri tanda masa tenggat pembayaran tagihan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pembayaran tagihan di luar masa tenggat yang menyebabkan kamu perlu membayar sejumlah denda. Pembayaran denda tentunya bisa mengganggu pengeluaran yang sudah kamu susun untuk keperluan lainnya.

Membuat anggaran khusus untuk membayar hutang

Jika kamu memiliki utang yang perlu dibayar, maka kamu wajib menyisihkan gaji untuk membayar utang. Jangan sampai tunggakan utang terus membengkak dan memberatkanmu di kemudian hari.

Itu dia sederet cara mengatur gaji 10 juta yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu. Dengan mengelola pemasukan secara bijak, hidupmu akan jauh lebih tenang dan terjamin tanpa khawatir kekurangan. Hindari sifat boros dan foya-foya, ya!


Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.