Cara Kelola Penghasilan dengan Baik Menggunakan Metode 10-20-30-40

Money Management Apr 2, 2023

Bagi kamu pelaku usaha maupun karyawan, mengelola penghasilan sebaik mungkin merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Hal ini tak lain agar penghasilan yang kamu dapatkan bisa dialokasikan sesuai dengan kebutuhan jangka panjang maupun jangka pendek.

Sayangnya mengatur keuangan terkadang terasa sulit bagi sebagian kalangan. Buat kamu yang masih merasa sulit mengatur keuangan dan bahkan terkesan boros, kamu bisa menerapkan cara mengelola uang dengan rumus 1234. Apa itu? Daripada penasaran, yuk langsung simak cara kelola pemasukan berikut ini. Catat baik-baik, ya!

Mengelola Keuangan Pribadi dengan Prinsip 10-20-30-40

Mengelola penghasilan dengan metode 1234 atau prinsip 10-20-30-40 menjadi salah satu metode yang banyak dipilih untuk mengelola keuangan karena pembagiannya yang terasa pas. Agar lebih jelas, berikut pembagian pengeluaran yang bisa kamu terapkan berdasarkan prinsip 10-20-30-40:

10% untuk Investasi

Menginvestasikan sebagian pendapatan yang kamu miliki merupakan hal penting yang perlu kamu lakukan. Kamu bisa mengalokasikan 10% penghasilan yang kamu peroleh untuk membeli saham atau surat berharga sebagai aset investasi. Dana yang kamu investasikan bisa kamu manfaatkan sebagai perencanaan keuangan jangka panjang.

20% untuk Asuransi dan Dana Darurat

Asuransi dan dana darurat juga menjadi hal penting lainnya yang perlu kamu persiapkan sebaik mungkin. Dengan adanya dana darurat dan asuransi, kamu bisa mencegah pengeluaran tak terduga yang dapat mengganggu kebutuhan pokok harian kamu. Cukup alokasikan dana sebesar 20% dari hasil penghasilanmu untuk asuransi dan dana darurat.

30% untuk Cicilan Produktif

Opsi cicil menjadi alternatif bagi sebagian kalangan untuk memenuhi kebutuhan primer maupun sekunder seperti rumah dan kendaraan. Jika kamu memiliki cicilan, sisihkan 30% dari total penghasilan kamu untuk membayar angsuran secara berkala atau per bulan. Pastikan jumlah cicilan per bulan tidak melebihi 30% dari penghasilan agar kondisi keuanganmu tetap stabil.

40% untuk Kebutuhan Hidup

Penghasilan yang kamu peroleh tentunya menopang pengeluaran kehidupan sehari-hari. Kebutuhan sehari-hari terbilang penting dan prioritas, untuk itu kamu perlu menyisihkan sebagian pemasukanmu untuk kebutuhan hidup. Besaran biaya hidup bisa kamu sisihkan sebesar 40% dari total pemasukan yang kamu miliki. Dengan alokasi dana ini, kamu bisa membayar tagihan air, listrik, wifi, hingga membeli kebutuhan makan dan minum harian.

Itu dia pemaparan tentang prinsip 10-20-30-40. Sudah tahu kan bagaimana cara mengelola penghasilan dengan rumus 1234? Dengan rumus ini, kamu bisa mengatur pengeluaranmu agar tak boros lagi dan dapat menyisihkan sebagian penghasilan sebagai investasi jangka panjang.

Nah, buat kamu yang perlu membayar cicilan atau mengirimkan uang bulanan untuk sanak saudara yang tinggal di luar negeri, kamu bisa mempercayakan Topremit untuk transfer uang secara aman. Dengan Topremit, kamu bisa mengirim uang hingga ke 60 negara di dunia hanya dalam waktu mulai dari 5 menit saja.

Mudah kan? Selalu pilih Topremit untuk transfer uang dengan mudah dan nyaman ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.