Bisnis Importir - Cara Menjadi Importir yang Benar untuk Pemula

impor Mar 1, 2022

Bisnis importir merupakan jenis bisnis yang cukup menjanjikan dengan keuntungan besar. Namun begitu, agar bisa menjadi importir yang sukses dan meraup keuntungan yang melimpah, kamu perlu menyediakan modal yang cukup besar untuk memenuhi stok barang hingga mengurus perizinan khusus importir.

Selain menyiapkan modal yang cukup, untuk memulai bisnis importir, kamu juga perlu mengetahui apa saja cara menjadi importir yang benar agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari produk yang kamu jual. Yuk, langsung kita simak cara menjadi importir yang sukses khusus untuk pemula yang diulas dalam artikel berikut ini. Catat baik-baik, ya!

Cara Menjadi Importir Untuk Pemula

Menentukan Jenis Produk dengan Melakukan Riset Produk dan Pasar

Untuk memulai bisnis importir yang sukses, kamu perlu menentukan terlebih dahulu jenis produk apa yang paling banyak dicari di pasaran dan banyak dibutuhkan masyarakat saat ini. Selain itu, kamu juga perlu melakukan riset produk dan pasar terlebih dahulu agar kamu tahu produk apa yang tepat untuk kamu jual. Kamu bisa melakukan riset dengan menentukan segmentasi pasar untuk menemukan target pasar yang cocok dengan produk yang akan kamu jual nanti.

Cari Penjual atau Supplier Produk yang Memberikan Harga Terbaik

Setelah menemukan dan menentukan produk yang sesuai dan melakukan riset pasar yang mendalam, kamu juga perlu menentukan penjual yang memberikan harga terbaik dan kompetitif. Untuk menemukannya, kamu bisa memanfaatkan platform jual beli online yang ada di berbagai situs internet.

Misalnya kamu ingin melakukan impor dari China, kamu bisa membandingkan harga melalui platform seperti Alibaba, mktdc.com, TaoBao, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mendapatkan produk dari supplier terpercaya yang memberikan kamu harga termurah.

Untuk urusan pembayaran stok impor yang kamu beli dari supplier luar negeri, kamu nggak perlu khawatir. Dengan Topremit, kamu bisa melakukan transfer uang dengan mudah dan aman. Kamu hanya memerlukan waktu mulai dari 5 menit saja hingga dana yang kamu transfer sampai ke rekening pihak supplier produk di luar negeri. Sangat mudah dan praktis, kan?

Pasarkan Bisnis Secara Online

Memperluas bisnis dengan cara online merupakan salah satu langkah yang bisa kamu ambil. Dengan pemasaran online, produk yang kamu jual akan lebih mudah menjangkau ke audiens sesuai dengan target pasar dari produk yang kamu jual. Selain itu, pemasaran melalui kanal online juga dapat menghemat biaya operasional seperti sewa toko, listrik, dan lain sebagainya.

Untuk memasarkan bisnis secara online, kamu bisa membuat akun media sosial berisi promosi produk yang kamu jual atau dengan membuat toko di marketplace terbesar di Indonesia. Dengan begitu, produk yang kamu jual akan lebih banyak menarik minat konsumen. Jangan lupa pertimbangkan branding yang sesuai dengan produk yang dijual, ya!

Siapkan Perizinan dan Dokumen-Dokumen yang Dibutuhkan untuk Impor

Untuk menjadi seorang importir legal, kamu tentu perlu mengurus perizinan dan menyerahkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar bisnis importir yang kamu jalani sah di mata hukum. Aturan mengenai importir diatur dalam peraturan Menteri Keuangan Nomor 59/PMK.04/2014 yang berisi bahwa sebagai seorang importir, seseorang harus melakukan registrasi kepabeanan.

Untuk registrasi kepabeanan, kamu bisa melakukan pendaftaran ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mendapatkan Nomor Identitas Kepabeanan (NIK). Selain itu, kamu juga perlu mengurus API atau Angka Pengenal Importir sebagai tanda pengenal importir. Angka Pengenal Impor atau API bisa kamu dapatkan setelah membuat Nomor Induk Berusaha (NIK). Jangan lupa juga untuk mempersiapkan dokumen pelengkap lainnya yang diperlukan untuk impor, seperti packing list, invoice, bill of lading/airway bill, dan masih banyak dokumen lainnya yang perlu kamu serahkan sesuai dengan komoditas produk yang akan diimpor dan dipasarkan kembali.

Itu dia cara menjadi importir yang benar untuk kamu yang baru ingin merintis bisnis importir agar memperoleh keuntungan yang melimpah. Pastikan jenis produk yang kamu pasarkan termasuk produk yang diperbolehkan untuk diedarkan di Indonesia agar proses pemasaran barang impor yang kamu lakukan berjalan lebih lancar, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.