Cara Menyusun Rencana Sekolah ke Luar Negeri

Jun 23, 2020

Kuliah di luar negeri pasti jadi mimpi banyak orang termasuk kamu. Tapi, tau gak sih, ternyata kamu harus melakukan persiapan yang matang loh sebelum mulai kuliah.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakuin saat persiapan kuliah ke luar negeri:

Cari Informasi Awal

Kamu perlu tahu dong jurusan apa yang mau dipilih, negara mana yang mau dituju sampai perkiraan biaya kuliah yang harus dikeluarin. Nah, semua informasi ini udah gak susah buat dicari.

Kamu tinggal tanya ‘mbah’ Google aja. Semua informasi yang kamu perlu dari A-Z udah lengkap deh. Kamu cuma perlu tekun buat baca satu per satu situs universitas atau forum-forum yang nyediain tanya jawab buat calon mahasiswa.

Inget ya! Modalnya cuma satu, tekun. Plus internet sih buat googling.

Siapkan Persyaratan Pendaftaran

Nah, setelah kamu tau jurusan, universitas dan negara yang mau dituju, kamu tinggal siapin syarat pendaftaran. Gak ada salahnya loh kalian-kalian yang baru masuk SMA cari informasi ini.

Kenapa coba? Soalnya, kalian jadi punya waktu yang lebih panjang buat persiapin kuliah ke luar negeri. Kalian bakal leluasa banget untuk pastiin jurusan dan universitas yang ditargetin.

Bahkan untuk persyaratan pun kalian gak bakal panik dikejar deadline, karena udah disiapin sejak jauh-jauh hari.

Siapkan Biaya

Setelah semua persiapan lengkap, kamu masih harus siapin biaya loh. Nah untuk persoalan biaya, gak ada salahnya kamu coba-coba apply beasiswa kuliah di luar negeri.

Walaupun orang tua kamu udah ready buat biayain kamu, tapi opsi beasiswa tetep bisa dicoba loh. Siapa tahu iseng-iseng berhadiah. Orang tua pun pasti happy dan super proud banget liat anaknya bisa sekolah ke luar negeri karena jerih payah sendiri.

Nah, tiga tips tadi semoga bisa ngasih gambaran buat kalian-kalian yang lagi galau pengen sekolah di luar negeri tapi bingung harus mulai dari mana.