Tertarik Untuk Investasi? Ini Daftar Bursa Saham Terbesar di Dunia

investasi Aug 18, 2022

Bursa saham atau yang lebih dikenal dengan bursa efek menjadi salah satu bagian penting yang berperan besar terhadap jalannya kegiatan investasi. Bursa saham merupakan tempat jual beli surat berharga, khususnya saham.

Meski namanya bursa saham, di sini kamu juga dapat menemukan surat berharga lainnya seperti obligasi, right, dan warrant. Hampir semua negara di dunia memiliki bursa saham yang menyediakan instrumen investasi. Dari semua bursa saham yang ada di dunia ini, terdapat 5 bursa saham terbesar di dunia dengan total kapitalisasi yang terbilang tinggi.

Buat kamu yang penasaran, apa saja bursa saham terbesar di dunia, yuk langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini!

5 Bursa Saham Terbesar di Dunia

1. New York Stock Exchange (NYSE)

New York Stock Exchange merupakan bursa saham terbesar di dunia hingga saat ini dengan total kapitalisasi pasar mencapai 27,9 triliun dollar AS. New York Stock Exchange awalnya dikenal dengan New York Stock and Exchange Board dan didirikan pada 17 Mei 1792 berdasarkan Perjanjian Buttonwood yang ditandatangani oleh 24 pialang saham dan pedagang di Wall Street, New York.

2.   Nasdaq Stock Market (NASDAQ)

Bursa saham asal New York, Amerika Serikat ini tercatat memiliki total kapitalisasi pasar emiten mencapai 24,56 triliun dollar AS. Nasdaq Stock Market atau National Association of Securities Dealers Automated Quotations didirikan sejak tahun 1971. Nama Nasdaq merupakan sebuah organisasi swasta yang kini dikenal sebagai Otoritas Pengatur Industri Keuangan (FINRA) independen yang mengatur semua perusahaan sekuritas yang melakukan bisnis di Amerika Serikat.

3.   Shanghai Stock Exchange (SSE)

Shanghai Stock Exchange merupakan salah satu bursa saham yang beroperasi secara independen di China bersama Bursa Efek Beijing dan Bursa Efek Shenzhen. Bursa saham yang diresmikan sejak 26 November 1990 ini tercatat memiliki kapitalisasi pasar dengan nilai mencapai 8,15 triliun dollar AS. Tak heran jika bursa saham ini dikenal sebagai bursa saham terbesar di Asia.

4.   Euronext N.V

Euronext N.V merupakan salah satu bursa saham terbesar di Eropa hasil merger antara bursa saham Amsterdam, Paris, dan Brussels pada tahun 2000. Bursa saham dengan total kapitalisasi pasar mencapai 7.33 triliun dollar AS ini berkantor pusat di Amsterdam.

Namun Euronext N.V beroperasi di 6 kota Eropa lainnya antara lain Paris, Brussels, Lisbon, Milan, Dublin, dan Oslo. Perlu kamu tahu, ada banyak sekali perusahaan yang sahamnya tercatat di bursa efek Euronext seperti Unilever plc (UNA), hingga Volkswagen (VVA).

5.   Japan Exchange Group (JPX)

Bursa saham Asia yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang ini terdaftar sebagai salah satu bursa saham terbesar di dunia. Japan Exchange Group (JPX) disebut memiliki nilai market  mencapai 6,54 triliun dollar AS. Sama seperti Euronext N.V, bursa saham yang secara resmi berdiri pada 1 Januari 2013 ini merupakan hasil merger antara Tokyo Stock Exchange dan Osaka Securities Exchange.

Itu dia daftar bursa saham terbesar di dunia yang perlu kamu ketahui untuk memperluas pengetahuanmu mengenai investasi.

Nah, kalau kamu ada kebutuhan transfer uang ke bursa saham di luar negeri, kamu bisa mengandalkan Topremit yang dijamin aman dan prosesnya cepat. Dengan Topremit, kamu bisa mengirimkan uang ke rekening tujuan di luar negeri hanya dalam waktu mulai dari 5 menit saja. Selalu percayakan Topremit untuk pengiriman uang hingga ke 60 negara di dunia dengan mudah dan praktis, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.