Daftar Kampus Terbaik dan Terfavorit yang Ada di China

Kuliah di luar negeri Jan 11, 2022

Meski tak banyak dilirik, China menjadi salah satu negara yang ideal untuk menuntut ilmu, khususnya bagi calon mahasiswa. Banyak universitas di China yang punya reputasi baik dan terkenal. Kalau kamu ingin kuliah di Negeri Tirai Bambu, sebaiknya persiapkan sejak saat ini, agar bisa bersaing dengan calon mahasiswa dari negara lain.

Syarat Kuliah di China

Mendaftar di masing-masing universitas memang punya syarat yang berbeda. Namun secara umum, terdapat beberapa syarat yang biasanya diminta oleh setiap kampus. Misalnya saja, sebagian besar kampus di China tidak menerima mahasiswa di atas usia 30 tahun untuk sarjana. Sedangkan untuk gelar master dan PhD, maksimal hanya 40 tahun.

Selain syarat di atas, berikut ini syarat lainnya yang bisa kamu penuhi:

1. Tes bahasa yang berlaku adalah TOEFL & IELTS

2. Tes HSK yang berlaku adalah sebagai berikut:

-HSK elementary – untuk gelar sains, teknik, dan kedokteran.

-HSK intermediate – untuk gelar lainnya (seperti seni liberal, ekonomi, manajemen, dan lainnya).

3. Memiliki paspor biasa dan visa X1 (masa studi lebih dari 180 hari) atau visa X2 (masa studi tidak lebih dari 180 hari).

Daftar Kampus Terbaik dan Terfavorit di China

1. Fudan University

Fudan University adalah salah satu kampus nasional di China. Kampus ini didirikan pada tahun 1905 dengan peserta didik sekitar 30.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Sebanyak 3.000 di antaranya adalah mahasiswa internasional. Kampus ini juga menawarkan program sarjana MBBS, 15 program master, dan 2 program doktoral dalam bahasa Inggris.

2. Shanghai Jiao Tong University

Kampus ini terbilang yang paling tua di China. Shanghai Jiao Tong University didirikan pada tahun 1896 dengan 29 fakultas. Jurusan yang menggunakan bahasa Inggris di kampus ini adalah teknik, ekonomi dan manajemen, hukum internasional, dan hubungan publik. Mahasiswa internasional di kampus ini berjumlah  2.134 orang.

3. Tsinghua University

Kampus yang berlokasi di Beijing ini memiliki 19 fakultas. Program sarjana dan pascasarjana jurusan arsitektur, teknik sipil, ilmu informasi, jurnalisme dan komunikasi, serta kebijakan publik di kampus ini dipaparkan dalam bahasa Inggris. Kampus ini juga kerap memberikan beasiswa kepada mahasiswa internasional.

4.  Peking University

Peking University merupakan salah satu kampus nasional utama yang tertua di China. Kampus ini didirikan pada tahun 1898. Bidang yang terkenal di kampus ini adalah penelitiannya. Untuk kamu yang belum mahir berbahasa Mandarin, ada program master yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

5. Zhejiang University

Kampus yang terletak di kota Hangzhou ini menawarkan 14 disiplin ilmu. Kampus ini memiliki 47.000 mahasiswa yang 5.000 di antaranya adalah mahasiswa internasional. Kampus ini juga menawarkan program sarjana dan pascasarjana untuk mahasiswa internasional. Kamu juga bisa mendapat beasiswa dari kampus ini.

6. University of Science & Technology of China

Kampus ini menyediakan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, olahraga, bantuan keuangan/beasiswa, program pertukaran dan studi ke luar negeri, serta masih banyak lagi. Letaknya berada di Hefei, Anhui, University of Science & Technology of China sudah terakreditasi atau diakui oleh Departemen Pendidikan Provinsi Anhui.

7. Nanjing University

Nanjing University memiliki 21 fakultas dengan 59 departemen. Jurusan studi China, komunikasi budaya China dan ASEAN, arsitektur dan perencanaan pedesaan, dan administrasi bisnisnya diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Kampus ini pun termasuk salah satu yang tertua, karena di kampus nomor dua sudah diclaim sebagai yang tertua. karena didirikan pada tahun 1902. Beberapa penghargaan yang didapat selama ini, termasuk 'Dosen Terbaik Nasional' dan penghargaan untuk 'Kultivasi Bakat'.

8. Wuhan University

Fokus dari kampus ini adalah pada penelitian. Kampus ini juga sudah memiliki 1.500 mahasiswa internasional. Beberapa jurusan yang menggunakan pengantar bahasa Inggris adalah teknik perangkat lunak dan komunikasi dan enam program pascasarjana termasuk informasi geospasial dan pengobatan klinikal. Wuhan University juga bermitra dengan sekitar 70 universitas dan institusi penelitian di berbagai belahan dunia.

9. Tongji University

Dengan sepuluh disiplin akademik, Tongji University sudah memiliki lebih dari 33,000 mahasiswa, di mana 2,000 di antaranya adalah mahasiswa internasional. Beberapa jurusan yang menggunakan bahasa Inggris di kampus ini adalah program MBBS dan manajemen lingkungan, pengembangan berkelanjutan tingkat sarjana, dan beberapa program pascasarjana termasuk manajemen perusahaan, teknik perangkat lunak, dan arsitektur.

10. Renmin University of China

Institusi pendidikan tinggi negeri nirlaba di Beijing ini sudah terakreditasi menteri pendidikan China. Kampus ini menawarkan berbagai program gelar seperti gelar bachelor, master, dan doktor dalam berbagai bidang studi. Kampus ini juga termasuk yang berumur panjang karena sudah berdiri sejak tahun 1937.

Itulah beberapa informasi mengenai kampus terbaik dan terfavorit di China. Kalau kamu ingin melanjutkan studi ke sana, jangan khawatir soal pengiriman uang. Serahkan pada Topremit yang sudah berpengalaman dalam kirim uang ke luar negeri. Topremit melayani pengiriman uang ke 160 negara dengan cepat dan aman karena sudah memiliki izin dari Bank Indonesia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.