11 Fakta Menarik Tentang Inggris yang Perlu Diketahui

tips tinggal di luar negeri Mar 28, 2022

Inggris dikenal dengan bahasanya yang mendunia, bahkan menjadi bahasa internasional yang digunakan masyarakat. Selain bahasanya, negara ini rupanya menyimpan segudang fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui. Apa saja faktanya? Mari kita cari tahu faktanya dalam ulasan berikut ini.

Fakta Menarik Tentang Inggris

1. Big Ben

Seperti diketahui, Big Ben menjadi ikon negara Inggris yang sangat populer di dunia. Eits, jangan salah, Big Ben rupanya adalah julukan bagi lonceng dengan berat 15 ton yang ada di dalam menara jam di London. Menara jam tersebut sebenarnya bernama Elizabeth Tower yang diresmikan pada perayaan Diamond Jubilee, 60 tahun tahta Ratu Inggris pada tahun 2012. Nama Big Ben diambil dari nama seseorang yaitu Sir Benjamin Hall yang namanya terukir di The Great Bell.

2. Budaya yang Unik

Selain menjadi salah satu negara besar di dunia, Inggris juga memiliki budaya yang unik. Dengan banyaknya orang yang berasal dari penjuru dunia, Inggris memiliki perpaduan unik, baik dari segi budaya, makanan, dan minat. Jika kamu merantau ke negeri ini, kamu nggak hanya belajar tentang budaya Inggris, tetapi juga budaya luar dari orang-orang dari negara dan budaya lain.

3. Mayoritas Mahasiswa Internasional Berasal dari Asia

Inggris memiliki kampus-kampus favorit yang banyak diminati mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Hal ini membuat mayoritas mahasiswa internasional yang belajar di universitas-universitas Inggris berasal dari Asia. Total mahasiswa Asia terbanyak berasal dari China, kemudian disusul oleh India dan Malaysia.

Selain itu, negara ini juga memiliki akses yang mudah khususnya untuk transaksi internasional. Bagi kamu yang berkesempatan untuk menimba ilmu di Inggris, jangan khawatir untuk urusan transfer antar negara. Dengan Topremit, kamu bisa menerima uang saku yang dikirim orang tua di Indonesia untuk membayar kebutuhan hidup selama berkuliah di Inggris.

Kamu juga nggak perlu menunggu waktu lama, karena mulai dari 5 menit saja, uang saku yang dikirim bisa langsung sampai ke rekening tujuan di Inggris. Sangat mudah dan praktis, kan?

4. Istilah Mind The Gap

Istilah “mind the gap” yang biasa kita jumpai di peron kereta api adalah peringatan yang biasanya terpampang di stasiun kereta bawah tanah di Inggris. Istilah yang pertama kali dikenalkan pada tahun 1969 di London Underground ini dipasang agar penumpang berhati-hati saat keluar kereta karena adanya jarak antara kereta dengan platform stasiun. Saat ini, istilah tersebut menjadi simbol khas souvenir-souvenir yang dijual di Inggris.

5. Tradisi Minum Teh

Tradisi minum teh atau "tea time" menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan orang Inggris. Biasanya budaya minum teh ini dilakukan di sore hari, yaitu di antara waktu makan malam dengan makan siang.

6. Situs Wisata Stonehenge

Dikenal sebagai tempat wisata terkenal di dunia, Stonehenge juga merupakan bangunan bersejarah terpenting di dunia. Situs Stonehenge ditambahkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986. Para peneliti mempercayai bahwa situs Stonehenge dulunya digunakan sebagai tempat ritual masyarakat setempat.

7. Kereta Tertua di Dunia

Kamu pasti sudah nggak asing dengan transportasi kereta api bukan? Transportasi kereta api untuk penumpang di Inggris merupakan kereta api penumpang tertua di dunia. Kereta api penumpang berasal dari Inggris pada tahun 1825. Di Inggris, terdapat beberapa jenis kereta penumpang, salah satunya adalah kereta api yang menghubungkan akses ke Prancis dan Belgia melalui jalur kereta api bawah laut di terowongan Channel yang pembangunannya selesai pada tahun 1994.

8. Union Jack, Sebutan Bendera Inggris

Bendera kebangsaan Inggris memiliki nama lain yang dikenal dengan sebutan Union Jack. Bendera Union Jack atau yang secara resmi disebut dengan nama Union Flag ini memiliki  desain gabungan dari bendera Irlandia dan Britania Raya yang bersatu pada tahun 1801. Bendera ini juga memiliki status resmi atau semi-resmi di beberapa wilayah Persemakmuran lainnya.

9. Pilihan Jurusan Kuliah yang Unik

Banyaknya jurusan dan gelar unik yang tersedia di universitas-universitas di Inggris menjadi salah satu daya tarik bagi mahasiswa internasional yang ingin mengeksplorasi bakat dan minat terpendamnya. Contoh jurusan unik yang bisa kamu ambil di universitas di Inggris antara lain ethical hacking, surf science and technology, puppetry design and performance, hingga floral design.

10. Asal Usul Sebutan Negara Inggris

Nama Inggris (England) dalam bahasa kuno berarti “Tanah Angelis”. Angles adalah suku Jermanik yang menetap di Britania Raya pada abad pertengahan awal. Penggunaan "England" pertama disebut untuk merujuk pada bagian selatan dari pulau Britania Raya pada tahun 897. Ejaan modern untuk kata ini pertama kali digunakan pada tahun 1538.

11. Bilik Telepon Merah

Saat berkunjung ke Inggris, kamu pasti akan menemukan banyak bilik telepon berwarna merah yang tersebar di jalan raya. Bilik telepon yang dirancang oleh Sir Giles Gilbert Scott ini sudah dialihfungsikan sejak Oktober 2014 menjadi tempat untuk charge ponsel genggam secara gratis.

Itu dia sederet fakta menarik tentang Inggris yang bisa kamu pelajari untuk memperluas wawasan tentang Inggris. Bagaimana? Tertarik untuk berwisata atau menimba ilmu di Inggris?

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.