Fakta Menarik dan Unik Tentang Negara Thailand, Harus Tau!

Thailand memiliki destinasi wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Selain karena perbedaan budayanya, negara berjuluk Negeri Gajah Putih tersebut pun memiliki tempat-tempat wisata yang eksotis bahkan tak akan ditemukan di Indonesia. Sebelum kamu mengunjungi Thailand, ada baiknya untuk mengetahui fakta menarik dan unik mengenai negara tersebut.

Fakta Menarik Tentang Thailand

1. Tidak Perlu Visa

Kalau kamu ingin mengunjungi Thailand, cukup sediakan paspor. Sebab, Thailand membebaskan warga Indonesia yang berkunjung ke negaranya tanpa harus membuat visa. Thailand membebaskan visa kepada 52 negara di dunia, termasuk Indonesia, untuk kunjungan singkat selama 30 hari.

2. Negara di Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah

Kondisi alam yang tidak terlalu subur membuat negara Eropa kurang tertarik dengan Thailand. Selain itu, ketika masih bernama kerajaan Siam, Sang Raja Siam Rama V berhasil melakukan diplomasi dengan Inggris dan Prancis untuk melindungi negaranya.

3. Mengakui Banyak Gender

Secara hukum, Indonesia hanya mengakui 2 gender atau jenis kelamin, yakni wanita dan perempuan. Namun, di Thailand ada lebih dari 15 jenis. Ini disebabkan banyaknya kaum pria dan wanita di sana yang mengubah gender mereka, sekaligus menerima perbedaan orientasi seks pada masing-masing individu.

4. Memiliki Patung Buddha Emas Terbesar

Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan adalah patung Buddha yang terbuat dari emas dengan ukuran raksasa. Patung tersebut dibuat dari emas murni setinggi 3 meter dan berat 5,5 ton. Letaknya berada di perkotaan, tepatnya di Vihara Wat Traimit, distrik Samphanthawong, Bangkok.

5. Punya Banyak Wihara

Fakta unik dan menarik lainnya mengenai Thailand adalah memiliki banyak wihara. Ini karena lebih dari 90% penduduknya memeluk agama Buddha. Thailand setidaknya memiliki 35.000 vihara yang tersebar di seluruh wilayah, seperti Wat Rong Khun yaitu vihara serba putih di Chiang Rai atau vihara berbentuk perahu di tepi sungai Chao Phraya.

6. Lokasi Wisata Favorit untuk Backpacker

Untuk kamu yang ingin liburan dengan budget terbatas ke Thailand atau ala backpacker, terdapat kawasan hiburan malam hari di Bangkok, bernama Khao San Road. Jalan sepanjang 400 meter ini berjejer pedagang makanan khas, hingga aneka hiburan. Namun, kamu harus waspada karena daerah ini sering terjadi pencopetan.

7. Surganya Ular Kobra

Desa bernama Bankok Sa-Nga menjadi surganya hewan reptil seperti ular. Desa ini bahkan memiliki julukan Cobra Village. Masyarakat desa tersebut sudah biasa hidup berdampingan dengan ular kobra. Setidaknya, satu rumah di desa tersebut memelihara 1 ular kobra. Para penduduknya juga sudah terbiasa diajarkan cara menjinakkan kobra sejak kecil.

8. Santorini Park

Tak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk menikmati suasana ala Yunani. Kamu bisa menemukannya di Thailand. Bernama Santorini Park, kawasan wisata ini memang dibuat menyerupai Santorini di Yunani. Lokasinya berada di Cha-Am District. Seluruh kawasan ini desain benar-benar seperti di Yunani.

9. Pasar 'Maut'

Disebut pasar maut karena tempat perbelanjaan tradisional ini dibelah oleh rel kereta api yang masih aktif hingga kini. Para pedagang membuka dagangan mereka persis di pinggiran rel kereta. Meski terdengar berbahaya, namun kereta yang melewati pasar ini berjalan dengan pelan. Karena keunikannya, pasar ini pun menjadi daya tarik wisata.

10. Memiliki Nama Ibu Kota Terpanjang

Kamu mungkin sudah tahu bahwa ibu kota Thailand adalah Bangkok. Namun, pemerintah setempat memiliki nama formal yang lebih panjang. Mau tahu sepanjang apa? Coba baca namanya berikut ini, Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit.

Arti dari nama tersebut adalah Kota Malaikat, Kota Agung Para Dewa, Kota Agung Sembilan Permata, Tahta Raja, Kota Istana Kerajaan, Rumah Penjelmaan Dewa, Dibangun oleh Visvakarman atas Perintah Indra.

Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik mengenai Negeri Gajah Putih, Thailand. Selain memberikan informasi yang bermanfaat, Topremit juga melayani pengiriman uang ke luar negeri. Layanan Topremit menjangkau lebih dari 60 negara di dunia. Transfer ke luar negeri dengan Topremit cepat dan aman karena sudah mendapat izin dari Bank Indonesia.