Fakta dan Keunikan Seputar Negara Malaysia Yang Perlu Kamu Tahu!

Malaysia Mar 23, 2022

Banyak fakta tentang negara Malaysia yang perlu kamu ketahui. Negara yang bertetangga dengan Indonesia ini memang menjadi salah satu destinasi wisata atau pendidikan luar negeri yang paling terjangkau. Selain karena kedekatan negaranya, perbedaan nilai tukar rupiah terhadap ringgit turut menjadi salah satu penentunya.

Sebagai negara satu rumpun dengan Indonesia, Malaysia nyatanya memegang pemerintahan dan budaya yang berbeda. Bagi kamu yang berencana berlibur atau kuliah di Negeri Menara Kembar tersebut, ada baik mengenal beberapa fakta dan keunikan yang dimiliki oleh negara tersebut.

Fakta Unik Negara Malaysia

1. Sistem Pemerintahan Negara Malaysia

Malaysia adalah negara yang menganut sistem monarki konstitusional federal. Negara ini terdiri dari 13 wilayah negara bagian dan 3 wilayah federal. Adapun 13 wilayah negara bagian di Malaysia antara lain Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Selangor, Pulau Pinang dan Terengganu. Sedangkan 3 wilayah federal atau wilayah persekutuannya yaitu Kuala Lumpur, Putrajaya, dan Labuan yang terletak di Borneo atau Pulau Kalimantan.

Negara ini juga menganut sistem legislative bicameral dari demokrasi parlementer. Jika Indonesia dikepalai oleh seorang presiden, di Malaysia kepala negaranya adalah seorang raja atau disebut Yang Di-Pertuan Agong. Meski begitu, mereka juga menjalankan pemilihan setiap lima tahun sekali seperti di Indonesia. Kepala pemerintahannya (setaraf dengan gubernur), disebut dengan Perdana Menteri.

2. Sejarah Negara Malaysia

Malaysia terbentuk sebagai negara kedaulatan setelah bebas dari penjajahan Inggris. Pada tahun 1786, Inggris yang kala itu masih Britania Raya memulai invasi melalui penyewaan pulau Penang untuk Perusahaan Hindia Timur Britania. Hingga pada tahun 1824, Inggris dan Belanda melakukan Perjanjian Britania-Belanda melalui Traktat London. Mereka menyepakati bahwa Malaya adalah milik Britania, dan Indonesia adalah milik Belanda.

3. Penduduk Negara Malaysia

Berdasarkan worldmaters, populasi penduduk negara Malaysia hanya 32 juta jiwa atau setara 12% dari total penduduk Indonesia. Sama seperti Indonesia, mayoritas penduduk Malaysia juga beragama Islam. Namun, persentasinya hanya 61% atau 19,5 juta saja. Selain itu Malaysia juga pernah menyandang sebagai salah satu negara dengan tingkat kematian terendah di dunia dalam hal penyakit pernafasan, yaitu 7,5 kematian per 100.000 orang.

4. Punya Kesultanan Tertua di Dunia

Malaysia memiliki 9 kesultanan. Salah satunya yakni, Kesultanan Kedah adalah kesultanan awal di Semenanjung Malaya dan tertua di dunia. Kesultanan ini didirikan pada tahun 1136. Awalnya Kesultanan Kedah berkaitan dengan dinasti Hindu. Namun seiring perkembangannya, kesultanan tersebut berubah menjadi kesultanan Islam.

5. Budaya di Negara Malaysia

Karena masih berkaitan dengan sistem monarki, penduduk Malaysia masih menggunakan pengkastaan. Misalnya, Tun adalah gelar tertinggi di Malaysia. Gelar ini hanya boleh diberikan oleh Yang Di-Pertuan Agung. Penerima gelar pun tidak banyak, yakni hanya 25 orang saja. Kebanyakan penerimanya adalah orang–orang yang berjasa atau pernah memimpin negara misalnya Perdana Menteri.

Dari segi bahasa, Malaysia menggunakan bahasa Melayu. Selain itu, masyarakat Malaysia juga fasih berbahasa Inggris. Banyak dari mereka bahkan mencampurkan kedua bahasa tersebut. Malaysia juga dihuni oleh kurang lebih kurang lebih 60 grup etnis yang berbeda. Mereka mayortias tinggal di daerah Sabah dan Serawak.

6. Tempat Istimewa di Malaysia

Fakta negara Malaysia lainnya, yaitu memiliki tempat-tempat unik dan istimewa. Negara ini memiliki gedung ikonik berupa dua menara kembar disebut Gedung Petronas. Menara tersebut pernah memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia pada periode tahun 1998 hingga tahun 2004.

Di Malaysia kamu juga bisa pergi taman nasional. Salah satu keunikannya yakni luasnya setara 7 kali negara Singapura. Selain itu, negara ini juga memiliki jembatan yang sangat panjang dan melintasi lautan. Jembatan bernama Petronas II ini membentang sejauh 24 km dan merupakan terpanjang di ASEAN.

7. Demografi Negara Malaysia

Dibandingkan Indonesia, negara Malaysia memiliki luas wilayah laut yang sempit. Perbandingan antara perairan dengan daratannya hanya 3 : 10.000. Meski demikian mereka masih memiliki spot wisata yang cantik untuk dikunjungi. Pulau Sipadan yang sempat diperebutkan Indonesia, akhirnya dimiliki oleh Malaysia. Pulau ini memiliki pemandangan laut yang indah dan menjadi wisata menyelam.

8. Tempat Wisata di Malaysia

Malaysia memiliki tiga lokasi liburan yang populer. Pertama adalah Kuching, Ibu Kota Serawak. Di kota ini kamu bisa menikmati berbagai macam restoran, toko, dan sarana hiburan lainnya. Kondisi kota ini sedikit modern, dan masih mempertahankan beberapa peninggalan zaman dahulu.

Kedua Kuala Lumpur. Kota ini cocok dijadikan sebagai destinasi perkotaan modern. Di kota ini kamu akan menemui banyak gedung-gedung pencakar langit, serta gemerlap lampu-lampu malam dari restoran dan mal. Kuala Lumpur cocok untuk kamu yang hobi berbelanja dan menikmati keindahan kotanya di malam hari.

Kemudian yang ketiga ada Johor Baru. Kota ini berseberangan dengan Singapura. Dulunya Johor Baru adalah kampung kecil bagi nelayan. Namun kini, kota ini difokuskan untuk kebutuhan pariwisata. Johor Baru cocok untuk kamu yang senang dengan pemandangan laut dan wisata alam.

Di samping ketiga destinasi wisata tersebut, kamu pun bisa mengunjungi gunung istimewa di Malaysia. Gunung bernama Kinabalu di negara bagian Sabah, adalah gunung tertinggi di Malaysia. Gunung ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Taman Nasional Kinabalu.

Malaysia juga memiliki goa bawah tanah yang terbesar di dunia. Goa ini bernama Sarawak Chamber. Lokasinya di bagian pulau Kalimantan, tepatnya di Gunung Mulu National Park.

9. Hukuman di Negara Malaysia

Malaysia menganut hukuman cambuk seperti di Aceh. Hukuman ini menggunakan rotan dan  merupakan hukuman utama dari undang–undang di Malaysia. Jumlah cambukan rotan paling banyak adalah 24 kali. Hukuman cambuk seperti ini resmi dilakukan. Namun, ada pengecualian bagi wanita dan anak–anak.

Nah itulah beberapa fakta unik mengenai negara Malaysia yang bisa kamu ketahui. Selain memberikan informasi yang bermanfaat, Topremit juga melayani pengiriman yang ke luar negeri, salah satunya ke negara Malaysia. Kirim uang ke Malaysia dengan Topremit cepat dan aman karena mendapatkan izin dari Bank Indonesia. Topremit juga melayani pengiriman ke lebih dari 60 negara, loh!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.