Catat! Ini 7 Tips Hemat Biaya Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri Apr 5, 2024

Setelah diterima untuk berkuliah di kampus luar negeri, tantangan bagi kamu selanjutnya adalah membiasakan diri untuk bisa mengatur keuangan secara bijak selama merantau. Inilah sebabnya sangat penting untuk kamu bisa berhemat ketika tinggal di negeri orang. Nah, yuk simak 7 tips hemat biaya kuliah di luar negeri berikut biar kamu nggak boros dan bisa memanfaatkan uang yang dimiliki dengan baik!

Selalu Catat Seluruh Pemasukan & Pengeluaran

Pencatatan pengeluaran dan pemasukan harus dilakukan secara rutin agar kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Misalnya saat kamu menerima kiriman biaya hidup dari orang tua yang berada di Indonesia atau mendapat tunjangan beasiswa. Jumlah pemasukan dan rencana pengeluaran harus didokumentasikan supaya kamu bisa mengetahui untuk apa uang tersebut digunakan.

Ada baiknya juga jika kamu langsung memisahkan besaran persentase alokasi budget untuk keperluan-keperluan tertentu seperti tempat tinggal, makanan, hingga rekreasi.

Baca juga:
Panduan Budgeting Mahasiswa saat Kuliah di Luar Negeri
1. Lakukan budgeting2. Biasakan memasak sendiri3. Buat schedule transportasi umum4. Lakukan part-time job5. Sarankan keluarga pakai Topremit

Usahakan Masak Sendiri & Bawa Bekal

Daripada menghamburkan uang untuk beli fast food di sekitar kampus atau jajan jajanan yang tidak mengenyangkan, akan lebih hemat kalau kamu membeli bahan makanan lalu memasaknya sendiri. Beruntung jika kamu punya kulkas di kost, jadi bahan makanan yang kamu beli tidak akan basi dan bisa digunakan hingga berhari-hari ke depan.

Cari Tempat Tinggal Dekat Kampus

Untuk menghemat pengeluaran, khususnya ongkos, kamu bisa mencoba untuk mencari tempat tinggal di dekat kampus. Akan lebih baik jika bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki atau bersepeda, kamu jadi bisa lebih hemat sekaligus berolahraga deh!

Oiya, usahakan juga untuk mencari teman sekamar ya agar biaya sewa yang kamu bayarkan bisa lebih murah karena pembayarannya dapat dibagi rata.

Lakoni Pekerjaan Part Time

Pekerjaan part time sangat populer di kalangan mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Tentu saja karena dapat mendatangkan pendapatan tambahan yang bisa membantu finansial mereka saat merantau di negeri orang. Nah beberapa pekerjaan part time yang bisa kamu lakoni di luar jam kuliah di antaranya adalah menjadi penjaga toko, kasir  kasir minimarket, pelayan restoran, guru les, pemandu wisata, hingga freelancer.

Jangan Hedon!

Mungkin self reward sesekali tidak masalah, namun kamu tidak boleh terus-terusan menghamburkan uang untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Kendalikan gaya hidupmu dan alokasikan semua uang yang dimiliki sesuai dengan porsinya masing-masing.

Maksimalkan Fasilitas Gratis Kampus

Hampir semua universitas di luar negeri menawarkan fasilitas lengkap, mulai dari perpustakaan, lab, komputer, fasilitas olahraga, pusat bahasa, dan lainnya. Kamu wajib memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada sebaik mungkin karena biasanya disediakan secara gratis. Jadi daripada harus ke coffee shop, kamu bisa ke perpustakaan atau taman untuk mengerjakan tugas kuliah.

Cari Alternatif Transfer Uang ke Luar Negeri yang Murah

Sebagai mahasiswa yang merantau, wajar banget kalau keluarga kamu di Indonesia mengirimkan tambahan uang untuk biaya hidup atau membayar uang kuliah di luar negeri. Oleh karena itu kamu harus menemukan alternatif transfer uang ke luar negeri yang murah dan aman. Nah, pas banget nih kamu bisa menyarankan kepada keluarga kamu untuk menggunakan Topremit saat kirim uang ke luar negeri.

Anti mahal, biaya transfer dengan Topremit cuma IDR 45K (tergantung negara tujuan) dan bersifat flat, jadi berapapun jumlah yang dikirim biaya transfernya akan tetap sama. Bukan cuma itu, uang yang dikirim akan sampai ke rekening penerima hanya dalam hitungan menit tanpa potongan apapun. Oiya, kamu juga gak perlu cemas soal keamanan transaksi karena Topremit udah dilisensi Bank Indonesia sejak 2009.

Jadi tunggu apa lagi? Cobain Topremit sekarang dan rasain pengalaman transfer ke luar negeri yang mudah, murah, dan cepat!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.