Kamu Harus Hindari Beberapa Hal Ini Jika Ingin Sukses Investasi

investasi Mar 24, 2023

Investasi menjadi salah satu cara mempersiapkan masa depan yang cukup diminati masyarakat saat ini. Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi yang ada, akses ke investasi semakin mudah dilakukan berbagai lapisan masyarakat.

Buat kamu yang tertarik untuk melakukan investasi, kamu perlu tahu apa saja hal yang perlu dihindari ketika investasi guna menghindari risiko kerugian. Nah, buat kamu yang masih bingung apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi, yuk simak ulasan berikut ini. Catat baik-baik, ya!

5 Hal Yang Perlu Dihindari Ketika Berinvestasi

1. Hanya Ikut - Ikutan

Maraknya pembahasan tentang investasi di lingkungan sekitar, tak jarang membuat kamu ingin melakukan investasi atas dasar penasaran dan hanya ingin ikut-ikutan saja. Namun, jika kamu investasi tanpa tujuan dan dasar yang kuat, tak menutup kemungkinan investasi yang kamu lakukan tidak memberikan keuntungan seperti yang kamu bayangkan. Parahnya, investasi karena FOMO bisa menimbulkan kerugian buat kamu.

2. Kurang Konsisten

Untuk mendapatkan keuntungan dari investasi, tentunya diperlukan konsistensi dan strategi yang tepat. Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dan kesuksesan instan, investasi bukan jalan yang bisa kamu gunakan.

Sikap konsisten perlu diterapkan sebaik mungkin agar kamu bisa memperoleh keuntungan dari investasi dengan hasil yang maksimal. Konsistensi yang bisa kamu terapkan dalam berinvestasi adalah dengan membuat alokasi dana dalam jumlah tertentu secara rutin setiap bulannya.

3. Tidak Percaya Dengan Proses

Keuntungan dalam waktu yang cepat dan instan tak bisa kamu dapatkan dari investasi. Jika kamu tidak percaya dengan proses dan tidak sabar melaluinya, investasi yang kamu lakukan tidak akan menghasilkan keuntungan dan kamu malah bisa tertipu dengan maraknya get rich quick scheme di luar sana.

Dalam investasi, kamu perlu waktu yang tidak sedikit untuk menyusun perencanaan dan strategi investasi agar mendapatkan keuntungan. Namun dampak yang jelas dari proses panjang dan waktu yang tak sedikit, akan membuahkan hasil investasi yang lebih maksimal dan memuaskan.

4. Malas Riset Terlebih Dahulu

Riset merupakan hal penting yang perlu kamu lakukan saat berinvestasi. Kamu bisa melakukan riset dengan bertanya pada pakar atau orang yang ahli dan berpengalaman di bidang investasi untuk mendapatkan informasi terkait investasi yang kamu lakukan. Dengan informasi yang kamu dapatkan tersebut, kamu bisa menyusun perencanaan investasi dan mengalokasikan dana yang sesuai dengan kondisi keuangan yang terjadi agar kamu bisa memperoleh keuntungan dari investasi yang kamu jalankan.

5. Mulai Investasi dengan Nominal Yang Terlalu Tinggi

Buat kamu yang masih baru dalam memulai investasi atau sebagai investor pemula, kamu cukup mengalokasikan dana dengan nominal yang tidak terlalu tinggi. Jika kamu memulai investasi dengan nominal yang terlalu tinggi dan kamu belum memahami betul seluk beluk investasi, kamu bisa mengalami kerugian dalam jumlah besar.

Setelah kamu menguasai seluk beluk dunia investasi, kamu bisa mulai meningkatkan nominal investasi yang lebih tinggi.

Itu dia sederet hal yang harus kamu hindari ketika investasi agar keuntungan investasi yang kamu peroleh lebih maksimal. Selain melakukan investasi lokal, kamu juga bisa melakukan investasi internasional ke luar negeri, lho. Oiya, bicara soal bertransaksi ke luar negeri, kamu bisa mengandalkan Topremit untuk transfer uang ke luar negeri yang aman dan nyaman.

Dengan Topremit, kamu hanya butuh waktu mulai dari 5 menit hingga uang yang ditransfer sampai ke tujuan rekening di luar negeri. Tunggu apa lagi, selalu percayakan Topremit untuk transfer uang yang aman dan nyaman hingga ke 60 negara di berbagai penjuru dunia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.