11 Ide Usaha Modal 5 Juta Terbaik dan Menguntungkan di tahun ini

Bisnis Sep 29, 2021

Tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk berbisnis. Bahkan dengan modal 5 juta rupiah saja, anda bisa mendirikan usaha yang dapat memberikan banyak keuntungan. Apalagi di zaman yang sudah serba online seperti sekarang, tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk menyewa atau membeli tempat untuk berjualan. Sehingga seluruh modal bisa digunakan untuk membeli peralatan yang dibutuhkan dan berpromosi.

Jangan bingung, 11 rekomendasi usaha modal 5 juta rupiah sudah menunggu anda. Berbisnis memang tidak bisa dibilang mudah, namun sebetulnya juga tidak menyulitkan. Apalagi jika anda mengikuti tips menjalankan bisnis di bawah ini yang sudah disiapkan khusus untuk anda. Yuk simak langsung!

Tips Menjalankan Bisnis

Sesuikan dengan Passion Kamu

Terkadang passion bisa membuat anda lebih semangat dalam melakukan sesuatu, apalagi jika passion anda bisa memberikan keuntungan yang besar. Jika passion anda berada di bidang kuliner, cobalah untuk mendirikan bisnis minuman atau makanan kekinian. Untuk itu, coba pikirkan dulu hal apa yang paling anda sukai dan memungkinkan untuk dijadikan sebuah usaha.

Analisa Pasar

Ingat, jangan asal mendirikan usaha sebelum melakukan analisa pasar. Minimal anda harus mengetahui dulu siapa orang-orang yang ditargetkan untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Sangat disayangkan jika modal yang anda keluarkan sia-sia begitu saja karena kurang menganalisa pasar. Persiapkan semuanya dengan matang agar usaha anda berjalan lancar.

Terus Melakukan Inovasi

Jangan sampai anda tertinggal dengan kompetitor apabila tidak melakukan inovasi. Mulailah inovasi dari hal-hal kecil, seperti sistem pembayaran, sistem pemesanan, dan inovasi produknya jika memungkinkan. Karena bisnis adalah sebuah kompetisi yang harus anda menangkan supaya bisnis anda tetap ramai dan menguntungkan

Promosi

Tidak perlu ragu untuk menggelontorkan banyak uang untuk berpromosi. Bisnis tidak akan berjalan baik jika orang-orang tidak mengetahui apa yang anda tawarkan, sehingga promosi dibutuhkan untuk mengenalkan produk atau jasa anda kepada mereka. Tentu anda juga harus melakukan promosi secara efektif, agar modal yang dikeluarkan sepadan dengan eksposur yang didapatkan.

Jika anda sudah memahami tipsnya, anda bisa langsung simak 11 rekomendasi usaha dengan modal 5 juta rupiah di bawah ini. Berikut rekomendasinya!

Rekomendasi Usaha Modal 5 Juta

1. Usaha Toko Sembako

Apabila di daerah anda belum banyak berdiri waralaba minimarket, membuka usaha toko sembako bisa membawa keuntungan besar. Toko sembako terkenal dengan harganya yang terjangkau dengan barang yang lengkap, sehingga masyarakat pasti akan memilih berbelanja di toko anda. Dengan modal 5 juta rupiah, anda bisa berjualan beberapa barang sembako utama dengan memanfaatkan halaman atau garasi rumah untuk dijadikan lapak berjualan.

2. Usaha Catering Makanan Sehat

Anda memiliki keahlian dalam membuat menu makanan sehat? Segera dirikan usaha katering makanan sehat untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan. Kabar baiknya, katering makanan sehat belum banyak tersedia. Padahal sudah cukup banyak orang yang membutuhkan asupan makanan sehat. Anda bisa membuat sistem penjualan “made by order”, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli bahan.

3. Berjualan Produk Digital (Pulsa, Token Listrik, Voucher Game)

Seiring berkembangnya zaman, beberapa produk yang dibutuhkan sehari-hari bisa diakses dengan mudah secara online. Namun banyak juga orang-orang yang tidak mengerti bagaimana cara mengaksesnya, sehingga anda bisa berjualan produk digital untuk memudahkan mereka. Beberapa produk digital utama yang bisa dijual adalah pulsa, token listrik, dan voucher game yang cukup banyak dibutuhkan orang-orang.

4. Bisnis Reseller

Bisnis reseller bisa menjadi pilihan bagi anda yang tidak banyak memiliki ide bisnis. Jika anda bingung, anda bisa melihat marketplace dan mencari produk apa yang paling laku dijual. Kemudian anda bisa menjadi reseller produk tersebut namun mencari pasar yang berbeda. Anda bisa memulai bisnis reseller dengan menawarkannya kepada kerabat, saudara, atau orang terdekat lainnya.

5. Bisnis Laundry Kiloan

Akibat kesibukan karena aktivitas sehari-hari, jasa laundry kiloan selalu menjadi pilihan banyak orang untuk mencucikan pakaian mereka. Jika anda tinggal di wilayah yang padat dan di sekitar perkantoran, dijamin bisnis anda akan diserbu oleh banyak konsumen. Modal 5 juta rupiah bisa anda gunakan untuk membeli beberapa mesin cuci, setrika, dan sabun pembersih. Untuk menghemat modal, anda harus memanfaatkan sebagian area rumah untuk dijadikan lapak.

6. Bisnis Fashion

Anda menyukai fashion dan mengikuti perkembangan trennya? Jangan ragu untuk mendirikan bisnis fashion untuk meraup keuntungan yang besar. Terlebih lagi jika anda bisa menciptakan tren fashion baru dan disukai anak-anak muda, karena mereka sangat suka mencoba hal-hal baru yang dapat membuat bisnis anda berkembang. Namun anda harus bisa mencari bahan pakaian yang nyaman dengan harga yang terjangkau.

7. Bisnis Minuman kekinian

Inovasi yang sangat pesat membuat berbagai jenis minuman baru banyak beredar dan membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya. Luapkan ide-ide anda untuk mendirikan bisnis ini dan menciptakan jenis minuman baru. Modal 5 juta rupiah bisa anda gunakan untuk membeli peralatan dan bahan-bahan untuk membuat minuman. Jika anda memiliki sisa modal, anda bisa menyewa lapak kecil-kecilan yang berada di tempat ramai.

8. Bisnis Tanaman

Selain untuk dikoleksi, tanaman bisa menjadi relaksasi bagi sebagian orang. Sehingga tanaman juga tidak kalah dicari dan dapat menguntungkan. Pelajari dulu teknik menanam agar anda bisa menumbuhkan tanaman sendiri. Setelah tumbuh dengan baik, anda bisa menjualnya dengan harga berkali-kali lipat dibanding biaya untuk menanamnya. Jangan lupa juga untuk memilih tanaman yang paling populer dan mudah ditumbuhkan.

9. Usaha Jasa Menjahit

Keterampilan menjahit memang tidak dimiliki semua orang, padahal keterampilan menjahit cukup dibutuhkan. Jika anda memiliki keterampilan tersebut, membuka usaha menjahit bukan hal yang buruk. Pasarkan bisnis menjahit anda dengan menarik, supaya masyarakat sekitar mengetahui bisnis yang baru anda dirikan. Jika anda merupakan jasa penjahit satu-satunya di sana, dipastikan semua orang pasti membutuhkan jasa anda dan dapat membawa banyak keuntungan.

10. Laundry Sepatu

Selain jasa laundry pakaian, jasa laundry sepatu juga tidak kalah menjadi jasa yang dibutuhkan. Mencuci sepatu memang cukup merepotkan dan memiliki tingkat kerumitan yang tinggi, sehingga banyak orang malas mencuci sepatu sendiri. Gunakan 5 juta rupiah yang anda miliki untuk membeli peralatan mencuci dan sabun pembersih terbaik. Jangan lupa untuk mempelajari teknik mencuci sepatu, karena setiap bahan memiliki perawatan yang berbeda.

11. Bisnis Sayur dan Buah-buahan

Siapa sih yang tidak membutuhkan sayuran dan buah-buahan setiap harinya? Tingginya permintaan dari kedua makanan tersebut membuat penjualannya bisa membawa keuntungan besar. Anda bisa memulai bisnis ini dengan membuat kebun sendiri, sehingga anda bisa menyulap 5 juta rupiah menjadi puluhan kali lipat lebih banyak. Jangan lupa untuk membuat pemasaran yang menarik serta menawarkannya kepada tetangga, kerabat, dan orang terdekat.

Eits, jangan tutup dulu artikel ini! Bagi anda yang ingin mengirimkan uang ke luar negeri, langsung serahkan saja semuanya kepada Topremit. Nikmati transfer uang ke lebih dari 60 negara di dunia hanya dalam waktu hitungan menit! Pokoknya dijamin aman dan mudah, karena Topremit bisa langsung diakses dengan aplikasi di smartphone anda. Yuk download sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.