11 Ide Usaha Modal 500 Ribu, yang Pas dan Menguntungkan

Bisnis Apr 14, 2022

Sekarang ini mungkin banyak orang yang ingin menjadi seorang pengusaha dengan membangun sebuah usaha atau bisnis, selain karena bisa menguntungkan dan mendatangkan banyak profit, menjalani usaha juga sangat cocok bagi kamu yang memiliki bakat dalam berjualan karena kaitannya sangat erat dengan pemasaran suatu barang atau jasa.


Akan tetapi, untuk memulai sebuah usaha atau bisnis pada umumnya membutuhkan modal yang cukup besar, maka tak jarang banyak orang yang akhirnya mengurungkan niat untuk membangun bisnis yang mereka inginkan. Bagi kamu yang juga ingin berbisnis, kamu tidak usah khawatir karena ternyata ada loh bisnis atau usaha yang membutuhkan modal tidak terlalu tinggi, cukup dengan 500 ribu kamu sudah bisa memulai bisnis tersebut. Kalau kamu penasaran dengan jenis - jenis usaha bisnis dengan modal minim tersebut dan ingin cepat - cepat mulai berbisnis, langsung saja cek beberapa ide bisnis dibawah ini.

Ide Usaha Modal 500 Ribu Terbaik

Bisnis Affiliate

Salah satu ide bisnis yang bisa jadi opsi buat kamu yang tidak memiliki modal banyak adalah dengan menjalani bisnis afiliasi atau bisnis affiliate, seseorang yang menjalani bisnis affiliate atau disebut affiliator biasanya menjalin suatu kerjasama dengan perusahaan penyelenggara program afiliasi dan nantinya affiliator tersebut akan membantu memasarkan produk atau jasa perusahaan tadi. Nantinya, kamu bisa mendapatkan komisi dalam jumlah yang telah disepakati sebelumnya ketika berhasil memasarkan produk barang atau jasa dalam jumlah tertentu. Banyak sekali bisnis atau perusahaan yang menawarkan program afiliasi untuk kamu yang mempunyai bakat di bidang pemasaran atau marketing, salah satunya adalah Topremit. Kamu bisa bergabung dalam program affiliate dari Topremit dan bisa mendapatkan komisi sebesar 10% setiap kali pengguna sukses melakukan transaksi

Bisnis Reseller

Jika kamu belum memiliki modal yang besar, kamu bisa coba untuk berbisnis dengan skema reseller. Bisnis reseller adalah menjual kembali barang yang diproduksi oleh sebuah perusahaan atau produsen. Biasanya kamu perlu membeli stok minimal barang atau produk tersebut yang nantinya akan kamu jual kembali di harga tertentu sesuai dengan profit margin yang kamu inginkan. Jadinya, kamu tidak perlu repot - repot mengurus pengembangan dan produksi barang tersebut dan bisa berfokus pada penjualan.

Usaha Makanan Ringan

Bisnis berjualan berbagai makanan ringan atau snack juga bisa jadi opsi menarik untuk kamu coba, jajanan - jajanan seperti kripik atau dessert dapat kamu jual melalui online tanpa perlu pusing memikirkan biaya sewa toko atau lapak sehingga modal yang diperlukan bisa kamu tekan seminim mungkin.

Usaha Thrift

Saat ini banyak sekali orang - orang yang mulai tertarik untuk berbelanja barang - barang second atau istilah kerennya thrifting, terutama untuk barang fashion seperti sepatu, jaket, baju, atau tas. Bisnis ini bisa banget kamu pilih untuk kamu jadikan ladang usaha, kamu cukup datangi pengepul baju - baju bekas dan tinggal kamu pilih mana saja barang yang masih bagus dan layak jual, kamu bisa memasarkan barang tersebut di berbagai marketplace atau sosial media yang kamu gunakan. Karena thrifting biasanya merupakan barang bekas, tentunya modal untuk membeli stok jualannya pun tidak terlalu mahal.

Bisnis Dropshipper

Sebenarnya bisnis dengan model dropshipper hampir mirip dengan reseller, tapi perbedaannya terletak di mekanisme stok barangnya. Kalau seorang reseller harus membeli terlebih dahulu stok barangnya dari produsen, seorang dropshipper tidak perlu membeli stok produk dan hanya perlu fokus berjualan, dan pemasaran. Hal ini tentunya akan membuat kamu tidak memerlukan modal yang besar karena hanya perlu mencari pembeli dan nantinya urusan pengiriman dan produksi ditanggung oleh produsen barang tersebut.

Berjualan Produk Digital

Bisnis jualan produk digital seperti pulsa atau voucher game juga bisa sangat menguntungkan tanpa perlu mengeluarkan modal banyak. Kamu cukup mendaftar menjadi salah satu agen dari produk tersebut dan sudah bisa langsung berjualan melalui media sosial seperti Instagram atau Facebook serta bisa menggunakan WhatsApp untuk mengurus segala macam order produk.

Berjualan Blog

Kalau kamu adalah orang yang punya hobi blogging dan memiliki berbagai jenis blog yang memiliki traffic cukup bagus, kamu juga bisa tuh jadikan hal tersebut sebagai salah satu bisnis kamu. Kamu cukup tawarkan berbagai blog tersebut ke orang yang ingin mempunyai blog yang sudah jadi dengan traffic yang lumayan, apalagi jika blog tersebut sudah memiliki beberapa iklan didalamnya.

Berjualan Subscriptions

Banyak sekali streaming services ataupun layanan - layanan digital lain yang bermodel subscriptions atau berlangganan, hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk cari keuntungan. Kamu tinggal jadi agen penyedia subscriptions berbagai layanan digital seperti Netflix, Spotify, atau VPN. Apalagi untuk berjualan berbagai subscriptions tersebut hanya cukup lewat online saja sehingga bisa menekan modal yang kamu butuhkan.

Menjadi Middleman

Kalau ada kerabat atau teman kamu yang ingin menjual barang miliknya seperti properti rumah, tanah, ataupun kendaraan, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai sebuah bisnis dengan menjadi middleman atau perantara. Kamu hanya perlu mencari calon pembeli dan menawarkan barang tadi, jika transaksinya nanti berhasil, kamu sendiri bisa mendapatkan keuntungan dari komisi yang sudah disepakati sebelumnya, tentunya kamu harus memiliki keahlian dalam memasarkan dan menjual barang tersebut agar laku ya.

Berjualan Sayuran

Bahan - bahan makanan seperti sayur - mayur juga bisa kamu jadikan bisnis yang cukup menguntungkan loh, setiap harinya banyak sekali orang terutama ibu - ibu rumah tangga yang memerlukan sayuran untuk keperluan memasak keluarga. Kamu juga tidak membutuhkan modal terlalu banyak untuk bisnis ini.

Gimana? Apakah ide - ide bisnis diatas ada yang bikin kamu tertarik dan ingin mencoba? Tentunya untuk mendapatkan profit yang banyak dari berbagai jenis bisnis usaha tersebut, kamu harus pandai dalam berjualan dan memasarkan produk kamu ya.

Untuk kamu yang sekarang sedang mencari jasa pengiriman uang ke luar negeri untuk berbagai keperluan seperti misalnya bisnis, Topremit cocok banget untuk kamu andalkan dan gunakan sebagai platform pengiriman uang ke luar negeri. Kamu jadi bisa bebas transfer dan kirim uang kamu ke lebih dari 60 negara secara cepat mulai dari 5 menit serta mudah dan aman dengan Topremit.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.