Ingin Kerja di Australia? Ini dia Beberapa Pekerjaan yang Bisa Kamu Geluti!

Australia Jan 12, 2023

Mempunyai pekerjaan di luar negeri khususnya di Australia menjadi impian sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan memiliki pekerjaan di Australia, kamu bisa menikmati gaji yang terbilang sangat besar,  kualitas hidup yang lebih tinggi dan jika ingin kembali ke Indonesia lokasinya pun juga tidak terlalu jauh.

Oleh karena itu, tersedianya berbagai pekerjaan untuk warga negara asing di Australia membuat masyarakat Indonesia beramai-ramai mencari pekerjaan di negara tersebut.

Nah, penasaran bagaimana cara mendapatkan pekerjaan serta jenis pekerjaan apa saja yang tersedia untuk warga negara asing di negeri para kangguru ini? Yuk baca ulasan di bawah ini untuk tahu info lengkapnya. Simak baik-baik, ya !

Cara Mendapatkan Pekerjaan di Australia

Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan di Australia, yaitu :

Lembaga Rekrutmen

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan lembaga rekrutmen. Lembaga rekrutmen merupakan badan usaha yang menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Kamu bisa bergabung dengan lembaga rekrutmen seperti agensi penyedia pekerjaan dan lembaga pendidikan. Melalui lembaga rekrutmen, kamu bisa lebih mudah dalam mencari lowongan pekerjaan dan juga dibekali pelatihan kerja.

Secara Langsung

Datang langsung ke Australia untuk  mencari pekerjaan, why not ? Kamu bisa langsung datang ke beberapa lokasi dan mencari informasi lowongan pekerjaan, seperti di cafe, restoran dan lain-lain. Selain itu, datang ke acara bursa kerja (job fair) juga bisa menjadi cara alternatif saat mencari kerja. Jangan lupa untuk membawa dokumen seperti CV, saat melamar kerja, ya.

Online

Zaman sekarang semua sudah serba online, begitu juga ketika mencari pekerjaan. Kamu juga bisa mencari pekerjaan secara online melalui job portal atau media sosial, yaitu Seek, Career One, Glints, UrbanHire, LinkedIn, Jobstreet, Karir.com dan lain sebagainya.

Jenis Pekerjaan Yang Tersedia di Australia Untuk Orang Asing

Mekanik

Pekerjaan pertama yang tersedia untuk orang asing di Australia adalah mekanik. Tugas dari seorang montir (mekanik) umumnya adalah melakukan perbaikan mesin, melakukan perawatan rutin terhadap unit kendaraan dan menyarankan kepada pelanggan tentang perbaikan apa yang harus dilakukan.

Pertanian

Australia memiliki lahan pertanian yang menghasilkan beraneka ragam hasil bumi, salah satunya adalah buah-buahan. Oleh karena itu, petani membutuhkan tenaga kerja seperti pemetik buah ketika memasuki masa panen.

Au Pair

Bagi kamu yang belum tahu, au pair adalah program pertukaran budaya yang memberi peluang bagi anak muda untuk tinggal di luar negeri dalam jangka waktu yang ditentukan. Jika bekerja sebagai au pair di Australia, kemungkinan kamu akan bertanggung jawab dalam hal mengurus anak. Menjadi au pair itu tidak sama dengan asisten rumah tangga atau baby sitter, saat menjadi au pair kamu akan dianggap layaknya anggota keluarga bahkan diberikan uang saku. Cocok banget nih untuk kamu yang ingin mengenal kebudayaan asing serta meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Pelayan Restoran

Saat kamu menjadi pelayan restoran di Indonesia sudah pasti berbeda dengan menjadi pelayan restoran di Australia, kan. Penguasaan bahasa asing sangat diperlukan agar kamu dapat mengetahui keinginan pengunjung. Saat menjadi pelayan restoran, kamu adalah orang pertama yang akan bertatap muka secara langsung dengan pelanggan. Memberikan kesan pertama yang baik adalah suatu hal yang harus kamu lakukan.

Barista

Barista adalah seseorang yang pekerjaannya meracik dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Selain di Indonesia, kebiasaan ngopi juga ada di Australia, guys !

Kota-kota di Australia, yaitu Sydney, Melbourne dan Brisbane memiliki banyak kedai kopi yang membutuhkan barista. Tidak perlu khawatir jika kamu belum mempunyai kemampuan sebagai barista, kamu bisa mengikuti kursus sebelum bekerja sebagai barista.

Customer Service

Sama hal nya dengan pelayan restoran, jenis pekerjaan customer service seperti call center juga harus memiliki skill dalam berkomunikasi. Sebagai call center, kamu akan bertugas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan atau konsumen, menanggapi keluhan-keluhan yang disampaikan oleh konsumen serta memberikan solusinya. Tak hanya itu, seorang call center juga harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

Perawat

Jenis perawat yang banyak dicari di Australia adalah perawat lansia. Jika kamu memiliki kesabaran dalam mengurus orang yang sudah lansia, tak ada salahnya mencoba profesi ini. Pemerintah Australia menyadari betapa pentingnya ketersediaan tenaga perawat untuk lansia. Oleh sebab itu, lowongan pekerjaan sebagai perawat lansia juga dibuka untuk warga asing agar kebutuhan tenaga kerja ini tercukupi.

Itu dia sederet informasi cara mendapatkan pekerjaan dan jenis pekerjaan yang tersedia di Australia. Selain menguasai bahasa asing, ada dokumen yang perlu kamu urus ketika ingin bekerja di luar negeri, yaitu visa kerja. Dalam mengurus visa kerja akan ada biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Nah, jika nanti ketika kamu sedang mencari pekerjaan di Australia tiba-tiba ada kebutuhan yang cukup mendesak seperti butuh dana darurat atau ingin membeli sebuah keperluan penting. Kamu bisa mempercayakan Topremit untuk pengiriman uang yang aman dan cepat. Dengan waktu mulai dari 5 menit, uang yang kamu transfer ke rekening tujuan di luar negeri bisa langsung sampai lho. Selain Australia, Topremit juga bisa mengirim uang hingga ke lebih dari 60 negara secara mudah dan praktis.

Tunggu apa lagi, selalu percayakan Topremit untuk kirim uang ke luar negeri yang aman dan cepat ya !

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.