Ingin Kuliah Sambil Bekerja? Magang di Luar Negeri Patut Untuk Kamu Coba

Magang di luar negeri Jan 11, 2023

Program magang merupakan salah satu cara yang umumnya dipilih mahasiswa untuk memperbanyak pengalaman kerja dan memperluas wawasan. Pengalaman magang juga bisa kamu dapatkan saat berkuliah di luar negeri, loh! Bahkan ada banyak jenis program magang di luar negeri yang membayar cukup tinggi sehingga kamu tidak hanya mencari pengalaman namun bisa juga menambah pundi-pundi penghasilan.

Buat kamu yang tertarik untuk mencoba magang di luar negeri, yuk simak jenis-jenis program magang luar negeri yang bisa kamu coba berikut ini.

Jenis - Jenis Program Magang di Luar Negeri

1. Magang Untuk Kredit Akademis

Jenis program magang di luar negeri pertama yang bisa kamu coba adalah program magang untuk kredit akademis. Program magang ini biasanya dilakukan mahasiswa yang sedang berkuliah di universitas serta perguruan tinggi yang memberlakukan program magang sebagai kredit akademis. Dengan program ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja sekaligus memenuhi persyaratan akademik.

2. Magang Musim Panas

Buat kamu yang ingin merasakan magang dengan durasi pendek, program magang musim panas bisa jadi pilihan yang tepat. Program magang yang satu ini biasanya berlangsung dalam waktu beberapa minggu hingga sepanjang musim panas. Biasanya, program magang musim panas ditawarkan dalam beberapa program, mulai dari program magang musim panas berbayar hingga program magang musim panas untuk siswa sekolah menengah.

3. Magang Non-Profit

Jika kamu memiliki fokus untuk memperbanyak pengalaman kerja dan memperluas wawasan dunia kerja, program magang non profit bisa kamu pilih. Seperti namanya, program magang ini tidak memberikan upah kerja. Namun, kamu bisa belajar banyak hal penting untuk kamu ketahui dalam dunia kerja selama kamu magang.

Jika kamu memiliki performa kerja yang bagus, biasanya perusahaan akan menawarkan kamu untuk menjadi karyawan tetap di tempat kamu magang.

Itu dia beberapa jenis program magang luar negeri yang bisa kamu pilih. Program magang yang kamu jalani tentunya memberikan manfaat yang berguna. Apa saja manfaat magang di luar negeri yang bisa kamu rasakan?

Ini dia beberapa manfaat magang di luar negeri yang bisa kamu dapatkan. Catat baik-baik. ya!

Manfaat Magang Di Luar Negeri

1. Memperbagus CV Kamu

Menjalani magang umumnya memiliki tujuan memperbanyak pengalaman dan wawasan di bidang kerja yang ingin kamu geluti. Nah, program magang yang sudah kamu jalani tentunya bisa kamu tuliskan ke dalam CV yang akan kamu serahkan pada pihak perusahaan saat kamu melamar kerja nanti.

Semakin banyak pengalaman magang yang kamu miliki, maka kesempatanmu diterima di perusahaan impian juga akan semakin tinggi. Bahkan tak jarang perusahaan yang membutuhkan jasa kamu akan mengontakmu terlebih dahulu untuk bergabung bersama perusahaan.

2. Mendapatkan Pengalaman Kerja Internasional

Pengalaman kerja internasional menjadi sebuah nilai plus bagi kamu. Pasalnya, saat ini sudah banyak perusahaan yang memiliki relasi bisnis dengan perusahaan asing untuk memperluas pasar. Tak heran jika pengalaman kerja internasional bisa jadi salah satu manfaat dan kelebihan yang kamu peroleh. Pengalaman kerja di luar negeri yang kamu miliki juga dapat meyakinkan perusahaan bahwa kamu memiliki tingkat adaptasi yang tinggi dan lebih terbuka kepada opini dan perspektif yang berbeda-beda serta latar budaya yang beragam.

3. Memperluas Networking Kamu

Memiliki networking atau jaringan pertemanan yang luas juga termasuk ke dalam salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan dari magang di luar negeri. Dengan pengalaman magang di luar negeri, kamu akan mengenal partner kerja dari negeri tempat kamu magang dengan latar belakang yang beragam. Nggak cuma itu, kamu juga bisa mempelajari kebudayaan dan bahasa baru yang tentunya nggak bakal kamu dapatkan jika kamu magang di dalam negeri.

4. Sarana Untuk Upgrade Skill dan Kepribadian

Tujuan magang yang paling utama adalah menambah skill atau kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Dengan magang di luar negeri, kamu nggak hanya dapat menambah skill kerja yang kamu inginkan. Kamu juga bisa upgrade kepribadian dengan mengenal dan mempelajari kebudayaan yang ditanamkan masyarakat dan pekerja di negara tempat kamu magang.

Dengan begitu, mental dan kepribadian kamu akan terbentuk lebih baik dan kuat untuk menghadapi tantangan serta mengasah kemampuan berpikir kritis, sehingga masalah yang dihadapi dapat teratasi dengan mudah.

Banyak sekali, kan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan magang di luar negeri. Nah, Selama kamu magang di luar negeri, agar tidak khawatir soal uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu bisa mengandalkan Topremit yang dijamin aman dan praktis untuk transfer uang dari Indonesia ke negara tujuan kamu magang. Cukup dengan waktu mulai dari 5 menit saja, uang yang ditransfer orang tuamu di Indonesia bisa langsung sampai ke rekening tujuan di luar negeri.
Jadi tunggu apalagi, yuk coba untuk apply magang di luar negeri sekarang agar pengalaman serta koneksimu bertambah!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.