Ingin Tahu Daftar Bank Terbesar di Asia Tenggara? Simak List Berikut Ini

finance May 16, 2023

Keberadaan bank dalam ekosistem kehidupan memegang peranan yang cukup besar. Berbagai macam transaksi baik di dalam maupun luar negeri difasilitasi dengan bank. Namun tahukah kamu ada banyak sekali bank yang beroperasi di dunia, termasuk Asia Tenggara? Apa saja itu?

Buat kamu yang penasaran apa saja daftar bank terbesar di Asia Tenggara, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Bank Terbesar di Asia Tenggara

1. Bank BCA

Kamu tentu sudah tak asing dengan bank swasta terbesar sekaligus tertua satu ini, bukan?

Yap, bank yang mulai beroperasi sejak tanggal 21 Februari 1957 ini memiliki total karyawan sebanyak 25.000 orang hingga saat ini. Sekarang, bank ini dimiliki oleh salah satu grup produsen rokok terbesar keempat di Indonesia, yaitu Djarum. Tak hanya itu, bank BCA juga dikenal memiliki banyak nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. DBS Bank

Bank asal Singapura ini sebelumnya dikenal sebagai The Development Bank of Singapore Limited. DBS Bank didirikan pada tahun 1968 sebagai lembaga pembangunan-pembiayaan yang dipimpin oleh pemerintah Singapura. Dengan jumlah kantor cabang hingga lebih dari 100, DBS Bank dikenal sebagai salah satu bank terbesar di Asia Tenggara. Hingga saat ini DBS bank memiliki total karyawan sebanyak 30.000 orang.

3. Bank Mandiri

Bank yang berkantor pusat di Jakarta ini merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia sekaligus Asia Tenggara. Berdiri sejak 2 Oktober 1998, Bank Mandiri menjadi bagian program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Bank Mandiri merupakan gabungan empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

4. BSI

Dikenal sebagai bank yang bergerak di bidang perbankan syariah, bank ini diresmikan pada 1 Februari 2021. Bank BSI merupakan hasil penggabungan Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRIsyariah. Bank ini juga termasuk ke dalam salah satu bank terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan jumlah nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia.

5. Bank Jago

Bank digital yang berkantor pusat di Jakarta ini telah memiliki 2 kantor cabang, 3 kantor cabang pembantu, 1 kantor kas, dan 5 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Bank ini sebelumnya dikenal dengan nama PT Bank Artos Indonesia Tbk (Bank Artos) dan baru berganti nama menjadi PT Bank Jago Tbk pada tahun 2022. Bank Jago termasuk ke dalam salah satu bank terbesar di Indonesia sekaligus Asia Tenggara yang memiliki pertumbuhan cukup pesat.

6. BCA Syariah

Lembaga perbankan syariah di Indonesia ini mulanya bernama Bank Utama Internasional yang berdiri sejak tahun 1991. Namun pada tahun 2009, bank syariah ini diakuisisi oleh Bank Central Asia. Seperti bank syariah lainnya, bank BCA Syariah menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah. Di sini, nasabah dapat menggunakan berbagai layanan perbankan syariah yang tersedia.

7. BRI

Menjadi salah satu bank terbesar dan tertua milik BUMN di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah berdiri sejak tahun 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah. Didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto" ini awalnya melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi) yang membutuhkan layanan perbankan.

8. Bank Panin

PT Bank Pan Indonesia Tbk atau juga dikenal dengan Bank Panin atau PaninBank memiliki 1 kantor wilayah, 57 kantor cabang, 455 kantor cabang pembantu yang tersebar di seluruh Indonesia, serta 1 kantor perwakilan di Singapura. Hampir mirip dengan beberapa bank sebelumnya, Bank Panin juga merupakan hasil penggabungan dari Bank Kemakmuran, Bank Industri Djaja Indonesia, dan Bank Industri dan Dagang Indonesia.

9. HDFC Bank

Selain bank yang ada di Indonesia, bank India juga termasuk ke dalam salah satu daftar bank terbesar di Asia Tenggara sekaligus salah satu lembaga keuangan terbesar di India. HDFC Bank dikenal sebagai perusahaan jasa keuangan utama di India yang diresmikan pada Agustus 1994, setelah Reserve Bank of India diizinkan mendirikan bank-bank swasta. Hingga saat ini, HDFC Bank memiliki 1.986 kantor cabang dan lebih dari 5.471 ATM di 996 kota di Republik India.

Itu dia sederet daftar bank terbesar di Asia Tenggara dengan total aset, nasabah, dan karyawan yang cukup banyak. Untuk kamu yang membutuhkan jasa pengiriman uang dengan mudah dan praktis, ke rekening bank di luar negeri, kamu bisa mengandalkan Topremit yang dijamin aman dan cepat. Dengan waktu mulai dari 5 menit, uang yang kamu transfer bisa langsung dikirim ke rekening tujuan di lebih dari 60 negara di dunia lho. Tunggu apalagi, selalu percayakan Topremit untuk pengiriman uang yang mudah dan praktis, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.