Ini Beberapa Penyebab Transfer Uang Anda Gagal

transfer Sep 30, 2021

Apakah kalian pernah mengalami kegagalan ketika melakukan proses transfer uang? Jika iya, mungkin kalian tidak memperhatikan faktor apa saja yang dapat menyebabkan kegagalan tersebut. Pasti banyak juga orang yang mengalami kepanikan ketika mengalami hal ini, apalagi bagi orang-orang yang melakukan transfer uang dengan nominal yang sangat besar.

Tidak perlu panik, cukup ketahui dulu faktor-faktor penyebab kegagalan ketika transfer uang. Mungkin saja faktornya sangat remeh dan bisa kamu pelajari agar tidak terulang di kemudian hari. Yuk langsung simak aja beberapa penyebabnya di bawah ini!

Penyebab Transfer Uang Gagal

1. Kode Bank Tujuan Salah

Setiap bank yang ada memiliki kodenya masing-masing untuk menghindari kesalahan pengiriman. Apalagi jika kamu ingin mengirim uang ke bank yang berbeda, maka akan diminta kode bank ketika proses transaksi. Sebelum melakukan transaksi, sebaiknya kamu mencari tau terlebih dahulu kode bank yang ingin dituju. Tenang saja, kode bank bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet.

2. Gangguan Sistem Bank

Kita tidak akan tau kapan sistem bank mengalami gangguan yang dapat menyebabkan kegagalan transfer. Beberapa gangguan seperti jaringan, mesin ATM, dan beberapa sistem lainnya mungkin saja terjadi kapanpun. Jika hal ini terjadi, bersabarlah menunggu hingga gangguan selesai. Supaya proses transfer yang kamu lakukan bisa lebih aman dan tidak mengalami kendala.

3. Melampaui Batas Transfer Harian

Melampaui batas transfer harian juga dapat menjadi faktor yang dapat menyebabkan kegagalan transfer, karena setiap jenis rekening yang kamu miliki memiliki batas transfer harian yang sudah ditetapkan setiap bank. Perhatikan lagi batas transfer harian pada rekening yang kamu miliki. Apabila batasnya hanya 10 juta rupiah per hari, pastikan kamu tidak mengirim uang lebih dari nominal tersebut. Jika kamu sering melakukan transfer uang dalam jumlah yang besar, sebaiknya tingkatkan jenis rekening kamu dengan batas transfer harian yang lebih besar.

4. Saldo Kurang

Jangan lupa untuk mengecek saldo sebelum melakukan transfer. Walaupun situasi ini jarang terjadi, namun nyatanya ada beberapa orang yang melupakan hal ini. Sangat disayangkan apabila kamu sudah repot-repot mengetik jumlah uang dan nomor rekening tujuan, namun proses transaksi gagal hanya karena saldo yang tidak mencukupi.

5. Nomor Rekening Penerima Salah

Nah faktor yang satu ini harus sangat-sangat kamu perhatikan. Nomor rekening yang salah tidak hanya membuat proses transfer gagal, namun juga berisiko mengirimkan uang ke orang yang salah. Setelah kamu menuliskan nomor rekening, biasanya akan ada konfirmasi nama penerima. Sesuaikan lagi nomor rekening dan nama penerima sebelum kamu melanjutkan proses transfer.

6. Gangguan Jaringan

Gangguan jaringan seringkali terjadi pada internet banking atau mobile banking. Apabila smartphone yang kamu gunakan sedang mengalami jaringan yang buruk, jangan paksakan proses transfer untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Cari tempat lain dengan jaringan yang lebih baik untuk melanjutkan proses transfer. Jika kamu ragu, cobalah untuk mengirim uang dengan nominal sangat kecil ke rekening bank kamu yang lain.

7. Jam Offline Bank

Jangan lupakan jam offline bank yang juga dapat membuat proses transaksi tidak bisa dilakukan. Jam offline biasanya digunakan untuk maintenance atau pemeliharaan sistem, sehingga kamu tidak bisa berbuat apa-apa ketika bank sedang offline. Ketahui jam offline bank dengan mencari informasinya di internet, karena setiap bank memiliki jam offline yang berbeda-beda.

Jangan panik ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan proses transfer uang, misalnya seperti salah tujuan, uang tidak sampai namun saldo terpotong, dan beberapa hal lainnya. kamu bisa langsung menelpon customer service untuk meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah yang dialami. Untuk itu selalu simpanlah nomor customer service dari bank yang kamu gunakan di kontak handphone kamu.

Jika kamu berencana mengirimkan uang ke luar negeri untuk kerabat dan keluarga di sana, Topremit hadir untuk memberikan kemudahan pengiriman uang ke lebih dari 60 negara di dunia. Dijamin prosesnya cepat, mudah, dan aman. Yuk segera download aplikasi Topremit!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.