Tips Menjalankan Bisnis Jastip Korea Selatan & Produk Terbaiknya

Topremit Dec 1, 2021

Meski belum sempat datang ke negara asalnya, kamu bisa memiliki beberapa produk asli dari negara tersebut loh! Hal ini dibantu dengan adanya jasa titip atau jastip produk-produk luar negeri. Salah satu negara yang banyak dipakai untuk jasa titip ini adalah Korea Selatan.

Maklum saja, demam Korea Selatan tengah melanda Indonesia seiring masuknya musik-musik dan film dari Negeri Ginseng tersebut. Penggemar Kpop dan Drakor pun tak ingin ketinggalan memiliki beberapa item atau produk khas Korea Selatan. Untuk itu, jastip dari negara tersebut bisa dibilang punya potensi cuan yang menggiurkan loh!

Tips Jalankan Bisnis Jastip Korea Selatan

Buat Kamu yang tertarik dengan jastip Korea Selatan, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pasalnya, membawa barang dari luar negeri punya aturan tersendiri. Selain itu, membuka usaha ini juga tidak semudah yang dibayangkan. Banyaknya orang yang membuka jastip juga menjadi tantangan tersendiri karena adanya kompetisi.

1. Pahami Regulasi

Barang atau produk yang kamu bawa ke Indonesia akan diperiksa oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan. Ada dua kategori barang yang dibawa saat kembali dari luar negeri, yakni barang pribadi dan barang dagangan. Untuk barang jastip ini dikategorikan sebagai barang dagangan dan dikenakan PPN. Kamu pun harus menggunakan dokumen Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK)–BC 2.1.

2. Tentukan Target Pasar

Sebelum memulai bisnis jastip Korea Selatan, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa mencari tahu produk apakah yang banyak dicari, siapa yang biasanya menyukai negara tersebut, berapa rentang usianya, dan bagaimana kondisi persaingan pasarnya. Untuk melakukan riset ini, kamu bisa mencarinya lewat e-commerce, media sosial, atau Google.

3. Ketahui Mekanisme Jastip

Mekanisme jastip tergantung pada kamu sendiri. Kamu bisa menentukan jenis pembayaran, mulai dari tunai, pre-order, ataupun on the spot. Jika secara tunai, artinya kamu membebankan pembelian kepada konsumen. Sementara dengan pre-order kamu akan memberikan talangan dana atau sebagian dengan downpayment. Sementara jika on the spot, konsumen akan membayar begitu barang yang dipesan tersedia di tokonya.

4. Strategi Pemasaran

Meski bukan perdagangan yang jumlahnya banyak, namun kamu juga perlu menjalankan strategi pasar. Dengan banyaknya orang yang membuka jastip, maka kamu akan tersaingi. Oleh karena itu, kamu bisa menyusun beberapa strategi seperti promosi, menentukan margin keuntungan, atau memberikan layanan yang terbaik.

5. Cari Produk yang Disukai

Saat melakukan promosi, kamu bisa menawarkan produk atau barang-barang apa saja yang bisa kamu belikan untuk konsumen. Dengan mengetahui produk yang banyak disukai, pastinya akan ada banyak konsumen yang ingin membelinya. Selain itu, kamu juga perlu mengecek lokasi toko yang menjual produk-produk tersebut.

Produk Korea Terbaik yang Paling Banyak Dicari

Kalau kamu masih bingung barang apa saja yang bisa kamu beli, di bawah ini sudah ada rekomendasinya. Ada beberapa barang yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia yang umumnya adalah penggemar Kpop dan Drakor. Berikut ini daftar yang sudah dirangkum buat kamu.

1. Merchandise Kpop

Merchandise Kpop menjadi salah satu produk yang paling banyak dicari. Banyaknya fans boyband seperti BTS, EXO dan lainnya membuat produk-produk yang berhubungan dengan mereka semakin diburu. Kamu pun bisa menawarkan beberapa produk seperti Album Original, poster, tas, bahkan album foto mereka.

2. Mie Korea

Makanan khas Korea Selatan pun ikut populer seiring adanya demam Kpop dan Drakor. Salah satu menu yang paling banyak dicari adalah mie khas Korea Selatan. Beberapa produk tersebut di antaranya Namja Ramyun, Shin Ramyun Original, Ilpoom Jjajangmen, Shin Ramyun Black, dan lain sebagainya.

3. Produk Kecantikan

Melihat cewek-cewek di Drakor yang cantik-cantik membuat rasa penasaran produk kecantikan apa sih yang dipakai warga Korea Selatan. Oleh karena itu, makeup dan skincare yang berasal dari sana menjadi produk yang cukup banyak dicari. Beberapa produk tersebut di antaranya TonyMoly, 3CE, Etude House dan lainnya.

4. Produk Fashion

Produk jastip Korea Selatan lainnya adalah fashion. Kamu bisa membelikan tas, sepatu, topi, sweater, celana, atau dress yang sesuai dengan pilihan konsumen. Produk yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah Stylenanda. Produk fashion ini juga banyak dipakai oleh para Kpop Idol sehingga banyak digemari fans-nya.

5. Snack Korea

Camilan memang jadi oleh-oleh yang biasa dibawa ketika pulang liburan. Ketika belum sempat pergi ke luar negeri, beberapa orang memilih untuk menitipkannya pada saudara atau teman yang sedang berlibur ke luar negeri. Maka produk ini pun bisa jadi peluang buat kamu untuk membuka jastip.

6. Minuman Khas Korea

Layaknya orang Jepang, masyarakat Korea Selatan pun suka minum-minuman alkohol. Namun tak hanya yang mengandung alkohol, ada juga minuman dalam botol yang hanya mengandung soda. Minuman khas Korea Selatan yang populer adalah Soju, Daechu Cha, Mogwa Cha, dan masih banyak lagi.

7. Produk Rumah Tangga

Produk rumah tangga seperti sumpit, sendok, mangkuk, cangkir, atau piring, menjadi item yang juga cukup banyak digemari loh! Bentuk alat makan khas Korea Selatan yang cukup unik menjadi daya tarik bagi penggemar Drakor. Namun, kamu harus berhati-hati saat membawanya di pesawat ya!

Itu dia beberapa tips dan rekomendasi produk yang bisa kamu jastip dari Korea Selatan. Kalau kamu sedang berlibur ke sana, ini bisa menjadi sumber pendapatan tambahan selain bisa jalan-jalan kan?

Kalau kamu ada keperluan mengirim uang ke luar negeri karena kamu memulai bisnis jastip, tak perlu khawatir lagi. Saat ini sudah ada Topremit yang berpengalaman lebih dari 10 tahun mengirim uang ke berbagai negara. Topremit sudah menjangkau 60 negara di dunia. Pengiriman menggunakan Topremit cepat dan aman karena sudah terdaftar di Bank Indonesia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.