Keren Banget, Ternyata Universitas di Luar Negeri Ini Punya Jurusan Bahasa Indonesia

Kuliah di luar negeri Feb 14, 2023

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang menjadi kebanggaan bangsa kita. Tapi apa kalian tahu bahwa bahasa tercinta kita ini ternyata termasuk ke dalam salah satu jajaran bahasa nasional yang cukup banyak diminati mahasiswa dari berbagai macam negara lho. Hal ini membuat berbagai universitas bergengsi di luar negeri juga menyediakan jurusan Bahasa Indonesia sebagai program studi yang bisa diambil oleh mahasiswanya.

Bahkan jumlah peminatnya nggak kalah ketika dibandingkan dengan jurusan populer lainnya. Penasaran universitas luar negeri mana saja yang menyediakan jurusan Bahasa Indonesia? Yuk, langsung saja simak daftar berikut ini.

5 Universitas di Luar Negeri Yang Mengajarkan Bahasa Indonesia

1. Belanda - Leiden University

Meskipun Indonesia dan Belanda memiliki riwayat buruk, namun kini hubungan antara kedua negara telah terjalin dengan baik. Salah satu bukti dari lancarnya hubungan antar negara tersebut adalah keberadaan jurusan bahasa Indonesia di Leiden University, Belanda.

Di universitas ternama ini, Bahasa Indonesia dijadikan sebuah jurusan yang termasuk ke dalam Southeast Asian Studies untuk jenjang S1 (Bachelor of Arts) dan S2 (Master of Arts).

Diketahui Leiden University adalah satu-satunya universitas di Belanda yang menjadi tempat belajar bahasa dan budaya dari wilayah Asia Tenggara secara mendalam. Tak sedikit pemuda Eropa menjadi mahasiswa di jurusan ini.

2. Jepang - Tokyo University for Foreign Studies

Tokyo University for Foreign Studies merupakan universitas tertua di Jepang. Universitas ini memiliki fokus khusus untuk melakukan riset bahasa dan isu internasional dengan tingkat persaingan tinggi. Di kampus ini, kamu bisa menemukan 26 departemen studi bahasa yang dikelompokkan ke dalam 7 jurusan, termasuk Departemen Bahasa Indonesia sebagai salah satu jurusan Southeast Asian Studies.

3. Australia - University of Southern Queensland

University of Southern Queensland adalah salah satu universitas yang berada di Brisbane, Australia. Kamu bisa memilih universitas ini untuk menjalani program undergraduate (S1) dan postgraduate (S2) untuk jurusan bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa Indonesia di Universitas ini bisa kamu temukan di fakultas Humanities and Social Sciences.

Jika kamu mengambil jurusan Bahasa Indonesia di sini, nantinya kamu akan diajarkan bagaimana struktur bahasa Indonesia secara bertingkat, hingga sejarah dan perkembangan agama di Indonesia.

4. Korea Selatan - Hankuk University of Foreign Studies (HUFS)

Hankuk University of Foreign Studies termasuk salah satu universitas terkemuka di dunia yang menawarkan 5 program studi bahasa untuk program undergraduate (S1). Salah satu program studi yang ditawarkan oleh Hankuk University (Seoul Campus) ini adalah Oriental Language Program. Dalam program ini, kamu akan menemukan berbagai kelas bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Universitas ini ternyata merupakan satu-satunya universitas di Korea Selatan yang menyediakan Jurusan Bahasa Indonesia, lho!

5. Amerika Serikat - University of Washington

University of Washington yang berlokasi di Seattle, Amerika Serikat merupakan salah satu universitas luar negeri yang bisa kamu pilih untuk kuliah jurusan Bahasa Indonesia. Jurusan yang berada di bawah naungan Department of Asian Languages and Literature ini menyediakan kelas Minor in Indonesian Language & Culture. Jika kamu mengambil kelas tersebut, kamu akan belajar struktur bahasa Indonesia dasar hingga budaya, sastra, musik, dan juga isu terkini di Indonesia.

Itu dia sederet universitas luar negeri yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studi jurusan Bahasa Indonesia. Jangan khawatir, jika kamu berminat untuk kuliah di luar negeri, kamu bisa mengandalkan Topremit untuk transfer uang sakumu selama kamu berkuliah di luar negeri. Dengan Topremit, kamu hanya uang yang ditransfer bisa sampai ke rekening tujuan dalam waktu mulai dari 5 menit saja.

Sangat mudah dan aman, kan? Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang ke luar negeri dengan aman dan nyaman, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.