Jurusan Favorit Kuliah di Nanyang Technological University

Kuliah di luar negeri Jan 10, 2022

Singapura jadi salah satu negara favorit untuk berkuliah bagi para calon mahasiswa asal Indonesia. Selain punya kedekatan secara geografis, kualitas pendidikan di Singapura juga baik. Salah satu kampus yang jadi incaran adalah Nanyang Technological University.

Universitas ini berada sebelah barat daya kawasan industri di Jurong. Kualitas pendidikan di kampus ini pun tak perlu diragukan karena masuk dalam rangking 10 universitas terbaik di dunia, dan peringkat ke-2 Asia. Kalau kamu tertarik kuliah di sini, inilah jurusan favoritnya.

Colleges of Engineering

Aerospace Engineering

Buat Kamu yang bercita-cita ingin bekerja di NASA, salah satu batu loncatannya adalah berkuliah di jurusan aerospace engineering. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari dan mendalami teknik penelitian, desain, dan pengujian pesawat terbang dan pesawat luar angkasa.

Mechanical Engineering

Untuk siswa SMK atau STM, jurusan ini sangatlah cocok dipilih karena masih berkaitan dengan mesin. Di Nanyang Technological University, kamu akan mempelajari lebih dalam lagi mengenai peralatan mekanik.

Biomedical Engineering

Masih berkaitan dengan mesin, namun bedanya sekarang kamu dikhususkan membuat alat-alat medis. Di jurusan biomedical engineering kamu akan diberi kesempatan untuk mempelajari dan membuat peralatan canggih yang membantu bidang kedokteran. Kamu yang sebelumnya mempelajari ilmu biologi dasar dan kedokteran, cocok dengan jurusan ini.

Chemical and Biomolecular Engineering

Kalau di jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu kimia yang dapat digunakan atau dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh produknya adalah obat, makanan, dan minuman kemasan yang mengandung zat-zat kimia. Di sini, kamu akan mempelajari dan memahami bahan-bahan kimia yang aman dan dapat diolah menjadi produk tersebut.

Civil Engineering

Jurusan civil engineering berkaitan dengan struktur bangunan, perencanaan pembangunan, pengelolaan bangunan, serta pemeliharaan bangunan. Kamu akan mempelajari dunia infrastruktur dalam pembangunan berbagai fasilitas dan sarana publik seperti perkantoran, jalan tol, jembatan, rumah, hingga irigasi.

Environmental Engineering

Untuk kamu yang peduli dengan lingkungan sekitar, jurusan ini cocok untuk dipilih. Di jurusan environmental engineering kamu akan mempelajari ilmu dan teknik pemeliharaan lingkungan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan manusia serta lingkungan sekitarnya.

Maritime Studies

Siswa SMK pelayaran dapat melanjutkan kuliah di Nanyang Technological University dengan mengambil jurusan maritime studies. Di sini, kamu akan mempelajari lebih dalam mengenai ilmu kelautan baik itu sebagai teknisi kapal, pengolahan ikan, hingga sistem administrasi di kelautan.

Computer Engineering

Jurusan ini memang sudah banyak tersedia di Indonesia. Namun, kalau kamu ingin kualitas pendidikan yang lebih baik, tidak ada salahnya kuliah di Nanyang Technological University. Jurusan ini berfokus pada semua hal yang berhubungan dengan komputer, mulai dari hardware, software, program, dan lain-lain.

Computer Science

Jurusan ini berfokus pada ilmu-ilmu terapan komputer dan analisis matematis, baik dalam perancangan, pengujian, pengembangan, serta evaluasi dari sistem perangkat lunak. Dengan begitu, kamu bisa memahami lebih jauh bidang keilmuan dari computer science.

Data Science & Artificial Intelligence

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah AI atau Artificial Intelligence. Nah, kalau tertarik mempelajarinya kamu bisa memilih jurusan data science & artificial intelligence di Nanyang Technological University. Kamu akan mempelajari disiplin ilmu komputer dan statistika, serta memahami data-data yang berkaitan dengan komputer.

Electrical and Electronic Engineering

Di sini, kamu akan mempelajari perancangan alat-alat automatic yang berhubungan dengan listrik. Fokus dari jurusan ini sendiri adalah alat-alat listrik dan elektronik. Sebagai mahasiswa di jurusan ini, kamu dituntut dapat merancang alat-alat tersebut dengan baik, tanpa menimbulkan bahaya untuk dirimu maupun untuk orang lain.

Information Engineering & Media

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari mengenai sistem informasi serta media-medianya. Kamu tak hanya hanya akan belajar mengenai media, tetapi juga mengenai rekayasa dari sebuah sistem informasi.

Materials Engineering

Jurusan ini mempelajari dan memperdalam tentang bahan-bahan material seperti logam, plastik, dan lainnya. Kamu yang memilih jurusan ini dapat melakukan penelitian untuk menemukan material baru sebagai pengganti material yang ada yang kian punah.

College of Humanities, Arts, and Social Sciences

Design Art

Untuk kamu yang senang menggambar, jurusan design art mungkin akan menarik buat kamu. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik dalam mendesain maupun pengetahuan-pengetahuan lainnya mengenai desain.

Media Art

Jurusan seni lainnya adalah media art. Di Nanyang Technological University, fasilitasnya sudah memadai sehingga kamu akan lebih dalam mempelajari ilmu seni di sini. Jurusan ini cocok buat kamu yang mencintai dunia seni.

Chinese

Untuk mempelajari bahasa Mandarin, kamu bisa ambil jurusan Chinese di Nanyang Technological University. Kamu bisa mendalami bahasa Mandarin secara intensif di sini. Tak hanya bahasanya, kamu juga akan mempelajari kebudayaan dari Negeri Tirai Bambu.

English

Di Indonesia memang sudah banyak kampus menyediakan jurusan bahasa Inggris. Namun di Nanyang Technological University, kamu bisa praktek langsung dalam keseharian. Sebagaimana diketahui, banyak warga lokal yang juga yang berbahasa Inggris dalam kesehariannya.

History

Kamu yang mencintai sejarah, bisa ambil jurusan ini. Jurusan history berfokus untuk mempelajari mengenai history atau sejarah. Mulai dari sejarah lokal, kerajaan, dan sejarah dunia. Kamu pun bisa mengetahui berbagai cerita sejarah baik di Singapura maupun mancanegara.

Linguistics and Multilingual Studies

Untuk kamu yang menyukai ilmu bahasa, jurusan linguistics and multilingual studies bisa jadi sebagai pengetahuan lanjutannya. Pasalnya, di sini kamu akan mempelajari ketatabahasaan, perkembangan bahasa anak-anak hingga komunikasi dalam masyarakat bilingual dan multibahasa.

Philosophy

Filsafat menjadi sumber bagi segala ilmu. Pasalnya, kamu dituntut untuk berfikir mengenai segala aspek di dunia ini. Untuk menjadi filsuf kamu akan mempelajari sifat pengetahuan, realitas, keberadaan, pikiran, bahasa, ilmu pengetahuan, dan moralitas.

Economics

Kalau satu ini kamu mungkin sudah mempelajarinya sejak di bangku SMP. Kalau kamu tertarik mengenai ilmu ekonomi, maka kuliah di jurusan economics di Nanyang Technological University bisa jadi pilihan tepatnya. Di sini, kamu akan mempelajari mengenai bermacam-macam teori tentang ekonomi dan mempelajari mengenai pergerakan ekonomi dari tahun ke tahun.

Psychology

Di jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai pikiran, mental, dan perilaku manusia, serta meneliti alasan dibalik sebuah perbuatan manusia. Di Nanyang Technological University, kamu pun belajar untuk lebih memahami setiap individu dengan keilmuan yang sudah teruji, baik menggunakan alat maupun menggunakan analisa.

Public Policy and Global Affairs

Jurusan ini masih berkaitan dengan ilmu komunikasi. Dalam sebuah perusahaan biasanya membutuhkan sosok yang mengerti bagaimana kebijakan di suatu daerah atau negara dan bagaimana perusahaan tersebut dapat mengimplementasikan dan bersinergi dengan pemerintahan setempat.

Sociology

Siswa SMA jurusan IPS akan sangat berkaitan dengan jurusan ini. Di Nanyang Technological University, kamu bisa mempelajari tentang perilaku sosial masyarakat, baik antar masyarakat itu sendiri maupun antar kelompok masyarakat yang lain. Jurusan ini akan membantu kamu lebih berpikir kritis dalam menganalisa suatu hal yang terjadi pada individu maupun kelompok.

Communication Studies

Kamu mungkin sudah familiar dengan pekerjaan humas atau public relations. Nah, di jurusan inilah biasanya mereka kuliah. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari komunikasi dan informasi kesehatan, komunikasi pemasaran dan hubungan masyarakat, studi seni dan budaya, media, komunikasi yang dimediasi komputer, hukum, kebijakan komunikasi, dan sebagainya.

College of Science

Fakultas ini terdiri dari beberapa jurusan di antaranya, School of Physical and Mathematical Sciences, School of Biological Sciences,Chemistry and Biological Chemistry, Biological Sciences, dan Mathematical Sciences. Selain itu, ada pula jurusan The Asian School of the Environment, Physics and Applied Physics, dan Environmental Earth Systems Science.

Lee Kong Chian School of Medicine (LKCSoM)

Untuk kamu yang ingin mengambil jurusan kedokteran, di Nanyang Technological University kamu bisa mengambil jurusan ini untuk mempelajari mulai dari mulai anatomi, penyakit, dan lain sebagainya. Sehingga setelah lulus kamu bisa siap terjun ke lapangan.

College of Business

Fakultas ini memiliki dua jurusan, yaitu business dan accountancy. Kamu bisa memilih mana yang lebih sesuai oleh dirimu. Di jurusan business tentunya kamu akan mempelajari bagaimana membangun usaha, strategi marketing, dan lainnya. Sedangkan di accountancy, kamu akan belajar mengenai pengelolaan data atau administrasi di sebuah perusahaan.

Itulah daftar jurusan kuliah di Nanyang Technological University yang bisa dijadikan referensi. Kalau kamu tertarik kuliah di kampus ini, jangan khawatir soal bayar uang kuliahnya. Ada Topremit yang bisa kamu andalkan untuk mengirim uang ke Singapura.

Topremit sudah dipercaya lebih dari 10 tahun dalam pengiriman pengiriman uang ke singapura yang pastinya sudah aman dan juga cepat. Selain itu kirim uang ke luar negeri dengan Topremit juga cepat dan aman karena sudah mendapat izin dari Bank Indonesia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.