Jurusan Kuliah Terbaik di Stanford University

Kuliah di luar negeri Feb 7, 2022

Stanford University yang dikenal sebagai salah satu dari jajaran universitas top dunia. Perguruan tinggi ini memiliki berbagai program pendidikan berkualitas. Nggak heran kalau universitas yang berlokasi di jantung Silicon Valley ini berhasil meluluskan sederet tokoh penting dan berpengaruh dalam peradaban di dunia.

Stanford University yang merupakan salah satu kampus terbesar di Amerika Serikat (AS) ini memiliki 18 institut penelitian interdisipliner dan 7 sekolah dalam satu kampus, termasuk sekolah pascasarjana bisnis; sekolah ilmu Bumi, energi, & lingkungan; sekolah pascasarjana pendidikan, sekolah teknik, sekolah humaniora dan ilmu pengetahuan alam / umum, sekolah hukum, dan fakultas kedokteran.

Dari sederet program pendidikan yang tersedia di Stanford University tersebut, ada beberapa jurusan favorit yang banyak diminati oleh mahasiswa baik luar maupun dalam negeri. Untuk cari tahu lebih dalam, yuk langsung simak sederet jurusan kuliah terbaik di Stanford University berikut ini!

Jurusan Di Stanford University

1. Art History

Dalam jurusan ini, mahasiswa diajarkan bagaimana cara menganalisis dan menafsirkan karya seni rupa, fotografi dan media gambar bergerak, budaya material dan lingkungan binaan seperti arsitektur, urbanisme, dan desain. Dalam program ini, mahasiswa mempelajari berbagai perkembangan budaya di dunia seperti budaya Afrika, Asia, Amerika, Timur Tengah, dan Eropa Barat, Tengah, dan Timur.

2. Translations Studies

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan diajarkan berbagai bahasa asing dalam tiap mata kuliah yang dikaji di dalamnya. Dalam jurusan ini, divisi sastra, budaya, dan bahasa, bekerja sama dengan departemen bahasa dan budaya Asia Timur dan departemen bahasa Inggris, mengajar mahasiswa hingga menjadi lulusan sarjana untuk dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuan bahasa asing mereka pada produksi dan analisis terjemahan.

3. Communication

Seperti jurusan komunikasi di perguruan tinggi pada umumnya, jurusan komunikasi di Stanford University juga menganalisis dan mengkaji tentang dampak sosial, budaya, dan psikologis dari proses komunikasi, teknologi, dan media menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Setelah lulus, mahasiswa akan dibekali dengan keterampilan analitis dan kritis yang dibutuhkan untuk melanjutkan program pascasarjana atau bahkan mulai meniti karir.

4. African and African American Studies

Seperti namanya, program pendidikan sarjana ini memberikan pengajaran bagi mahasiswa mengenai interdisipliner untuk studi orang-orang keturunan Afrika sebagai komponen utama budaya Amerika. Kajian ilmu ini diambil dari sudut antropologi, seni, sejarah seni, ekonomi, pendidikan, drama, sejarah, bahasa, linguistik, sastra, musik, filsafat, ilmu politik, psikologi, agama, dan sosiologi. Selain itu, program pendidikan ini juga memberikan pendalaman materi khusus bagi mahasiswa yang tertarik untuk meniti karir di bidang pendidikan, studi sastra, jurnalisme, hukum, bisnis, hubungan internasional, politik, psikologi, antropologi, ilmu sosial, teater, seni pertunjukan, dan studi budaya secara umum.

5. Applied and Engineering Physics

Jurusan di Stanford University satu ini mengkaji secara khusus ilmu fisika dasar dan juga sains serta teknik terapan. Melalui program pendidikan ini, mahasiswa yang lulus akan memperoleh gelar sarjana dan ilmu yang mumpuni sehingga siap bersaing untuk berkarir dalam bidang fisika terapan, fisika murni, atau disiplin teknik.

6. Aeronautics and Astronautics

Program pendidikan satu ini, setiap mahasiswa dituntut belajar untuk menerapkan pengetahuan dasar tentang teknik aeronautika dan astronautika. Pengetahuan ini nantinya diterapkan untuk melakukan eksperimen laboratorium dan menangani masalah desain sistem kedirgantaraan. Maka dari itu, setiap mahasiswa yang lulus dari jurusan ini dapat bersaing dan unggul untuk berkarir di bidang teknik pesawat dan pesawat ruang angkasa, eksplorasi ruang angkasa, industri telekomunikasi berbasis udara dan luar angkasa, pengajaran, penelitian, dinas militer, hingga bidang intensif teknologi terkait.

Seperti jurusan kuliah di Stanford University lainnya, setiap kegiatan perkuliahan bagi jurusan aeronautics and astronautics juga membutuhkan berbagai alat pendukung perkuliahan. Kebutuhan perkuliahan tersebut tentu membutuhkan uang yang tak sedikit.

Namun jangan khawatir, kamu dapat memenuhi kebutuhan hidup di luar negeri dengan uang saku yang ditransfer langsung oleh orang tuamu di Indonesia. Dengan Topremit, kamu dapat melakukan transfer uang lintas benua dengan cepat dan praktis. Hanya membutuhkan waktu mulai dari 5 menit saja, uang transferan dari orang tua kamu bisa langsung digunakan untuk membayar kebutuhan selama berkuliah di Stanford University. Praktis banget, kan?

7. Bioengineering

Bioengineering merupakan salah satu program studi di Stanford University yang mengajarkan mahasiswa untuk memahami dan berinteraksi dengan sistem kehidupan yang kompleks. Program pendidikan ini memiliki tujuan untuk dapat memajukan kesehatan manusia hingga menjaga kelestarian lingkungan. Mahasiswa jurusan bioengineering akan memperoleh dasar yang kuat, khususnya dalam ilmu-ilmu dasar (kimia, fisika, dan biologi) dan matematika untuk meniti karir secara profesional setelah berhasil menyelesaikan pendidikannya nanti.

8. Earth System

Program Earth system adalah jurusan ilmu lingkungan. Mahasiswa secara mandiri belajar tentang menyelidiki masalah lingkungan yang kompleks yang disebabkan oleh aktivitas manusia dalam interaksi dengan perubahan alam dalam sistem Bumi. Mahasiswa jurusan ini dituntut menjadi terampil di bidang sains, ekonomi, dan kebijakan yang diperlukan untuk mengatasi masalah lingkungan paling mendesak di dunia, menjadi bagian dari generasi ilmuwan, profesional, dan warga negara yang mendekati dan memecahkan masalah dengan cara yang sistematis.

9. Laboratory Animal Science

Jika kamu tertarik dengan dunia dan pengetahuan mendalam tentang hewan, jurusan laboratory animal science menjadi jurusan yang tepat untuk kamu. Program pendidikan di Stanford University satu ini dirancang untuk siswa yang ingin mendalami penelitian biomedis, dengan fokus pada pemodelan hewan dan bio metodologi, ilmu hewan laboratorium, manajemen organisasi dan desain fasilitas, peraturan dan kepatuhan, serta kesejahteraan hewan. Setelah lulus nanti, mahasiswa akan dibekali dengan ilmu yang matang untuk melakukan pekerjaan profesional di perusahaan farmasi, menjadi akademisi atau mengikuti pelatihan di sekolah kedokteran, atau kedokteran hewan.

10. Mathematical and Computational Science

Sesuai dengan namanya, salah satu program studi terbaik di Stanford University ini mengajarkan mahasiswa mengenai inti matematika dasar untuk semua ilmu matematika dan pengenalan konsep dan teknik komputasi, pengambilan keputusan yang optimal, pemodelan probabilistik, dan inferensi statistik. Lulusan jurusan mathematics and computational sciences dapat meniti karir di bidang akademik, keuangan, dan pemerintahan secara profesional.

Itu dia sederet jurusan kuliah yang ditawarkan dalam program pendidikan di Stanford University yang banyak diminati mahasiswa. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Stanford, jangan lupa persiapkan diri dengan matang agar kamu masuk ke dalam kualifikasi sebagai mahasiswa Stanford University. Semoga berhasil, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.