Jurusan Terbaik dan Favorit di Universiti Malaya Malaysia

Kuliah di luar negeri Jan 20, 2022

Ingin kuliah di luar negeri, namun tak bisa jauh dari rumah? Kamu bisa memilih kuliah di Malaysia. Negara yang berdekatan dengan Indonesia tersebut memiliki salah satu kampus atau universitas yang punya kualitas terbaik di dunia. Salah satunya, adalah Universiti Malaya (UM). Kampus ini berada di peringkat ke-59 dunia menurut QS World University Ranking 2021.

Kampus yang terletak di Kuala Lumpur ini memiliki lebih dari 27.000 orang mahasiswa, dengan 3.500 orang di antaranya adalah mahasiswa internasional. Kampus ini juga memiliki komunitas mahasiswa internasional yang beragam, lebih dari 90 negara.

Selain itu penelitian dari kampus ini pun sudah dikenal baik. UM memiliki 50 pusat penelitian dengan pendekatan dan fokus utama menghasilkan penelitian kelas dunia yang memiliki dampak nyata terhadap pembangunan masyarakat global secara keseluruhan. Biaya kuliah di kampus ini rata-rata RM 21.480/tahun untuk S1, RM 45.420/tahun untuk S2/S3, serta RM 15.350/tahun untuk vocational.

Untuk kamu yang tertarik kuliah di Malaysia, berikut ini jurusan terbaik dan favorit di Universiti Malaya.

Jurusan / Fakultas Terbaik di Universiti Malaya

1. Bisnis dan Akuntansi

Fakultas Bisnis dan Akuntansi Universiti Malaya (UMFBA) termasuk yang punya kualitas baik. Kampus ini berhasil mendapatkan akreditasi oleh Association of MBAs (AMBA) dan Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) International untuk fakultas tersebut.

Akreditasi tersebut menunjukkan pencapaian standar tertinggi untuk pendidikan pascasarjana bisnis di UMFBA, khususnya di bidang kurikulum, pengajaran, penelitian, dan fasilitas. Sedangkan untuk program sarjana kamu bisa memilih jurusan Bachelor of Accounting (BAcc), Bachelor of Business Administration (BBA), dan Bachelor of Finance (BFin).

2. Hukum

Universiti Malaya juga menyediakan fakultas hukum yang sudah berpengalaman 47 tahun. Cocok buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang hukum. Dengan pengalaman yang panjang, tentunya punya kualitas tinggi dalam penyelenggaraan pendidikan. Kamu bisa memilih dua jurusan pada jenjang sarjana, yaitu jurisprudence (external) dan juga laws.

3. Sastra dan Bahasa Asing

Bagi kamu yang tertarik di bidang budaya, sastra, serta bahasa, bisa pilih fakultas sastra dan bahasa asing. Di sini kamu akan mempelajari berbagai macam budaya melayu, mulai dari bahasa, linguistik, seni, sastra, dan juga sosial budaya. Salah satu program yang bisa kamu pilih adalah studi academy of Malay studies UM.

4. Medis

Prestasi yang dimiliki oleh Universiti Malaya dalam dunia medis adalah berhasil melatih hingga 6.000 dokter di Malaysia dan juga sebanyak 5.000 spesialis medis. Tak heran kalau jurusan medis seperti keperawatan dan kedokteran dari kampus ini sudah terkenal kualitasnya. Sehingga cocok untuk kamu yang bercita-cita menjadi dokter atau perawat.

5. Teknik

Fakultas teknik di Universiti Malaya termasuk yang bergengsi di negaranya. Pasalnya pada 18 Juni 2009, Dewan Akreditasi Teknik yang diwakili oleh Dewan Insinyur Malaysia menandatangani Washington Accord (WA). Sehingga semua program studi di bawah faculty of engineering UM telah diakui dalam memenuhi kualifikasi untuk melakukan studi praktik di semua negara anggota sertifikasi WA.

Negara yang termasuk dalam sertifikasi WA termasuk Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Jepang. Sertifikasi ini didapat berkat dicapainya Implementasi Pendidikan Berbasis Hasil , staf kurikulum, mahasiswa dan fasilitas, serta Sistem Manajemen Mutu (SMM). Keren kan?

6. Pendidikan

Kalau kamu bercita-cita menjadi guru atau dosen, bisa memilih fakultas pendidikan di Universiti Malaya. Di fakultas ini kamu bahkan bisa memilih kelas malam loh! Program yang ditawarkannya adalah diploma postgraduate Diploma Pascasiswazah Pendidikan (DPP). Jurusan favoritnya yakni keguruan dan pendidikan; serta pendidikan bahasa Inggris.

7. Studi Agama Islam

Sebagai kampus di negara yang mayoritasnya muslim, Universiti Malaya juga menyediakan fakultas dan jurusan yang mempelajari agama Islam. Program studinya dibagi menjadi beberapa konsentrasi bidang, antara lain syariah, usuluddin, pendidikan agama Islam, manajemen muamalat, sejarah dalam Islam, dan hukum dalam Islam.

8. Sains

Banyak prestasi yang diraih oleh fakultas ini. Universiti Malaya berhasil memperoleh Top 100 pada subjek environment science dan juga peringkat 47 pada bidang studi engineering mineral and mining versi QS World University by Subject. Enam program studi di fakultas ini adalah biological sciences, mathematical sciences, physics, geology, chemistry, dan science & technology studies.

9. Sains Komputer dan Teknologi Informatika

Perwakilan fakultas ini di ajang Huawei ICT Competition 2018-2019 Global Final yang dilaksanakan pada 26 Mei 2019 berhasil mendapatkan First Prize Winner. Artinya, kualitas pendidikan di fakultas ini tak boleh dianggap enteng. Adapun ilmu yang kamu pelajari di sini adalah sistem informasi, teknik informatika, dan ilmu komputer.

10. Lingkungan Binaan

Untuk kamu yang tertarik kuliah jurusan arsitektur, di Universiti Malaya ada fakultas lingkungan binaan (built environment). Di fakultas ini, kamu akan mempelajari ilmu arsitektur, konstruksi, dan perencanaan wilayah dan kota. Sebagaimana diketahui, prospek jurusan ini masih terus dibutuhkan karena masih banyak pekerjaan pembangunan di Indonesia.

Itulah beberapa jurusan favorit dan terbaik di Universiti Malaya. Kamu yang tertarik kuliah di sana tak perlu khawatir kekurangan uang saku, atau ingin bayar uang kuliah dari Indonesia? Bisa kok. Gunakan Topremit yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam pengiriman uang ke luar negeri.

Topremit bisa mengirim ke lebih dari 60 negara di dunia. Kirim uang ke luar negeri pakai Topremit cepat dan aman karena sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia selain itu Topremit juga memiliki layanan instant transfer ke malaysia dengan hitungan menit loh! Dan biaya transfer mulai dari 45 ribu rupiah saja.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.