Beberapa Kebiasaan Orang Indonesia yang Dianggap Tidak Sopan di Luar Negeri

Kebiasaan Orang Indonesia Jan 23, 2023

Keramahan masyarakat di Indonesia sudah terkenal di kancah dunia. Hal ini juga menjadikan masyarakat Indonesia memiliki toleransi yang tinggi, sehingga timbul kebiasaan untuk saling menyapa meskipun belum pernah bertemu sebelumnya. Kebiasaan ini tercipta secara turun temurun sehingga menjadi tradisi.

Namun, bagi negara lain hal ini bisa menjadi hal yang tidak dianggap lumrah, lho. Sebab, di luar negeri juga memiliki berbagai kebiasaan yang mungkin terasa asing untuk masyarakat Indonesia. Nah, buat kamu yang berencana tinggal di luar negeri, kamu perlu tahu apa saja kebiasaan orang Indonesia yang dianggap tidak sopan di negara lain.

Hal ini penting agar kamu nggak keliru berperilaku atau bersikap di luar negeri. Berikut beberapa kebiasaan orang Indonesia yang dianggap tidak sopan di luar negeri.

Kebiasaan Orang Indonesia yang Dianggap Tidak Sopan di Luar Negeri

1. Memberikan Uang Tip/Tipping

Saat menggunakan jasa atau mendapat bantuan dari orang lain, tidak jarang orang Indonesia memberikan hadiah atau tip sebagai bentuk ungkapan terima kasih. Di Indonesia, praktik ini merupakan hal yang baik dan mewujudkan sikap dermawan.

Namun praktik memberikan uang tip dinilai tidak sopan di Jepang. Sebab, kebiasaan orang Jepang ketika sudah melakukan pekerjaan, maka harus dilakukan tanpa mengharap imbalan lebih. Maka dari itu, jika kamu memiliki rencana ke negara Jepang, hindari memberikan tip kepada orang lain.

2. Membunyikan Klakson

Hal selanjutnya yang harus dihindari saat ke luar negeri adalah membunyikan klakson. Meski di Indonesia praktik ini lumrah saat berkendara, Norwegia tak sependapat. Ketika kondisi jalanan macet atau perlu memberi peringatan kepada pengendara lain, kamu tidak bisa membunyikan klakson sembarangan. Untuk itu jika kamu berkunjung ke Norwegia, jangan sampai membunyikan klakson kecuali pada saat darurat.

3. Menghabiskan Makanan

Saat berkunjung ke rumah saudara atau teman, orang Indonesia memiliki kebiasaan untuk menjamu dengan makanan. Untuk menghargai pemberian tuan rumah, biasanya tamu akan menghabiskan jamuan dari tuan rumah. Namun lain halnya dengan negara China. Jika makanan yang diberikan habis, maka akan dianggap bahwa makanan yang disajikan tidak cukup.

4. Membuka Hadiah Secara Langsung

Mendapatkan sebuah hadiah merupakan suatu hal yang menyenangkan. Bahkan terkadang karena terlalu antusias, sebagian orang membukanya secara langsung. Bagi orang Indonesia, hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa. Tapi berbeda dengan negara India, karena kebiasaan ini harus kamu hindari. Sebab, ketika kamu di India dan membuka hadiah secara langsung di depan pemberinya, kamu akan dinilai seperti orang serakah.

5. Duduk Di Kursi Belakang Mobil Taksi

Sering kali saat keluar rumah transportasi umum menjadi pilihan dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Dalam praktik penggunaan jasa taksi, orang Indonesia cenderung memilih duduk di kursi belakang, alih-alih di samping sopir.

Hati-hati, praktik ini bisa dinilai tidak sopan di Irlandia. Di Irlandia, orang-orang akan memilih untuk duduk di samping sopir. Kebiasaan ini dilakukan agar tidak ada kesenjangan antara penumpang dan sopir taksi.

Itu dia sederet kebiasaan orang Indonesia yang dianggap tidak sopan di luar negeri. Kamu harus lebih memperhatikan hal-hal tersebut terutama jika kamu ingin menetap di luar negeri atau negara yang disebutkan di atas.

Nah, kamu juga harus memperhatikan kecukupan dari kebutuhan kamu saat menetap di luar negeri. Tapi, jangan khawatir karena keluargamu masih bisa kirim uang dari Indonesia dengan cepat dan aman dengan menggunakan Topremit. Layanan Topremit mendukung transfer hingga ke 60 negara, dan prosesnya sangat singkat. Mulai dari 5 menit saja, uang yang dikirimkan dari Indonesia akan sampai langsung ke rekening penerima di luar negeri.

Selalu percayakan transfer uang antar negara secara online kepada Topremit ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.