Ingin Kerja Di Kapal Pesiar? Berikut Yang Kamu Perlu Diketahui

Kerja Di Luar Negeri Nov 17, 2021

Kerja di kapal pesiar rupanya jadi salah satu pekerjaan yang cukup banyak diimpikan oleh sebagian orang. Tingginya pendapatan yang diperoleh karyawan kapal pesiar jadi salah satu alasannya. Tak hanya itu, dengan bekerja di kapal, kamu bisa memperluas relasi dan juga menambah pengalaman tak terlupakan sebagai awak kapal pesiar.

Untuk dapat kerja di kapal pesiar, kamu nggak perlu takut tidak memenuhi kualifikasi. Sebab, bekerja di kapal pesiar tidak mengharuskan kualifikasi pendidikan dari jurusan atau tingkat pendidikan tertentu, bahkan lulusan SMA juga bisa loh. Nah, buat kamu yang bercita-cita untuk kerja di kapal pesiar, yuk cari tahu apa saja jenis pekerjaan hingga jadwal bekerja di kapal pesiar berikut ini.

Apa Saja Pekerjaan yang Ada di Kapal Pesiar?

Kapal pesiar adalah transportasi laut yang menyediakan layanan sekelas hotel. Layanan jasa ini menyediakan berbagai macam bidang pekerjaan. Di antara jenis pekerjaan umum yang ditawarkan, rupanya ada loh beberapa posisi khusus yang hanya dibutuhkan di kapal pesiar saja. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak bidang pekerjaan di kapal pesiar yang bisa kamu pilih.

Teknik dan Dek Kapal

Posisi teknik dan dek kapal adalah bidang pekerjaan khusus yang hanya dibutuhkan dalam industri pelayaran. Buat kamu yang berminat mendaftar ke bidang pekerjaan ini, pastikan kamu memiliki keahlian untuk mengoperasikan armada kapal agar perjalanan berjalan dengan aman dan lancar. Contoh profesi yang ada dalam bidang teknik dan dek kapal antara lain nahkoda, teknisi kapal, dan lainnya.

Tenaga Kesehatan

Bidang tenaga kesehatan menjadi posisi pekerjaan yang berperan penting dalam kehidupan selama di kapal pesiar. Soalnya, tenaga kesehatan bertanggung jawab untuk memberikan layanan kesehatan bagi seluruh penumpang dan awak kapal yang bertugas di atas kapal pesiar. Tenaga kesehatan yang umumnya dibutuhkan di kapal pesiar antara lain dokter, perawat, dan juga paramedis.

Perhotelan dan Jasa

Kapal pesiar menyediakan layanan sekelas hotel bagi penumpang kapal sampai ke tujuan. Maka dari itu, kapal pesiar membutuhkan posisi pekerjaan yang memberikan layanan perhotelan seperti hotel pada umumnya. Contoh posisi pekerjaan di bidang perhotelan dan jasa antara lain sebagai juru masak atau chef, bartender, resepsionis, hingga pramusaji.

Hiburan Kapal

Perjalanan kapal pesiar memang memakan waktu yang cukup lama, sehingga bisa membuat penumpang mudah bosan. Oleh karena itu, bidang hiburan dan pertunjukan di kapal juga berperan penting untuk mengusir rasa bosan para penumpang kapal selama melakukan perjalanan di atas kapal pesiar. Contoh posisi pekerjaan yang bergerak dalam bidang hiburan di atas kapal pesiar adalah penari, DJ, instruktur selam, dan lain sebagainya.

Bidang-bidang pekerjaan tersebut tentunya menghasilkan pendapatan yang melimpah, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu, bahkan keluargamu di rumah. Meski selama bekerja di kapal terpisah dari keluarga, kamu tetap bisa memberikan sebagian pendapatan untuk keluarga dengan mudah.

Tak perlu khawatir mengalami kesulitan transfer karena kini Topremit hadir untuk membantu kamu mengirimkan uang ke rumah, dengan menawarkan layanan pengiriman uang dari lokasi pelayaran di luar negeri ke bank tujuan di Indonesia. Dengan kecepatan waktu pengiriman mulai dari 5 menit serta biaya pengiriman yang terjangkau serta aman, menjadikan Topremit sebagai pilihan layanan pengiriman uang yang terpercaya.

Cara Menemukan Pekerjaan di Kapal Pesiar

Selain mencari tahu bidang pekerjaan yang tersedia, kamu juga perlu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana cara menemukan pekerjaan di kapal pesiar. Karena lowongan pekerjaan ini bersifat khusus, lowongan pekerjaan di kapal pesiar bisa diakses melalui agen rekrutmen pekerja khusus untuk kapal pesiar. Berikut ini beberapa agen rekrutmen resmi untuk kapal pesiar yang bisa kamu pilih.

PT. Ratu Oceania Raya

Perusahaan yang beroperasi dari Bintaro, Tangerang ini sudah merekrut pekerja Indonesia untuk kapal pesiar internasional sejak 2007. Perusahaan ini membuka lowongan pekerjaan di bidang perhotelan dan jasa, serta teknik dan dek kapal.

CTI Group

CTI Group yang berpusat di Fort Lauderdale, Florida, Amerika Serikat memiliki cabang di Jakarta yang sudah beroperasi sejak tahun 2004. Perusahaan ini cukup terpercaya untuk menjadi agen rekrutmen pekerjaan di kapal pesiar. Hal ini bisa kamu lihat dari banyaknya kerjasama yang sudah dijalin dengan perusahaan-perusahaan kapal pesiar lain seperti Regent Seven Seas Cruises, Marella Cruises, Oceania, Holland America, Virgin Voyages, dan Carnival Cruise.

PT. Equinox Bahari Utama

Perusahaan yang menawarkan jasa kemaritiman dan mencakup penyewaan kapal hingga rekrutmen untuk perusahaan di bidang kapal pesiar dan offshore ini sudah beroperasi sejak tahun 2001. PT. Equinox Bahari Utama menyediakan perekrutan tenaga kerja khusus di bidang perkapalan dan pelayaran, serta perhotelan dan jasa.

Jadwal Kerja di Kapal Pesiar

Jadwal kerja di kapal pesiar menjadi poin penting yang perlu kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum mendaftar. Tentunya setiap kapal pesiar memiliki jadwal kerja yang berbeda-beda sesuai dengan posisi dan bidang pekerjaannya. Namun, hal penting yang perlu diketahui adalah waktu kerja per hari seorang awak kapal umumnya lebih panjang daripada jadwal kerja pada umumnya.

Meski begitu, kamu tetap bisa menikmati liburan dalam beberapa waktu saat kontrak sebagai awak kapal sudah selesai. Biar nggak nggak salah langkah, jangan lupa membaca perjanjian kontrak kerja sebelum menandatanganinya sebagai bentuk persetujuan kerja.

Itu dia sederet informasi yang perlu kamu ketahui untuk bisa bekerja di kapal pesiar. Kamu juga bisa mencari informasi tambahan dengan mencari tahu pengalaman sahabat atau rekan yang bekerja di kapal pesiar, agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.


Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.