Ingin Kuliah di Jepang? Ini Kampus Terbaiknya dan Informasinya

Kuliah di luar negeri Nov 4, 2021

Jepang jadi salah satu tujuan studi bagi lulusan SMA di Indonesia. Selain punya pendidikan yang berkualitas, Jepang juga diminati karena keindahan alam, budaya, serta teknologinya yang canggih. Kalau kamu punya keinginan kuliah di Jepang, tulisan ini akan mengulas tentang kampus terbaik di Jepang dan informasinya.

Syarat Kuliah di Jepang

Jepang memiliki beberapa kampus terbaik dengan lulusan berprestasi di bidang akademis dan penelitiannya. Meski begitu, ada syarat tertentu yang harus kamu siapkan untuk kuliah di Negeri Sakura. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Bisa Bahasa Jepang

Untuk kuliah di Jepang, kamu tentunya harus menguasai bahasa Jepang terlebih dahulu. Kamu bisa belajar secara otodidak atau mengikuti les dan kursus. Alasan kamu harus menguasai bahasa Jepang adalah karena kampus di sana menggunakan bahasa lokal sebagai pengantar belajarnya.

2. Sertifikat Bahasa

Sedangkan untuk kamu yang mengikuti kelas internasional dengan bahasa pengantar Inggris, maka wajib mengantongi sertifikat bahasa Inggris seperti IELTS, TOEFL, atau TOEIC. Kamu bisa mencari tahu berapa skor minimal yang diterima oleh kampus yang diinginkan.

3. Cari Tahu Cara Pendaftaran

Sebelum mendaftar, kamu harus mengirimkan lamaran atau proposal terlebih dahulu kepada profesor di kampus tujuan. Ini agar profesor yang kamu pilih bisa menjadi pembimbing selama kuliah dan selama melakukan riset.

4. Siapkan Dokumen

Kamu juga diharuskan membuat CV. Nantinya dokumen ini dikirimkan dengan proposal kepada profesor di kampus tujuan. Buatlah CV sebaik dan semenarik mungkin. CV yang kamu buat harus jelas mencerminkan diri kamu dan informasi di dalamnya valid.

Selain itu kamu juga perlu melegalisir ijazah kelulusan. Mayoritas kampus di Jepang punya syarat fotokopi ijazah yang dilegalisir sebagai dokumen pendaftaran. Usahakan agar ijazah tidak rusak, basah, tercoret-coret ataupun sobek.

Kampus Terbaik di Jepang

Setelah tahu syarat apa saja yang harus dipersiapkan untuk kuliah di Jepang, kamu bisa memilih salah satu kampus impian. Sedikit tips, kamu juga harus memperhatikan biaya hidup di Jepang. Misalnya memilih kampus di Kyoto lebih murah ketimbang di Tokyo.

1. University of Tokyo

University of Tokyo merupakan kampus bersejarah yang sudah berdiri sejak 117 tahun. Universitas ini memiliki 5 kampus di Hongō, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano. Lulusan dari University of Tokyo terdiri dari tokoh politik dan peraih nobel. Jurusan yang terkenal di kampus ini adalah sastra dan hukumnya.

2. Kyoto University

Kampus ini sudah melahirkan alumni peraih nobel di bidang fisika teori, kimia, biologi molekuler. Kyoto University punya 10 jurusan untuk S1 dan 17 sekolah untuk S2. Selain itu kampus ini merupakan universitas negeri tertua nomor dua di Jepang dan didirikan pada 1897 sebagai Universitas Imperial Kyoto.

3. Osaka University

Universitas yang didirikan pada 1869 ini memiliki empat kampus di Suita, Toyonaka, Mino dan Nakanoshima. Osaka University punya 11 fakultas. Universitas ini memiliki lima institut penelitian dan dosen-dosen ternama, loh! Untuk dua program S1 disampaikan dalam bahasa Inggris dan untuk jenjang S2 tersedia lima program kuliah dalam bahasa Inggris.

4. Tokyo Institute of Technology

Kalau kamu menyukai ilmu pengetahuan dan teknologi, maka kampus yang dijuluki Tokodai atau Tokyo Tech ini cocok dipilih. Tokyo Institute of Technology sudah berdiri lebih dari 130 tahun dengan kampus di Ookayama, Suzukakedai, dan Tamachi. Kampus ini merupakan peringkat ke-21 di bidang teknologi dan peringkat ke-57 pada bidang ilmu alam menurut Times-QS World University Rankings.

5. Tohoku University

Universitas ini adalah salah satu Universitas Imperial di Jepang. Tohoku University didirikan pada 1907. Universitas ini kamu bisa memilih tiga program S1 dan beberapa program S2 dalam bahasa Inggris. Universitas Tohoku totalnya memiliki 10 fakultas dan 15 program pascasarjana.

6. Nagoya University

Ini merupakan salah satu kampus bersejarah di Jepang dan sudah berdiri dari sejak zaman Kekaisaran Meiji. Pada awalnya universitas ini merupakan sekolah kedokteran. Nagoya University cocok buat kamu yang ingin kuliah S1 jurusan Teknik Otomotif, Kimia, dan Ilmu Sosial dengan pengantar bahasa Inggris. Sedangkan kamu ingin mengambil S2 ada jurusan Kedokteran, Fisika, Matematika dan Studi Budaya Jepang dengan pengantar bahasa Inggris. Alumninya yakni peraih nobel hingga penemu Blue-LED yaitu Hiroshi Amano dan Isamu Akasa.

7. Kyushu University

Kampus yang terletak di Fukuoka ini merupakan Tujuh Universitas Nasional di Jepang. Kampus ini menawarkan program jenjang S1 jurusan Teknik, Biomateri dan Biolingkungan dengan pengantar bahasa Inggris. Kampus ini juga menyediakan beasiswa dan layanan serta dukungan bagi mahasiswa internasional.

8. Hokkaido University

Universitas ini memiliki kampus di Sapporo, dan satu kampus di dekat laut di Hakodate. Kampus ini juga memiliki hutan, sawah, dan tempat penelitian sendiri. Hokkaido University cocok buat kamu yang ingin kuliah S1 jurusan Modern Japanese Studies dengan pengantar bahasa Inggris. Kamu juga bisa mengambil S2 dan S3 dengan pengantar bahasa Inggris, terutama jurusan Teknik, Ilmu Hayati dan Pertanian.

9. Keio University

Keio University cocok buat kamu yang mencari kampus dengan banyak pengantar bahasa Inggris. Kampus ini punya 995 mata kuliah yang diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Wajar saja karena universitas tertua di Jepang ini menganut sistem pendidikan barat. Beberapa fakultas di kampus ini menawarkan program S1 dan S2 dalam bahasa Inggris.

10. Waseda University

Ini adalah salah satu universitas swasta terbaik di Jepang. Kamu bisa mendapatkan beasiswa dan layanan dukungan bagi mahasiswa internasional. Enam fakultas di Waseda University menawarkan program-program S1 dan S2 dalam bahasa Inggris.

Itulah daftar kampus terbaik di Jepang yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studi di luar negeri. Sebelum memilih kampus mana yang akan jadi tempat kamu belajar, sebaiknya pikirkan juga soal biaya kuliah dan biaya hidup selama di sana.

Kalau perlu mengirim uang atau melakukan pembayaran ke Jepang, kamu bisa menggunakan jasa remitansi dari Topremit.

Topremit sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia dan terpercaya selama 10 tahun. Pengiriman uang dengan Topremit dijamin aman. Kamu bisa mengirim uang ke 60 negara di dunia, termasuk Jepang dalam waktu 1 hari kerja.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.