Lakukan Ini Agar Tak Perlu Khawatir Sakit Saat Tinggal Sendiri di Luar Negeri

Topremit Aug 31, 2020

Saat tinggal sendiri di luar negeri, pasti repot banget kan kalau tiba-tiba sakit. Yang biasanya di rumah ada orang tua yang siap siaga, sekarang harus siaga sendiri.

Tapi, tak perlu panik atau khawatir. Berikut beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum berangkat ke luar negeri untuk antisipasi apabila kamu sakit.

  1. Bawa obat sebelum berangkat

    Sebelum berangkat dari Indonesia, Kamu bisa menyiapkan obat-obat yang biasa kamu konsumsi kalau sedang kurang fit. Kamu bisa bawa obat dasar seperti paracetamol, obat batuk, masuk angin, balsem, flu dll.

    Jadi, kalau tiba-tiba kamu sakit flu atau masuk angin karena penyesuaian cuaca dan lainnya, kamu tinggal minum obat yang sudah kamu persiapkan.

    Nah, kalau kamu punya pengobatan yang sedang dijalanin, kamu bisa siapkan obat tersebut. Kalau sampai melebihi ketentuan bea cukai kamu bisa bawa surat pengantar dokter juga loh buat keamanan.
  2. Buat rekam jejak medis

    Informasi dasar seperti golongan darah, riwayat alergi, kondisi medis khusus dan lainnya bisa kamu taruh di dompet atau tas yang selalu kamu bawa.

    Buat kamu yang punya rekam jejak medis yang memerlukan perlakuan khusus seperti asma, maag dan lainnya, nggak ada salahnya jika juga disiapkan dalam Bahasa Inggris.

    Kamu juga bisa menyiapkan surat keterangan dokter yang sudah diterjemahkan oleh translator terakreditasi untuk antisipasi agar terhindar dari kesalahan treatment juga ya, Buddies!
  3. Asuransi kesehatan

    Nah, kalau kamu masih khawatir walau sudah menyiapkan dua hal diatas, kamu juga bisa menyiapkan asuransi kesehatan kamu.

    Asuransi kesehatan ini bisa kamu siapkan dari Indonesia memakai agen yang menyediakan layanan internasional atau membeli asuransi ketika sampai di negara tujuan.

    Pengobatan di beberapa negara cukup mahal, salah satunya seperti di Amerika Serikat. Jadi nggak ada salahnya kalau kamu sudah mempersiapkan asuransi kesehatan kamu dari awal. Kamu tinggal memilih opsi mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Nah Buddies, itu dia 3 hal yang bisa kamu siapkan sebelum berangkat ke luar negeri agar tak perlu khawatir jika mengalami sakit. Semoga dapat membantu, ya!