Cara Membuat Visa Untuk Kamu Yang Ingin Pergi ke Luar Negeri

visa Aug 15, 2022

Visa merupakan salah satu dokumen penting yang kamu perlukan untuk bepergian ke luar negeri. Sebab, visa menjadi bukti bahwa kamu mendapat izin untuk masuk dan keluar dari suatu negara.

Ketika kamu tidak memiliki visa, kamu akan dianggap sebagai turis ilegal dan ancaman deportasi akan mengintaimu. Maka dari itu, penting untuk kamu memiliki visa yang sesuai dengan negara tujuan agar risiko tersebut nggak kamu alami selama perjalanan.

Buat kamu yang baru pertama kali pergi ke luar negeri, kamu tentu perlu cari tahu apa saja jenis visa dan juga cara membuat visa bukan? Nah, daripada bingung, yuk langsung simak cara membuat visa dengan mudah dan juga jenis-jenis visa yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Catat baik-baik, ya!

Jenis-Jenis Visa

Jenis visa yang tersedia perlu kamu perhatikan biar kamu nggak salah pilih saat mengajukan visa untuk perjalanan kamu. Masing-masing jenis visa yang tersedia memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Agar nggak salah pilih, yuk simak sederet jenis visa yang berlaku untuk perjalanan luar negeri yang kamu butuhkan:

  1. Visa Turis: digunakan untuk pergi ke luar negeri dengan tujuan untuk keperluan liburan saja.
  2. Visa Kerja: digunakan untuk kamu yang pergi ke luar negeri untuk kebutuhan kerja. Dengan visa ini kamu bisa tinggal di luar negeri untuk sementara waktu selama kontrak kerja berlaku.
  3. Visa Pelajar: digunakan untuk kamu yang akan melanjutkan pendidikan di luar negeri dan tinggal sementara waktu untuk kebutuhan pendidikan.
  4. Visa Diplomatik: digunakan untuk keperluan menjalankan tugas diplomatik ke negara lain sebagai perwakilan dari negara Republik Indonesia.
  5. Visa Transit: digunakan untuk singgah ke suatu negara saat dalam perjalanan ke negara lain. Visa ini perlu digunakan saat kamu perlu melakukan transit di suatu negara dalam waktu lebih dari 24 jam.

Setelah tahu apa saja jenis visa yang berlaku dan bisa digunakan sesuai dengan tujuan perjalanan, sekarang saatnya kamu simak cara membuat visa berikut ini.

Langkah - Langkah Membuat Visa

  1. Mendaftarkan diri di kedutaan atau visa center negara tujuan kamu
  2. Siapkan dokumen yang diperlukan seperti Paspor, KTP, formulir permohonan, foto dan bukti pembayaran visa, surat keterangan sponsor, surat keterangan kerja atau belajar, dokumen keuangan berupa slip gaji atau rekening koran maupun tabungan, jadwal perjalanan dan tiket pesawat, dan surat keterangan kesehatan.
  3. Setelah dokumen dan semua persyaratan siap, lakukan proses verifikasi dokumen dan wawancara sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  4. Saat semua langkah sudah selesai kamu lakukan, tunggu beberapa hari hingga visa selesai diproses. Nantinya, pemberitahuan visa yang sudah jadi akan dikirimkan melalui kontak yang kamu berikan.

Itu dia cara membuat visa yang bisa kamu jadikan sebagai panduan sebelum bepergian ke luar negeri.

Jika kamu tak punya waktu yang cukup untuk membuat visa secara langsung, kamu bisa membuat visa secara online yang lebih mudah dan praktis. Kamu cukup mengakses website resmi kedubes negara tujuan kamu untuk mengetahui info seputar visa dan mengunduh dokumen yang dibutuhkan. Selanjutnya, isi data diri dan tentukan jadwal untuk verifikasi serta jadwal wawancara.

Dalam proses pembuatan visa ini tentunya kamu membutuhkan sejumlah biaya sesuai dengan ketentuan. Biaya pembuatan visa rupanya berbeda-beda, tergantung dengan jenis visa yang kamu butuhkan. Biasanya biaya pembuatan visa berkisar dari Rp 100 ribu hingga Rp 700 ribu atau lebih.

Nah, kamu ada keperluan transfer uang ke luar negeri?. Kamu bisa mempercayakan Topremit untuk pengiriman uang yang aman dan cepat. Dengan waktu mulai dari 5 menit, uang yang kamu transfer ke rekening tujuan di luar negeri bisa langsung sampai lho.

Jangan khawatir, Topremit juga diawasi oleh Bank Indonesia sehingga keamanan transaksi terjamin. Selalu percayakan Topremit untuk pengiriman hingga ke lebih dari 60 negara secara mudah dan praktis, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.