Mau Investasi atau Nabung Saat Krisis Ekonomi? Ini Dia Triknya!

investasi Oct 09, 2020

Tak sangka ya, ternyata virus Corona yang pertama kali ditemukan di China pada Desember 2019 sudah menginfeksi 188 negara sehingga banyak kegiatan atau usaha harus dihentikan karena peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Yang biasanya selalu nonton di bioskop pas weekend, sekarang cuma bisa Netflix-an di rumah. Yang biasanya bisa travelling, sekarang masih bisa travelling kok (iya, travelling ke dapur - kamar - dapur - kamar - repeat hehehehe canda).

Virus ini pun bukan hanya memakan banyak korban jiwa, tetapi juga merusak perekonomian dunia. Tahu nggak sih kalau puluhan negara sudah mendeklarasikan resesi ekonomi akibat pandemi ini?

Nah, di saat krisis seperti ini, sudah saatnya kamu menyisihkan sebagian uang kamu untuk tabungan modal nikah, tabungan masa tua, atau bahkan untuk investasi. Selagi kamu nggak perlu keluarin expense buat liburan, nonton, atau makan di luar yang biasanya butuh dana yang cukup besar, kamu bisa nabung atau investasi dulu. Lumayan kan untuk nambahin aset?

Mungkin kamu bingung, kira2 gimana sih cara investasi atau menabung di saat krisis ekonomi seperti ini? Dikutip dari berbagai sumber, ternyata masih ada beberapa alternatif yang bisa kamu cobain lho! Yuk simak poin2 berikut ini.

1. Emas

Tahu nggak sih kalau komoditas emas selalu jadi pelarian para investor setiap ada krisis atau bencana alam. Apalagi di saat krisis ekonomi, harga emas di dunia selalu melambung. Bahkan pas 28 Juli 2020, harga emas di Indonesia sempat menyentuh angkat di atas IDR 1,000,000 per gram lho!

Tapi, nggak ada kata terlambat kok kalau kamu mau investasi emas. Sekarang sudah banyak platform yang menyediakan investasi emas dengan konsep cicil. Jadi nggak usah khawatir, karena kamu bisa banget menyisihkan uangmu sedikit demi sedikit untuk nabung emas. Eittsss, jangan lupa untuk terus pantau pergerakan harga emas setiap hari ya. Karena harga emas terus berubah setiap menit. Ketika harga emas lagi turun, itu waktu yang pas untuk kamu beli emas. Sebaliknya, ketika harganya lagi naik, itu waktunya kamu jual emas kamu biar bisa dapat profit.

2. Saham atau Reksa Dana

Sekarang, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih belum pulih sejak anjlok awal Maret lalu. Sepanjang tahun berjalan, IHSG sudah terkoreksi 21.28 persen. Jadi, kamu masih bisa mendapatkan keuntungan dari jual beli saham. Apalagi kalau kamu pilih perusahaan yang tepat seperti perusahaan yang ada di dalam indeks LQ45, kamu bisa dapat long term profit lho! Oh ya, indeks LQ45 itu 45 perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di bursa saham. Jadi dengan indeks ini, kamu bisa lebih mudah memilih perusahaan untuk investasi sahammu.

Eittsss, tapi kamu jangan lupa untuk pelajari risiko investasi saham atau reksa dana ya. Karena nggak semua investasi bisa langsung memberikan return yang besar. Prinsip investasinya dikenal sebagai “high risk, high return”. Jadi semakin besar risiko yang kamu ambil, kemungkinan untuk mendapatkan return yang tinggi juga semakin besar. Kamu juga boleh riset lebih lanjut mengenai prinsip2 investasi biar kamu lebih pandai mengambil keputusan dalam jual beli saham, ya.

3. Tabungan Bank

Mungkin kamu lagi mempertanyakan “Lho kok nabung di bank? Bukannya bunga yang didapatkan itu kecil banget?” Jangan salah nih Buddies! Memang tabungan di bank tidak menawarkan return yang menggiurkan, tapi dalam kondisi ekonomi yang penuh ketidakpastian ini, kamu bakal perlu fresh money atau uang yang mudah dicairkan.

Nggak ada salahnya kok kalau kamu menabung uang di bank. Jangan gunakan semua uangmu untuk investasi emas, saham, atau reksa dana. Karena kalau kamu mendadak butuh uang, proses pencairan uang dalam investasi emas, saham, atau reksa dana bakal agak memakan waktu. Sedangkan kalau kamu tabung uangmu di bank, kamu bisa tarik uangnya kapanpun kamu mau.

Nah, segitu dulu tips untuk investasi atau nabung di tengah krisis ekonomi. Yuk mulai investasi atau nabung biar aset kamu bisa meningkat! Jangan lupa untuk share artikel ini ya biar teman2 kamu bisa ikutan ^.^