Mau Kuliah di Kanada? Simak Tips Berikut!

kanada May 27, 2024

Kanada menjadi salah satu negara tujuan favorit untuk menempuh pendidikan bagi para pelajar di seluruh dunia. Sama seperti Amerika Serikat, Kanada juga memiliki universitas ternama yang menduduki 100 peringkat teratas dunia berdasarkan QS World Ranking 2024.

Beberapa universitas terkenal Kanada dengan kualitas terbaik antara lain University of Toronto, McGill University dan University of British Columbia. Selain karena kualitas pendidikannya, Kanada dikenal karena keindahan alamnya beserta tata kota yang bersih dan teratur. Layanan kesehatan yang baik dan sistem transportasi yang lengkap menjadikan Kanada sebagai negara yang nyaman untuk melanjutkan pendidikan bagi para pelajar internasional.

Nah, sebelum berkuliah di Kanada, yuk simak beberapa hal penting yang perlu kamu siapkan berikut ini!

1. Tentukan Program Studi dan Universitas Sesuai Minat dan Keinginan

Kamu perlu menentukan program studi yang ingin kamu ambil dengan matang. Universitas di Kanada menawarkan berbagai program studi yang dapat dipilih, dengan bidang terpopuler meliputi kedokteran, teknik, bisnis dan manajemen, dan ilmu komunikasi. Pemerintah Kanada mengizinkan lulusan universitas di Kanada untuk lanjut bekerja sebagai pekerja resmi di sana. Namun, perlu kamu ingat bahwa privilege ini tidak diberikan oleh pemerintah kepada semua universitas. Apabila selepas lulus kamu ingin lanjut bekerja di Kanada, maka kamu perlu memilih universitas yang bekerja sama dengan pemerintah dan memberikan visa pekerja pada alumni internasionalnya.

Perihal pemilihan program studi, kamu tidak perlu khawatir karena sebagian besar program diajarkan dalam Bahasa Inggris. Bahasa Inggris juga dinobatkan menjadi salah satu bahasa nasional Kanada, disamping bahasa Prancis, sehingga kamu bisa berbicara dengan warga lokal maupun civitas akademika kampus dengan mudah selama kamu menguasai bahasa Inggris.

Berikut beberapa syarat umum yang perlu kamu persiapkan sebelum mendaftar kuliah di Kanada:

  • Ijazah terakhir meliputi ijazah SMA/S-1 tergantung dari jenjang pendidikan yang akan kamu tempuh.
  • Hasil tes profisiensi Bahasa Inggris, seperti TOEFL atau IELTS. Umumnya, skor minimal TOEFL IBT 80, dan IELTS 6,5. Namun, ketentuan ini dapat berbeda setiap universitas atau program studinya, jadi pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu ya!
  • Identitas diri seperti akta kelahiran dan paspor serta persiapkan juga beberapa pas foto.
  • Bukti kesiapan finansial untuk studi dan tinggal, seperti:
  1. Bukti rekening bank atas nama pribadi.
  2. Laporan transaksi selama 4 bulan terakhir.
  3. Bukti pembayaran kuliah dan akomodasi.
  4. Surat dari orang atau institusi yang menyediakan biaya kuliah.
  5. Bukti dana yang dibayarkan dari Kanada (bila kamu mengikuti program pendidikan yang didanai Kanada atau beasiswa).

2. Pahami Alur Pengajuan Visa

Agar kamu bisa menempuh pendidikan di Kanada, kamu memerlukan visa pelajar yang disesuaikan dengan masa tempuh pendidikan. Agar Visa kamu dapat diproses, biasanya pihak imigrasi juga memerlukan Letter of Acceptance dari program studi Universitas terkait yang menyatakan bahwa kamu sudah resmi diterima sebagai pelajar internasional di Kanada. Melalui surat ini, kamu akan mendapatkan informasi biaya pendidikan dan jadwal awal semester dari program studi kamu.

Harap perhatikan bahwa proses pengajuan visa umumnya memakan waktu yang cukup lama sehingga calon mahasiswa baru perlu memperkirakan jangka waktu yang tepat untuk mengajukan berkas-berkas penting sebelum semester baru dimulai.

3. Cari Beasiswa Apabila Memungkinkan

Pada tahun 2024 ini, biaya kuliah di Kanada mengalami kenaikan khususnya bagi pelajar internasional. Pada jenjang S-1, terjadi kenaikan biaya sekitar 4,9%, menjadikan biaya pendidikan S-1 di Kanada per tahunnya menyentuh CAD33.623 per tahun, atau sekitar 383 juta Rupiah. Sedangkan, biaya kuliah untuk S-2 adalah sebesar CAD20.120 per tahun, atau sekitar 229 juta Rupiah, meningkat 3,6% dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk menunjang segala kebutuhan kamu selama berkuliah, kamu memiliki opsi untuk mencari beasiswa yang disediakan, baik oleh pemerintah Indonesia ataupun pemerintah Kanada dan lembaga/institusi swasta. Beasiswa paling bergengsi meliputi Beasiswa Indonesia Maju untuk jenjang S-1 dari Kemendikbud, dan Beasiswa LPDP untuk jenjang S-2 dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan pemerintah Indonesia.

Selain itu, pemerintah Kanada juga menyediakan Canada-ASEAN Scholarship and Educational Exchanges for Development yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari negara ASEAN untuk menempuh pendidikan jangka pendek ataupun riset di Kanada. Beasiswa ini bertujuan untuk mewujudkan agenda 2030 Agenda for Sustainable Development.

Nah, itu dia tips untuk kamu yang ingin berkuliah di Kanada. Untuk membantu kamu membayar biaya pendaftaran dan lainnya, kamu bisa banget pakai Topremit biar transfer ke luar negeri kamu lebih mudah, murah dan cepat. Hanya dengan minimal IDR 75,000 saja, uang kamu bisa diterima maksimal satu hari kerja! Yuk coba Topremit untuk nikmati berbagai kemudahannya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.