Mengenal Apa itu Ivy League University, Kampus Terbaik di dunia

kuliahkeluarnegeri Nov 1, 2021

Kuliah di kampus bergengsi merupakan impian setiap orang yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi kamu yang bercita-cita kuliah di luar negeri, pasti tidak asing lagi dengan istilah Ivy League. Ini merupakan sebutan untuk 8 kampus bergengsi di Amerika Serikat, yang juga merupakan kampus terbaik di dunia.

Ivy League awalnya adalah sebuah Konferensi Atletik dari delapan lembaga swasta selektif di wilayah Timur Laut Amerika Serikat. Tidak heran, kampus-kampus yang tergabung di dalamnya memiliki kompetitif yang tinggi di bidang olahraga. Namun seiring berjalannya waktu, pemaknaan Ivy League berubah dan kini merujuk ke universitas bergengsi.

Tidak hanya bidang atletiknya saja, namun beberapa jurusan dari kampus Ivy League juga banyak difavoritkan orang-orang, seperti hukum, teknik elektro, hingga bisnis. Jika kamu ingin menjadi mahasiswa di salah satu kampus Ivy League, kamu tidak hanya harus menyiapkan kemampuan akademik, tapi juga non-akademik.

Dan yang terpenting adalah biaya hidup serta biaya kuliah yang perlu disiapkan. Sebagai kampus bergengsi, kedelapan kampus ini dikenal dengan biaya kuliahnya yang mahal. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa memanfaatkan banyak beasiswa yang tersedia.

Pastikan kamu mencari beasiswa yang juga menanggung biaya hidup, agar membantu meringankan modal yang perlu disiapkan. Biaya hidup ini harus kamu siapkan dengan matang agar tidak kehabisan uang di sana. Tapi, jangan khawatir karena kamu bisa transfer uang antar negara melalui Topremit dengan cepat dan mudah.

Selain biaya, kuota penerimaan yang terbatas juga  membuat kampus-kampus ini semakin sulit untuk digapai. Misalnya saja di Dartmouth College yang hanya menerima sekitar 4.100 mahasiswa S1, sedangkan Cornell University menampung 13.700 saja. Angka tersebut terbilang kecil untuk ukuran universitas swasta di Amerika Serikat.

Agar kamu dapat mengenal kampus-kampus Ivy League lebih dekat, berikut daftar kampus yang tergabung dalam Ivy League.

8 Kampus Terbaik yang Tergabung Dalam Ivy League University

1. Harvard University

Siapa yang tidak tahu Harvard? Kampus yang terletak di Cambridge, Massachusetts ini adalah kampus favorit setiap orang yang ingin mengemban ilmu di luar negeri. Jurusan yang paling terkenal di Harvard University adalah hukum dan humaniora, yang didasarkan pada moto Veritas (truth). Kampus juga memiliki tim olahraga terlatih yang dikenal dengan The Crimson. Selain itu, Harvard University juga dikenal sebagai kampus tertua, yang didirikan pada 1636.

2. Columbia University

Columbia University terkenal dengan seni pertunjukannya. Kampus yang didirikan pada tahun 1754 oleh Raja George II ini terletak di New York. Selain seni, jurnalisme juga disebut sebagai jurusan terbaik di Columbia University.

3. Yale University

Yale University adalah universitas riset swasta yang juga merupakan anggota dari Ivy League. Kampus ini terletak di New Haven, Connecticut, dan didirikan oleh kaum Puritan Inggris pada tahun 1701. Jurusan hukum di kampus ini termasuk salah satu yang paling banyak dipilih oleh para pendaftar.

4. Cornell University

Berdiri pada tahun 1865, Cornell University adalah satu-satunya kampus Ivy League yang berstatus semi swasta. Bisa dibilang, Cornell University adalah yang paling muda di antara kampus Ivy League lainnya, karena didirikan setelah era kolonial Amerika. Terletak di Ithaca, New York, Cornell University memiliki tim olahraga terkenal, yaitu Big Red.

5. Brown University

Sebelum disebut Brown University, kampus yang didirikan pada tahun 1764 ini bernama Rhode Island College. Kampus ini terletak di Providence, Rhode Island dan dikenal dengan tim olahraga Bears yang mengedepankan moto “Deo Speramus (God We Hope)."

6. Dartmouth College

Dartmouth terletak di Hanover, New Hampshire yang didirikan pada tahun 1769. Kampus ini memiliki tim atletik yang terkenal, yakni The Big Green. Moto Dartmouth University adalah “Voice the wilderness.”

7. University of Pennsylvania

University of Pennsylvania didirikan tahun 1740 oleh Benjamin Franklin, yang menganjurkan program pendidikan untuk melatih para pemimpin dalam perdagangan, pemerintahan, dan pelayanan publik, mirip dengan kurikulum seni liberal modern dengan perspektif praktis. Kampus memiliki program atletik yang disebut Quaker.

8. Princeton University

Yang terakhir adalah Priceton University yang terletak di New Jersey dan didirikan pada tahun 1746. Kampus ini terkenal karena merupakan almamater dari dua presiden Amerika Serikat, yaitu James Madison dan Woodrow Wilson. Sementara tim olahraganya disebut Princeton Tigers.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.