Jangan Salah Kaprah! Ketahui Perbedaan Antara Deposito dengan Tabungan

deposito Mar 5, 2023

Menyusun perencanaan keuangan secara matang menjadi hal yang perlu kamu perhatikan untuk menyiapkan masa depan finansial yang lebih baik. Caranya, tentu bisa disesuaikan dengan preferensi atau kebutuhan masing-masing.

Sejumlah kalangan masyarakat menggunakan layanan perbankan berupa tabungan dan deposito untuk menyimpan uangnya di bank sebagai persiapan kebutuhan finansial di masa depan. Meski sekilas terdengar sama sebagai opsi untuk menabung, deposito dan tabungan adalah dua hal yang berbeda. Buat kamu yang masih bingung apa perbedaan deposito dan tabungan, yuk simak ulasan lengkapnya sebagai berikut!

Perbedaan Deposito dan Tabungan, Serta Keunggulannya

1. Proses Pencairan

Deposito dan tabungan yang disimpan di bank memiliki waktu pencairan yang berbeda. Tabungan lebih fleksibel karena bisa kamu ambil kapanpun kamu butuhkan melalui ATM maupun lewat mobile banking.

Berbeda dengan tabungan, deposito hanya dapat diambil dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan temponya. Masa jatuh tempo deposito sendiri sangat beragam, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai 24 bulan atau bahkan lebih lama lagi.

Kalau kamu mengambil deposito di luar waktu yang telah ditentukan, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan. Selain harus mengambil dalam jangka waktu tertentu, kamu juga harus melakukan pengambilan dana di bank yang sama dengan bank tempat menyimpan deposito.

2. Setoran minimal

Setoran minimal yang dibutuhkan untuk deposito dan tabungan sangat beragam. Umumnya, minimal setoran untuk membuka tabungan cukup kecil yaitu berkisar dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Berbanding terbalik dengan deposito, umumnya kebijakan minimal setoran deposito jauh lebih besar, berkisar dari Rp 8.000.000 sampai Rp 10.000.000 untuk setoran pertama.

3. Bunga

Tingkat bunga yang diterapkan untuk tabungan dan deposito sangat jauh berbeda. Umumnya, bunga deposito ditawarkan dengan tingkat yang lebih tinggi. Maka dari itu, kamu perlu mempertimbangkan antara deposito atau tabungan yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu.

Perbedaan tingkat bunga yang ditawarkan tabungan dan deposito membuat penggunaannya berbeda. Kamu bisa memanfaatkan akun deposito untuk investasi jangka panjang. Sedangkan tabungan lebih cocok digunakan untuk menyimpan uang sementara waktu saja.

4. Pencatatan

Dana tabungan dan deposito pada bank dicatat di tempat yang berbeda. Perbedaan pencatatan ini dikarenakan perbedaan sifat tabungan yang cenderung hanya menyimpan uang sementara, sedangkan deposito lebih cenderung digunakan untuk penyimpanan jangka panjang.

Untuk itu, setelah membuka akun tabungan, kamu akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM yang disertai nomor rekening.

Buat kamu yang baru membuka deposito, nantinya kamu akan diberikan bilyet deposito sebagai bukti bahwa kamu memiliki dana yang didepositokan. Kamu juga hanya dapat mengambil dana deposito di bank tempat kamu menyerahkan dana deposito, sedangkan pengambilan tabungan dapat kamu lakukan di berbagai ATM yang tersedia di sekitar tempat tinggal kamu.

5. Jangka Waktu Perencanaan Keuangan

Dari perbedaan yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa tahu kalau deposito dan tabungan memiliki fungsi perencanaan keuangan dengan jangka waktu yang berbeda. Tabungan umumnya digunakan untuk perencanaan keuangan dalam jangka waktu pendek, karena dapat diambil sewaktu-waktu dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan deposito lebih banyak digunakan untuk perencanaan keuangan jangka panjang.

Pemaparan mengenai perbedaan deposito dan tabungan ini bisa kamu jadikan sebagai informasi untuk dapat memilih layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Nah, buat kamu yang membutuhkan layanan pengiriman uang keluar negeri yang mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan Topremit sebagai solusinya. Dengan Topremit, kamu bisa mengirim uang ke rekening luar negeri dengan aman hingga ke 60 negara di dunia dalam waktu mulai dari 5 menit saja. Tunggu apa lagi? Selalu gunakan Topremit untuk transfer uang dengan mudah dan aman, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.