Negara Yang Memiliki Jumlah Pekerja Migran Indonesia Terbanyak

Kerja Di Luar Negeri Mar 11, 2023

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk yang cukup besar yakni dengan total penduduk sebanyak 275 juta jiwa menurut data Badan Pusat Statistik pada November 2022 dan menempati peringkat keempat di daftar negara dengan populasi terbanyak di dunia. Hal ini membuat Indonesia disebut sebagai negara dengan jumlah sumber daya manusia yang banyak. Tak jarang pula banyak pekerja migran Indonesia yang mencari peruntungan di luar negeri untuk mendapatkan penghasilan yang bisa berkali-kali lipat lebih besar daripada rata-rata gaji UMR.

Untungnya, ada banyak negara yang bersedia untuk menampung pekerja migran Indonesia dalam jumlah banyak lho. Negara mana saja itu? Daripada penasaran, langsung saja simak daftar negara dengan pekerja migran Indonesia terbanyak dalam ulasan berikut.

Daftar Negara Dengan Pekerja Migran Indonesia Terbanyak

1. Hongkong

Hongkong selalu menjadi negara dengan pekerja migran Indonesia terbanyak di dunia dari tahun ke tahun. Data jumlah pekerja migran Indonesia di Hongkong pada tahun 2021 bahkan mencapai angka 52.278. Mayoritas pekerja migran Indonesia di Hong Kong berprofesi sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT).

2. Taiwan

Selain Hongkong, Taiwan termasuk ke dalam salah satu negara dengan jumlah pekerja migran Indonesia terbanyak. Namun, di Taiwan jenis profesi yang digeluti lebih beragam dibanding Hongkong. Di negara ini, kamu bisa menemukan pekerja migran Indonesia yang berprofesi sebagai juru masak, pengasuh lanjut usia (lansia), supir keluarga, hingga tenaga kerja industri.

3. Italia

Negara yang terletak di benua Eropa ini juga memiliki jumlah pekerja migran Indonesia yang cukup banyak. Pada tahun 2021, jumlah pekerja migran Indonesia yang terdata di Italia berjumlah 3.225 jiwa. Di Italia sendiri, lapangan pekerjaan yang menyerap jumlah SDM cukup tinggi bergerak di bidang konstruksi, pertanian, perkebunan, dan manufaktur.

4. Singapura

Negara tetangga terdekat Indonesia ini juga termasuk ke dalam daftar negara dengan jumlah pekerja migran yang banyak. Mayoritas pekerja migran Indonesia berprofesi sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) yang bertanggung jawab atas kebersihan rumah majikannya serta menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah disepakati di awal kontrak.

5. Arab Saudi

Berbeda dengan negara-negara lainnya, Arab Saudi menjadi negara dengan pekerja migran indonesia profesional yang bekerja di bidang kesehatan. Mayoritas pekerja migran Indonesia berprofesi sebagai perawat profesional di berbagai lembaga kesehatan yang tersedia di Arab Saudi.

6. Malaysia

Meski sempat mengalami penurunan jumlah pekerja migran Indonesia, Malaysia tetap menjadi salah satu negara yang menampung pekerja migran dalam jumlah yang cukup besar. Profesi yang dijalankan pekerja migran Indonesia umumnya berfokus pada sektor informal seperti domestic worker, caregiver, general worker, plantation worker, dan operator.

Itu dia sederet negara yang memiliki jumlah pekerja migran Indonesia terbanyak di dunia. Untuk kamu yang punya saudara sebagai pekerja imigran, kamu bisa lho transfer uang ke beberapa negara di atas dengan layanan remitansi Topremit.

Dengan waktu mulai dari 5 menit saja, uang yang kamu transfer ke rekening luar negeri bisa langsung sampai. Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang hingga ke lebih dari 60 negara di dunia dengan aman dan praktis ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.