Negara - Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

sistem pendidikan Jan 27, 2023

Sistem pendidikan suatu negara merupakan hal penting dan berpengaruh sangat besar terhadap kemajuan negara tersebut. Sebab, sistem pendidikan merupakan fondasi yang akan mencetak generasi penerus bangsa. Tak heran jika di berbagai negara, sistem pendidikan betul-betul diperhatikan sampai-sampai dipandang sebagai negara dengan pendidikan terbaik.

Sudah tahukah kamu mana saja negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia? Kalau belum, yuk langsung simak penjelasannya.

Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

1. Inggris

Inggris dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Nggak heran kalau negara ini menjadi tempat asalnya banyak universitas berkelas dan terkenal. Kamu bisa menemukan berbagai lembaga pendidikan terbaik di Inggris, mulai dari Oxford hingga Cambridge. Tak hanya itu, mereka juga memberlakukan wajib belajar dari usia 5 hingga 16 tahun dengan 4 tahapan kurikulum yang sudah disusun secara khusus.

2. Finlandia

Finlandia juga menjadi salah satu negara yang masuk ke dalam daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Dengan jam sekolah yang tidak lama dan penerapan proses belajar mengajar yang relatif santai tanpa tekanan, membuat pelajar dapat menyerap ilmu yang diajarkan di sekolah secara maksimal. Nggak cuma itu, lembaga pendidikan di Finlandia juga memiliki tenaga kerja berkualitas yang memiliki kemampuan terbaik di bidangnya.

3. Amerika Serikat

Sistem pendidikan yang diterapkan di Amerika Serikat membuat negara ini menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Di negara ini, sistem pendidikan publik sebagian besar didanai melalui pajak properti federal dan negara bagian. Hal ini membuktikan bahwa Amerika Serikat mengedepankan kualitas pendidikan sehingga semua masyarakatnya dipastikan memperoleh pendidikan yang berkualitas.

4. Korea Selatan

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang dikenal dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Model pendidikan yang diterapkan Korea Selatan memberlakukan waktu belajar selama tujuh hari kerja. Dengan sistem pendidikan ini, tingkat melek huruf di Korea Selatan terus meningkat bahkan menyentuh angka 97,9%.

5. Jepang

Di Jepang, kebijakan waktu belajar untuk tingkat pendidikan sekolah dasar selama enam tahun, tiga tahun untuk pendidikan SMP, dan tiga tahun untuk jenjang pendidikan SMA. Meski memiliki waktu belajar yang relatif sama dengan Indonesia, Jepang tetap mengungguli kualitas pendidikan dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia. Dengan minat belajar warga Jepang yang tinggi membuat hampir 98% penduduknya menyelesaikan pendidikannya hingga tamat jenjang pendidikan menengah atas.

Itu dia sederet negara dengan pendidikan terbaik di dunia yang menerapkan sistem pendidikan yang mendukung masyarakatnya mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Buat kamu yang tertarik menimba ilmu di negara-negara tersebut dan masih mengkhawatirkan soal biaya hidup selama kuliah, kamu bisa mengandalkan Topremit sebagai solusinya. Dengan Topremit, keluarga di Indonesia bisa tetap mengirimkan uang di negara tempat kamu berkuliah. Cukup dengan waktu mulai dari 5 menit saja, uang yang ditransfer bisa langsung sampai ke rekening tujuan di luar negeri.

Tunggu apa lagi, selalu gunakan Topremit untuk transfer uang dengan mudah dan aman ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.