Berikut Negara-Negara dengan Mahasiswa Indonesia Terbanyak

Kuliah di luar negeri Jan 6, 2022

Ada pepatah bilang, tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Pepatah tersebut mengajarkan untuk menuntut ilmu meski didapat di daerah yang jauh dari tempat tinggal. Maka, tak heran kalau banyak orang-orang yang pergi ke luar negeri hanya untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas serta ilmu yang tinggi.

Kuliah di luar negeri memang bukan lagi jadi hal asing saat ini. Banyak pelajar dari Indonesia yang memilih kuliah di mancanegara demi mendapatkan jurusan yang diimpikan, pengalaman kuliah yang tak terlupakan, serta tentunya kualitas pendidikan yang lebih baik. Dari sekian banyaknya negara di dunia, ada beberapa yang jadi tujuan banyak pelajar Indonesia. Apa saja?

Negara-Negara dengan Mahasiswa Indonesia Terbanyak

1. Inggris

Negara ratu Elizabeth ini memiliki banyak universitas bergengsi, tak hanya dari sisi sejarahnya, namun juga kualitas pendidikannya. Maka tak heran kampus di negara ini banyak melahirkan ilmuwan dan tokoh penting di dunia. Kamu mungkin pernah dengar University of Oxford, University of Cambridge, atau Imperial College London? Semua kampus bergengsi tersebut ada di Inggris.

2. Amerika Serikat

Negara adidaya dengan kampus bergengsi seperti Yale, Stanford, dan Harvard ini jadi tujuan kuliah bagi pelajar Indonesia. Banyak mahasiswa Indonesia yang kuliah di Amerika Serikat karena ingin mendapatkan pendidikan berkualitas. Mereka pun banyak yang berharap setelah lulus bisa bekerja di sana.

3. Jerman

Jerman jadi tujuan pendidikan bagi pelajar Indonesia yang ingin menjadi teknokrat, ilmuwan, ataupun menjadi insinyur. Bahkan, mantan presiden RI B.J Habibie pun kuliah di Jerman, tepatnya di RWTH Aachen University atau Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule. Kamu yang ingin kuliah di negara ini sebaiknya pelajari dahulu bahasa Jerman.

4. Australia

Australia masih bertetangga dengan Indonesia. Maka tak heran negara ini jadi tujuan wisata serta pendidikan. Adapun kampus favorit di negara ini antara lain University of Queensland, University of Sydney, dan University of Melbourne yang masuk dalam daftar universitas top dunia.

5. Malaysia

Sama seperti Australia, kedekatannya dengan Indonesia jadi salah satu alasan Malaysia jadi tujuan pendidikan pelajar tanah air. Biasanya, mahasiswa yang kuliah di sini ingin merasakan pulang-pergi setiap kali liburan. Di samping itu, nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah tidak jauh berbeda dibandingkan dengan dolar AS, poundsterling Inggris, dan euro.

6. Singapura

Meski jadi negara kecil, pendidikan di Singapura tergolong maju. Kampus yang sudah terkenal ke luar negeri adalah Nanyang Technology University dan National University of Singapore. Tak heran negara yang bertetangga dengan Batam ini jadi destinasi pendidikan bagi pelajar Indonesia.

7. Jepang

Untuk kuliah jurusan teknologi atau sains, tak perlu jauh menyeberang hingga Amerika. Di Jepang, kualitas pendidikannya sudah sangat maju. Tak heran banyak produsen mobil dan alat elektronik yang berasal dari negara ini. Kampus yang terkenal di Jepang antara lain Osaka University, Kyoto University, dan University of Tokyo.

8. Kanada

Negara yang berada di Amerika Utara ini terkenal akan keramahan warga dan latar belakangnya yang multietnis. Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa dari Indonesia yang memilih untuk berkuliah di sana. Selain itu, mahasiswa yang sudah lulus diberi kesempatan untuk bekerja di sana selama setahun.

9. Taiwan

Meski jarang terdengar, faktanya Taiwan jadi salah satu negara dengan tujuan pendidikan yang banyak diminati. Salah satunya karena negara ini memiliki skema beasiswa khusus untuk para mahasiswa/pelajar asing. Di samping itu, biaya hidup di sana juga relatif lebih murah dibandingkan di Jepang, atau negara Eropa dan Amerika.

10. Prancis

Terakhir, ada Prancis yang juga jadi target para pelajar untuk berkuliah. Salah satu alasannya biasanya karenai tertarik dengan bahasanya, budayanya, atau memang mengejar jurusan tertentu. Kampus yang terkenal di negara ini adalah École Normale Supérieure, École Polytechnique, dan Sorbonne University.

Itulah dia daftar negara dengan mahasiswa Indonesia terbanyak. Kalau kamu memiliki rencana kuliah di luar negeri, tak perlu khawatir soal transfer uangnya. Kini sudah ada Topremit yang siap mengirim uang ke lebih dari 60 negara di dunia. Kirim uang dengan Topremit cepat dan aman karena sudah mendapat izin dari Bank Indonesia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.