Negara - Negara Dengan Work Life Balance Terbaik, Tertarik Kerja Disini?

Work life balance Jan 13, 2023

Menyeimbangkan waktu antara bekerja dan beraktivitas di luar kepentingan pekerjaan menjadi hal penting yang perlu kamu perhatikan. Dengan menjaga keseimbangan kehidupan kerja atau yang sekarang sedang marak dikenal sebagai work life balance, kamu bisa lebih rileks bahkan meminimalisir risiko stres akibat terlalu lelah bekerja.

Ketika work life balance tercapai, kamu juga akan menjadi lebih bahagia dan mampu bekerja dengan lebih produktif. Nah, di dunia ini terdapat sederet negara dengan work life balance terbaik lho. Negara apa sajakah itu? Yuk langsung simak!

Negara Yang Punya Work Life Balance Terbaik

1. Switzerland

Switzerland merupakan salah satu negara dengan work life balance terbaik di dunia. Negara yang juga menyandang gelar sebagai negara terbahagia di dunia ini memiliki jam kerja rata-rata 41 jam dan waktu lembur maksimal 50 jam setiap minggunya. Di negara ini, setiap karyawan umumnya mendapatkan jatah cuti selama 20 hari untuk cuti tahunan. Khusus bagi pekerja berusia di bawah 20 tahun, berhak mendapatkan cuti sebanyak 25 hari.

2. Swedia

Budaya kerja yang diterapkan di Swedia membuat negara ini dinobatkan sebagai salah satu negara dengan work life balance terbaik di dunia. Dengan budaya kerja tepat waktu, mayoritas karyawan tidak akan lembur atau menambah jam kerja mereka setelah jam pulang kerja.

Biasanya pada pukul 5 sore, karyawan serentak meninggalkan kantor dan pulang untuk mengurus keluarga di rumah. Mayoritas pekerja di Swedia bekerja selama 40 jam seminggu dengan waktu kerja maksimal 48 jam per minggu. Tak heran jika Swedia dikenal sebagai negara dengan work life balance terbaik di dunia.

3. Selandia Baru

Selandia Baru disebut sebagai salah satu negara dengan work life balance terbaik. Hal ini karena para karyawan di Selandia Baru mampu memanfaatkan kondisi kerja yang fleksibel. Kondisi kerja fleksibel ini berarti setiap karyawan dapat mengatur waktu kerjanya dengan baik sehingga kegiatan bekerjanya tidak mengganggu aktivitas harian. Tak hanya itu, Selandia Baru bahkan baru-baru ini sudah mulai menerapkan maksimal 4 hari kerja dalam seminggu.

4. Denmark

Kebiasaan yang diterapkan mayoritas karyawan di Denmark membuat negara ini menyandang gelar sebagai negara dengan work life balance terbaik. Umumnya, karyawan di Denmark lebih memprioritaskan waktu mereka untuk mengurus kehidupan pribadi dibandingkan urusan pekerjaan. Adanya kebijakan Danish Flexjobs menjadikan karyawan hanya dibayar oleh pengusaha berdasarkan pekerjaan yang telah diselesaikan, bukan berdasarkan waktu bekerja.

5. Jerman

Jerman juga termasuk ke dalam salah satu daftar negara dengan work life balance terbaik di dunia. Mayoritas pekerja di Jerman menghabiskan hanya 7 jam per harinya untuk urusan pekerjaan dan sisanya digunakan untuk kehidupan pribadi. Tak hanya itu, The 2015 New Reconciliation Memorandum juga menjadi salah satu faktor Jerman memiliki work life balance terbaik di dunia. Dalam memorandum tersebut, berlaku kebijakan pengurangan jam kerja bagi para orang tua yang bekerja purna waktu.

Nah, itu dia sederet negara yang termasuk ke dalam daftar negara dengan work life balance terbaik di dunia. Tidak heran bahwa negara-negara tersebut juga termasuk ke dalam daftar negara yang memiliki penduduk paling bahagia di dunia. Kalau kamu sendiri gimana work life balance nya?

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.