Negara - Negara Yang Memiliki Mata Uang Terendah, Simak Daftar Berikut Ini!

Mata Uang Aug 15, 2022

Mata uang merupakan nilai atau harga alat pembayaran yang digunakan secara resmi sebagai alat tukar. Mata uang dollar Amerika Serikat yang juga dikenal dengan singkatan USD menjadi mata uang yang paling stabil dan kuat di dunia. Tak heran jika USD sering dijadikan sebagai pembanding atas kurs mata uang suatu negara, apakah sedang naik atau turun.

Permintaan dan penawaran terhadap kurs mata uang juga menjadi salah satu faktor yang menguatkan nilai tukarnya. Kalau USD jadi mata uang yang yang paling stabil, mata uang apa yang memiliki nilai terendah?

Untuk mengetahui lebih jauh mana saja negara dengan mata uang terendah, yuk langsung simak ulasannya berikut ini.

Negara Dengan Mata Uang Terlemah

1. Rial Iran (IRR)

Mata uang Rial dari Iran dikenal dengan kode IRR. Rial merupakan mata uang termurah di dunia. Bahkan saat ini, 1 IRR bernilai sama dengan 0,35 rupiah atau 0,000024 USD. Devaluasi mata uang yang terjadi di Iran telah dialami sejak tahun 1979. Hal ini menyebabkan banyaknya bisnis meninggalkan negara tersebut dan mengalami devaluasi hingga 400%.

2. Dong Vietnam (VND)

Dong Vietnam dengan kode mata uang VND juga termasuk ke dalam salah satu mata uang terlemah di dunia. Pasalnya, Vietnam masih termasuk ke dalam salah satu negara dengan ekonomi sulit. Hal ini tentu mengakibatkan mata uang negaranya terdevaluasi besar-besaran. Saat ini kurs mata uang VND setara dengan 0,000043 USD atau 0,64 rupiah.

3. Franc Guinea (GNF)

Saat ini, Franc Guinea atau GNF juga termasuk ke dalam salah satu mata uang terlemah di dunia. Tingkat inflasi yang tinggi membuat angka kemiskinan di negara ini terus meningkat. Hal ini diikuti dengan devaluasi mata uang Guinea yang cukup besar. Bahkan saat ini, 1 GNF setara dengan 1,73 rupiah atau setara dengan 0,00012 USD.

4. Rupiah Indonesia (IDR)

Meski dikatakan sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik di Asia Tenggara, Indonesia rupanya menempati daftar negara dengan mata uang terendah di dunia. Saat ini, kurs mata uang 1 rupiah setara dengan 0,000067 USD.

5. Som Uzbekistan (UZS)

Uzbekistan yang disebut sebagai negara dengan ekonomi terlemah di dunia membuatnya memiliki kurs mata uang terendah. Kurs mata uang 1 UZS saat ini sama dengan 0,000092 USD.

6. Riel Kamboja (KHR)

Mata uang milik Kamboja ini juga disebut sebagai salah satu mata uang terlemah di dunia. Ketidakpopuleran mata uang Riel Kamboja di kalangan masyarakat Kamboja menjadi salah satu penyebab mengapa mata uang ini terus melemah. Bahkan masyarakat Kamboja lebih tertarik menggunakan USD atau mata uang negara lainnya yang lebih kuat untuk transaksi.

7. Leone Sierra Leone (SLL)

Sierra Leone merupakan negara Afrika yang termasuk ke dalam daftar negara miskin di dunia. Kondisi perekonomian yang sangat lemah, membuat mata uang Sierra Leone mengalami devaluasi yang cukup besar. Hal ini juga dipicu dengan adanya perang dan wabah virus Ebola yang merebak sehingga membuat negara ini sulit memajukan perekonomian. Saat ini kurs mata uang SLL berada di angka 0,000076 USD untuk 1 SLL.

Itu dia sederet negara yang memiliki mata uang terendah di dunia yang penting untuk diketahui.

Buat kamu yang butuh transfer uang ke luar negeri ke salah satu negara di atas dengan cepat dan aman, serahkan saja pada Topremit. Dengan Topremit, kamu hanya membutuhkan waktu mulai dari 5 menit saja hingga uang yang kamu transfer sampai ke rekening luar negeri.

Jangan khawatir, Topremit juga telah diawasi langsung oleh Bank Indonesia sehingga keamanan transaksinya terus terjaga. Selalu gunakan Topremit untuk transfer uang dengan aman dan cepat, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.