Dana Darurat? Penjelasan, Fungsi dan Cara Menghitungnya

finance Mar 7, 2023

Dana darurat menjadi salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi adanya hal-hal tak terduga di masa depan. Dengan dana darurat, pengelolaan keuangan akan jauh lebih baik tanpa khawatir kesulitan saat membutuhkan uang tambahan.

Buat kamu yang ingin mengalokasikan pendapatan, khusus untuk dana darurat, yuk langsung simak cara menghitung dana darurat yang ideal. Namun sebelum cari tahu bagaimana cara menghitung dana darurat, cari tahu dulu definisi dana darurat, manfaat serta fungsi dana darurat.

Apa itu Dana Darurat?

Dana darurat atau dikenal dengan istilah emergency fund adalah uang yang dialokasikan dan dipersiapkan secara khusus untuk digunakan jika ada keadaan darurat atau di luar kebutuhan harian. Seperti namanya, dana darurat diperlukan untuk keperluan yang sifatnya mendadak dan mendesak.

Keberadaan dana darurat ini tentunya memiliki manfaat dan fungsi khusus bagi pemiliknya, apa saja ya manfaat dan fungsi dana darurat?

Manfaat dan Fungsi Dana Darurat

Adanya insiden tak terduga di waktu yang akan datang tentu terjadi di luar pengetahuan dan kuasa kamu. Maka dari itu, penting buat kamu untuk menyiapkan dana khusus untuk mengatasi kemungkinan yang dapat terjadi. Dana ini disebut sebagai dana darurat.

Dana darurat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dalam keadaan darurat atau mendesak. Keadaan darurat yang dimaksud di sini dapat berupa kecelakaan atau saat kamu mengalami kondisi tak terduga seperti PHK dan lain sebagainya.

Agar alokasi dana darurat dapat diperhitungkan dengan tepat, kamu perlu menyusun skala prioritas dalam anggaran serta pengelolaan keuangan secara matang. Buat kamu yang ingin mulai membuat anggaran khusus untuk dana darurat, yuk langsung simak cara menghitung dana darurat yang ideal berikut ini.

Cara Menghitung Dana Darurat Yang Ideal

Dalam mengalokasikan dana darurat, kamu perlu menghitung dan menyesuaikannya dengan besarnya pengeluaran wajib bulanan yang kamu butuhkan. Dana darurat yang dibutuhkan setiap orang juga berbeda-beda, tergantung pada kondisi dan jumlah tanggungan setiap keluarga.

Jika kamu lajang dan tidak memiliki tanggungan, jumlah dana darurat yang perlu dikumpulkan adalah sebesar 3 kali pengeluaran. Sedangkan untuk kamu yang sudah memiliki pasangan, baik itu suami atau istri dan belum memiliki keturunan, kamu perlu menganggarkan dana darurat sebesar 6 kali pengeluaran. Nah, buat kamu yang memiliki pasangan dengan tanggungan orang tua atau anak, perhitungan dana darurat yang perlu kamu anggarkan setidaknya sebesar 9 kali pengeluaran.

Itu dia pemaparan ringkas mengenai dana darurat lengkap dengan cara menghitungnya yang penting untuk kamu ketahui.

Buat kamu yang ingin mempersiapkan dana darurat untuk orang tua atau saudara yang tinggal di luar negeri, kamu bisa mengandalkan Topremit sebagai solusi pengiriman uang tersebut. Dengan Topremit, kamu bisa mengirimkan uang dengan mudah dan aman hingga ke 60 negara di dunia. Kamu juga hanya perlu waktu mulai dari 5 menit saja hingga uang yang di transfer sampai ke rekening tujuan di luar negeri.

Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang ke luar negeri dengan aman dan nyaman ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.