Perbedaan Aliexpress dan Alibaba Yang Perlu Kamu Ketahui

alibaba Aug 15, 2022

Belanja online menjadi salah satu hal yang sudah lumrah ditemukan saat ini. Kemudahan belanja dari jarak jauh membuat berbagai platform belanja online semakin beragam. Nggak cuma itu, platform belanja online juga memiliki berbagai macam penawaran menarik bagi pengguna.

Aliexpress dan Alibaba menjadi platform belanja online terbesar dibandingkan dengan platform belanja online lainnya. Situs belanja online asal China ini bahkan cukup populer di berbagai negara di penjuru dunia. Meski sekilas terdengar mirip, Aliexpress dan Alibaba ini memiliki beberapa perbedaan lho. Penasaran? Yuk cari tahu perbedaan Aliexpress dan Alibaba berikut ini!

Apa Itu Aliexpress

Aliexpress merupakan platform belanja yang bernaung di bawah Alibaba Group, perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma. Alibaba Group juga memiliki platform Alibaba yang lebih dulu dikenal sebagai platform belanja online terbesar di dunia.

Di Aliexpress, kamu akan mendapatkan penawaran harga yang cukup menarik dan terjangkau. Tak heran jika banyak pelaku bisnis yang menggunakan Aliexpress untuk membeli stok barang impor yang kemudian dijual kembali di Indonesia. Kamu juga bisa memilih berbagai macam metode pembayaran untuk membeli barang di Aliexpress, mulai dari kartu kredit hingga transfer bank.

Perbedaan Aliexpress dan Alibaba

Sebagai platform belanja online yang dimiliki Alibaba Group, Aliexpress dan Alibaba rupanya memiliki sederet perbedaan yang perlu kamu pertimbangkan saat akan menggunakan kedua platform belanja online itu untuk membeli kebutuhanmu. Perbedaan Aliexpress dan Alibaba dapat dilihat dari sistem custom yang ditawarkan.

Jika kamu memilih Alibaba, maka kamu bisa memberi label untuk barang yang kamu beli dengan merek sendiri. Namun sayangnya hal ini tidak berlaku bagi Aliexpress. Meski begitu, Aliexpress menawarkan barang siap dikirim sehingga proses pengirimannya jauh lebih cepat dan mudah dibanding Alibaba.

Nggak cuma itu, Aliexpress juga memberikan harga tetap yang langsung ditampilkan saat kamu memilih barang yang akan kamu beli. Maka dari itu, kamu nggak bisa melakukan negosiasi di Aliexpress. Nah, Berbeda dengan Aliexpress, barang yang dijual di Alibaba tidak dicantumkan harganya sehingga kamu perlu melakukan negosiasi sebelum melakukan pembayaran.

Cara Membuat Akun Aliexpress

Buat kamu yang tertarik membeli barang menggunakan Aliexpress, kamu bisa langsung membuat akun Aliexpress untuk memudahkan transaksi. Jangan khawatir, kamu bisa membuat akun Aliexpress dengan langkah mudah, menggunakan akun Gmail atau Facebook. Untuk tahu bagaimana cara membuat akun Aliexpress, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Akun Aliexpress dengan Akun Gmail

  1. Akses situs Aliexpress melalui smartphone atau perangkat laptop yang kamu miliki
  2. Selanjutnya, pilih opsi “Join” pada menu account yang tersedia di tampilan situs Aliexpress.
  3. Setelah itu, tulis alamat email dan password akun Aliexpress yang ada pada tampilan menu register. Setelah selesai mengisi data email dan password, pilih menu “Create Account
  4. Tunggu hingga permintaan verifikasi email Aliexpress muncul, lalu langsung lakukan verifikasi untuk dapat menggunakan layanan Aliexpress.

Cara Membuat Akun Aliexpress dengan Akun Facebook

  1. Buka situs Aliexpress pada smartphone atau laptop kamu lalu pilih menu Facebook yang ada pada bagian Quick Access yang tersedia pada situs Aliexpress.
  2. Tunggu sampai menu halaman log in Facebook muncul pada perangkat kamu.
  3. Setelah itu, tuliskan alamat email dan password akun Facebook yang kamu miliki, lalu pilih menu log in.
  4. Berikutnya, terima akses Aliexpress ke akun Facebook yang kamu miliki lalu beri izin untuk Aliexpress menghubungi kamu melalui Facebook Messenger.
  5. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai proses pendaftaran akun Aliexpress selesai.

Itu dia penjelasan singkat tentang perbedaan Aliexpress dan Alibaba, lengkap dengan cara daftar akun Aliexpress yang bisa kamu jadikan sebagai panduan mudah.

Nah, kalau urusan kirim uang ke partner bisnis di luar negeri, kamu bisa mempercayakan Topremit. Dengan Topremit, uang yang kamu transfer ke rekening luar negeri akan sampai dalam waktu mulai dari 5 menit saja.

Sangat mudah dan cepat, kan? Percayakan Topremit untuk pengiriman uang yang aman dan praktis hingga ke lebih dari 70 negara di dunia, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.