Perbedaan IBAN dan SWIFT Code untuk Transfer ke Luar Negeri

Oct 05, 2021

IBAN atau International Bank Account Number (Kode Rekening Bank Internasional) dan SWIFT Code (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) atau kode SWIFT sering diminta oleh bank luar negeri untuk melakukan transfer dana. Untuk seseorang yang masih baru dalam melakukan transaksi perbankan lintas negara, mungkin akan merasa bingung perbedaan keduanya.

Untuk diketahui, IBAN dan SWIFT Code digunakan agar transfer dana lebih mudah dan cepat dan juga untuk memudahkan identifikasi rekening bank internasional. Sebelum adanya IBAN dan SWIFT Code tak ada standar baku untuk transfer ke luar negeri.

Alhasil tak ada cara untuk memastikan bahwa informasi yang dimasukkan adalah benar. Transfer dana pun kemungkinan besarnya dikirim kepada orang atau organisasi yang salah. Di samping itu pembayaran yang salah, tertunda, atau terlewat menyebabkan ada biaya tambahan bagi bank pengirim dan penerima.

Oleh karena itu, berbeda dengan transaksi di dalam negeri, sejak diberlakukannya IBAN dan SWIFT Code, transaksi ke luar negeri tak hanya membutuhkan nama bank, nama pemilik rekening, dan nomor rekening saja. Anda juga perlu mengetahui IBAN dan SWIFT Code.

Untuk lebih jelasnya, simak perbedaan antara IBAN dan SWIFT Code berikut ini:

Apa Itu IBAN?

Badan penentu standar internasional atau sering disebut ISO (The International Organization for Standardization) pada tahun 1997 pertama kali mengembangkan sistem standar untuk IBAN. Namun penerapan IBAN saat itu sempat dinilai Komite Eropa untuk Standar Perbankan (ECBS) masih terlalu banyak fleksibilitas. Sehingga diperketat dan jadilah IBAN seperti yang sekarang ini.

Versi revisi dari kebijakan tersebut menghasilkan standar dan juga keputusan yang mewajibkan setiap negara memiliki IBAN yang panjang dan tetap. Aturan ini pun termasuk penggunaan huruf besar di IBAN.

Saat ini, IBAN digunakan untuk mengidentifikasi negara tempat bank berada dan nomor rekening penerima transfer uang. IBAN juga digunakan untuk memeriksa bahwa detail transaksi sudah benar. IBAN terdiri dari 22-30 rangkaian huruf dan angka. Dua huruf pertama mewakili kode huruf negara tujuan, diikuti dengan kode khusus, kode bank, kode kantor cabang/branch code, dan kemudian nomor rekening penerima.

Contohnya, ketika kamu akan melakukan transfer ke negara Prancis menggunakan IBAN:

FR14 2004 1010 0505 0001 3M02 606

Metode pemeriksaan dan identifikasi IBAN ini sebagian besar digunakan di negara Uni Eropa dan negara Eropa lainnya.

Untuk kalian yang ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri kalian bisa menggunakan Topremit! Karena Topremit mampu mengirimkan pengiriman uang Lebih ke dari 60 Negara yang ada di dunia dengan proses yang sangat mudah, cepat mulai dari 5 menit, dan 100% aman!

Apa Itu Swift Code?

SWIFT adalah organisasi di Belgia yang terdiri dari lembaga-lembaga keuangan bank atau non-bank di seluruh dunia. Mereka mengirim pesan transaksi atau perintah secara aman antar bank atau non-bank. Ada lebih dari 9.000 lembaga sekuritas dan nasabah korporasi yang tersebar di 209 negara di dunia yang dihubungkan oleh SWIFT. Organisasi ini didirikan di Brussels pada 1973.

SWIFT Code digunakan untuk mengidentifikasi bank selama transaksi internasional. SWIFT memberikan kode unik kepada setiap lembaga keuangan yang terdiri dari delapan karakter atau 11 karakter. Sistem SWIFT memungkinkan bank berbagi data keuangan, termasuk akun, jumlah debit dan kredit, serta detail terkait transfer dana. Ini penting untuk memastikan transfer ke luar negeri cepat dan sukses.

Namun identifikasi yang diperlukan dalam transfer dana bergantung pada bank yang digunakan, bank penerima, negara asal, dan penerimaan transfer.

Perlu diketahui, SWIFT Code memiliki nama lain atau disebut juga sebagai Bank Identifier Code (BIC). Swift Code terdiri dari kode bank, kode negara, kode bank pusat, dan kode bank cabang. Urutannya adalah sebagai berikut:

AAAA BB CC DDD

AAAA = Kode bank

BB = Kode negara

CC = Kode bank pusat

DDD = Kode bank cabang

Perbedaan IBAN dan SWIFT Code

Berikut ini rangkuman yang dapat memudahkan kamu memahami perbedaan IBAN dan Swift Code:

-IBAN digunakan untuk mengidentifikasi akun individu yang terlibat dalam transaksi internasional.

-IBAN digunakan untuk transfer internasional, utamanya di negara-negara Eropa.

-IBAN digunakan oleh pelanggan untuk mengirim uang ke luar negeri.

-Kode SWIFT digunakan untuk mengidentifikasi bank tertentu selama transaksi internasional.

-SWIFT Code digunakan oleh bank untuk bertukar transaksi finansial dan non-finansial.

-SWIFT Code digunakan oleh secara global ke negara-negara di dunia.

Sudah tahu kan, perbedaan IBAN dan SWIFT Code? Jika kamu perlu mengirim uang ke luar negeri, jangan lupa gunakan Topremit. Transfer uang ke luar negeri dari Indonesia udah #SegampangItu.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.