Jangan Sampai Salah Pengertian, Ini Bedanya Omzet dan Profit Dalam Bisnis

Profit Mar 2, 2023

Istilah omzet dan profit menjadi dua hal yang cukup familiar ditemukan di dunia bisnis. Biasanya, omzet dan profit dikaitkan dengan keberhasilan suatu bisnis dalam sebuah kurun waktu tertentu. Hal ini ternyata tak jarang membuat banyak orang salah kaprah terkait pengertian omzet dan profit karena keduanya terdengar cukup identik.

Meski demikian, omzet dan profit ternyata adalah dua hal yang sangat berbeda lho. Penasaran apa saja perbedaan antara omzet dan profit? Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Omzet

Omzet merupakan total uang yang diperoleh dari hasil penjualan barang dagangan dalam satu periode masa jual. Jumlah omzet dapat diketahui dengan menghitung seberapa banyak pemasukan yang di dapatkan setelah barang dagangan atau pun jasa, laku terjual. Maka dari itu, omzet sering disebut dengan laba kotor, bruto atau juga revenue.

Untuk menghitung jumlah omzet suatu perusahaan, kamu perlu menghitung seluruh proses operasional bisnis, termasuk diskon dan barang yang dikembalikan oleh pembeli. Dari jumlah omzet yang diketahui tersebut, kamu bisa menjadikannya sebagai acuan untuk menilai apakah bisnis yang kamu rintis termasuk bisnis skala kecil, menengah, atau besar.

Perbedaan Omzet Dengan Profit

Meski sama-sama digunakan sebagai indikator keberhasilan bisnis, profit dan omzet memiliki perbedaan yang cukup signifikan, khususnya dari cara menghitung keduanya.

Omzet dapat diketahui dengan cara menjumlahkan total pendapatan. Sedangkan profit bisa kamu ketahui berdasarkan perhitungan total pendapatan dikurangi harga pokok penjualan atau pun pengeluaran penting seperti pembayaran gaji, budget pemasaran dan bahkan budget perkembangan produk. Maka dari itu, jumlah omzet tidak sama dengan profit yang diperoleh suatu perusahaan, sebab profit termasuk kedalam omzet namun omzet belum tentu profit.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara omzet dengan profit yang diperoleh suatu bisnis. Untuk kamu yang ingin meraup profit yang lebih besar lagi dengan merambah ke pasar internasional, tentu kamu akan melakukan banyak transaksi ke luar negeri. Nah, kamu bisa mengandalkan Topremit dalam urusan transfer uang ke luar negeri yang aman dan praktis.

Dengan Topremit, kamu hanya membutuhkan waktu mulai dari 5 menit hingga uang yang ditransfer sampai ke rekening tujuan dengan aman. Tunggu apa lagi, selalu gunakan Topremit untuk transfer uang dengan mudah dan praktis hingga ke 60 negara di dunia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.