Penting! Cek Persiapan dan Biaya Haji Terbaru

Haji May 3, 2024


Tiap tahunnya, jutaan umat Islam dari seluruh dunia datang ke Mekkah untuk melakukan ibadah haji. Guna memastikan semuanya dapat berjalan lancar, kamu perlu nih mengetahui persiapan dan biaya yang berkenaan dengan ibadah haji. Yuk simak info lengkapnya berikut!

Persiapan Haji

Persiapan haji meliputi persiapan fisik dan persiapan mental yang harus dilakukan oleh para jamaah untuk memastikan ibadah haji yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

Persiapan Fisik

Jamaah haji perlu memiliki fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah haji. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Usahakan untuk berolahraga secara rutin.
  2. Pastikan kamu mendapat istirahat yang cukup.
  3. Cek kondisi kesehatan secara menyeluruh.
  4. Jangan lupa untuk vaksinasi meningitis dan influenza.
  5. Bawa obat-obatan pribadi, seperti obat diare dan obat alergi.
  6. Lengkapi semua dokumen, misalnya paspor dan visa, Daftar Administrasi Perjalanan Ibadah Haji (DAPIH), Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH), bukti vaksinasi, dan dokumen lainnya.

Persiapan Mental

Selain fisik, mental juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan para jamaah haji agar bisa mendapat ketenangan hati dan pikiran. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan persiapan mental sebelum melaksanakan ibadah haji.

  1. Pastikan seluruh tagihan sudah lunas dan biaya yang diperlukan telah sesuai.
  2. Tingkatkan iman dan takwa dengan memperbanyak ibadah.
  3. Cari informasi dari orang yang sudah memiliki pengalaman.
  4. Ikuti manasik haji untuk mendapat bimbingan tata cara haji yang benar.

Biaya Haji yang Harus Disiapkan

Selain biaya utama, ada juga lho biaya-biaya lain yang harus disiapkan sebelum melakukan ibadah haji. Masalah biaya ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing ya.

Biaya Haji Utama

Dilansir dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, biaya rata-rata haji tahun 2024 adalah sebesar Rp 93,4 juta per orang. Pelunasannya dibagi menjadi 2 tahap, tahap pertama dimulai sejak 9 Januari hingga 7 Februari 2024 dan tahap kedua dibuka mulai 20 Februari hingga Maret 2024.

Biaya Perlengkapan Haji

Perlengkapan haji yang dimaksud adalah hal-hal yang bisa menunjang kelancaran ibadah haji kamu, seperti gamis atau pakaian ihram, hijab, alat ibadah, hingga kebutuhan pribadi lainnya. Untuk dapat memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan, kamu bisa membuat daftar perlengkapan haji sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

Biaya Syukuran

Acara syukuran sebelum maupun setelah menunaikan ibadah haji merupakan hal yang lumrah dilakukan orang Indonesia. Jika kamu berencana mengadakan syukuran, jangan lupa untuk menghitung jumlah tamu yang akan diundang agar kamu bisa memperkirakan besaran biaya yang dibutuhkan.

Biaya untuk Anggota Keluarga yang Berada di Indonesia

Jika kamu berperan sebagai pemberi nafkah bagi anggota keluarga, maka kamu juga harus memperhitungkan biaya untuk mereka sebelum pergi menjalani ibadah haji. Rincian biayanya dapat meliputi biaya hidup utama yang cukup untuk kurun waktu kurang lebih dua bulan dan dana darurat yang mungkin akan dibutuhkan.

Biaya Vaksin Meningitis

Menurut WHO, Arab Saudi adalah negara endemik penyakit meningitis yang dapat menyebabkan kematian. Inilah mengapa para calon jamaah haji harus melakukan vaksinasi meningitis untuk mencegah terjadinya penularan penyakit tersebut.

Vaksinasi meningitis dapat dilakukan di Dinas Kesehatan atau puskesmas terdekat dalam waktu paling lama pada 2-4 minggu sebelum keberangkatan. Biaya yang dikenakan biasanya berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp450 ribu.

Biaya Oleh-Oleh

Bagi orang-orang yang melakukan ibadah haji, oleh-oleh merupakan salah satu hal yang tak boleh ketinggalan. Kamu bisa membeli tasbih, parfum, atau aksesoris yang kebanyakan dibanderol dengan harga Rp3 ribu hingga Rp15 ribu per item. Kamu juga bisa berbelanja banyak barang di satu toko agar mendapat harga diskon, lho.

Nah, itulah persiapan dan biaya haji terbaru yang harus kamu penuhi untuk memastikan ibadah haji yang kamu lakukan dapat berjalan lancar. Semoga bermanfaat ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.