Cara Mengajukan Visa Pelajar ke Amerika Serikat

amerika serikat Mar 18, 2024

Kamu berencana untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat? Jika ya, maka kamu harus mengetahui informasi-informasi penting tentang proses aplikasi visa pelajar untuk belajar di AS karena kesalahan selama proses ini dapat berakibat fatal dan menyita waktu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas faktor-faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat mengajukan visa pelajar AS.

Pentingnya Visa Pelajar untuk Studi di Amerika Serikat

Visa pelajar memungkinkan pelajar internasional untuk tinggal dan belajar secara legal di AS untuk jangka waktu tertentu. Visa ini memberikan akses ke pendidikan berkualitas dan berbagai peluang akademis yang dapat secara signifikan meningkatkan prospek masa depan siswa. Tanpa visa pelajar, seseorang dapat menghadapi konsekuensi hukum dan tidak dapat mengejar tujuan pendidikan mereka di AS. Oleh karena itu, memahami dan memenuhi persyaratan visa pelajar sangat penting bagi pelajar internasional yang ingin belajar di Amerika Serikat.

Jenis-Jenis Visa Pelajar ke Amerika Serikat

  1. Visa F-1 yaitu jenis visa pelajar yang paling umum diberikan kepada pelajar internasional yang ingin mengejar studi akademik atau program pelatihan bahasa di lembaga pendidikan AS.
  2. Visa J-1 yang diperuntukkan bagi pelajar asing yang berpartisipasi dalam program pertukaran budaya, seperti magang, proyek penelitian, atau kesempatan mengajar.
  3. Visa M-1 yang diberikan kepada pelajar yang ingin menempuh pendidikan kejuruan atau non-akademik di Amerika Serikat.
  4. Visa F-2, J-2, dan M-2 yang diberikan kepada tanggungan pemegang visa F-1, J-1, dan M-1, memungkinkan mereka untuk menemani pemegang visa utama di Amerika Serikat.

Persyaratan Umum untuk Visa Pelajar ke Amerika Serikat

Persyaratan kelayakan bisa bervariasi tergantung pada situasi individu, tetapi umumnya mencakup faktor-faktor seperti usia, pendapatan, pendidikan, pengalaman, dan status kependudukan. Berikut adalah beberapa persyaratan tersebut:

  1. Bukti penerimaan akademis dari institusi yang diakui di AS (Letter of Acceptance). Pelajar yang mengajukan visa mendapat penerimaan dari lembaga pendidikan AS yang diakui, seperti universitas atau perguruan tinggi, berdasarkan pemenuhan kriteria dan persyaratan khusus lembaga tersebut.
  2. Pengecekan latar belakang dan dokumen pendukung. Verifikasi riwayat pribadi, pendidikan, dan pengumpulan dokumen seperti identifikasi, transkrip pendidikan, catatan pekerjaan, dan referensi.
  3. Bukti kemampuan finansial untuk membiayai diri selama masa studi. Dokumen yang dibutuhkan adalah laporan bank, surat beasiswa atau sponsor, bukti pendapatan, atau dokumen pinjaman pendidikan.
  4. Berniat untuk kembali ke negara asal setelah menyelesaikan studi. Menunjukkan niat untuk kembali ke negara asal setelah menyelesaikan pendidikan di AS.

Dokumen yang Diperlukan untuk Mengajukan Visa Pelajar ke AS

  • Paspor yang masih berlaku dengan masa berlaku minimal enam bulan.
  • Formulir aplikasi visa yang telah diisi dan ditandatangani (Formulir DS-160).
  • Surat penerimaan dari institusi pendidikan AS (Letter of Acceptance).
  • Dokumen keuangan seperti laporan bank dan surat sponsor.
  • Biaya yang Harus Dibayarkan untuk Mengajukan Visa Pelajar AS (SEVIS).
  • Tanda terima pembayaran biaya SEVIS.

Setelah diterima di universitas pilihan, kamu akan menerima Form I-20 dan harus membayar biaya I-901 SEVIS. Biaya SEVIS adalah biaya wajib yang harus dibayarkan oleh pelajar internasional untuk berpartisipasi dalam Sistem Informasi Pelajar dan Pengunjung Pertukaran (SEVIS), yang digunakan untuk melacak dan memantau siswa selama tinggal mereka di AS.

Penjadwalan Wawancara Visa Pelajar Amerika Serikat

Janji wawancara visa dapat memiliki waktu tunggu yang lama, oleh karena itu disarankan untuk menjadwalkan janji temu jauh sebelum tanggal perjalanan yang diinginkan. Selama wawancara, kamu akan ditanyai tentang tujuan perjalanan, latar belakang pendidikan, dan hubungan dengan negara asal.

Pertanyaan Umum dalam Wawancara Visa Pelajar AS

  • Mengapa kamu memilih untuk belajar di Amerika Serikat?
  • Bagaimana kamu berencana untuk membiayai pendidikan kamu?
  • Apa rencana kamu setelah menyelesaikan studi?
  • Apakah kamu memiliki kerabat atau teman di Amerika Serikat?

Memahami proses pengajuan visa pelajar Amerika Serikat bisa menjadi tantangan, tetapi dengan persiapan yang tepat, peluang kesuksesan akan meningkat. Setiap detail penting, mulai dari pemilihan jenis visa yang tepat hingga persiapan wawancara, harus diperhatikan.

Alternatif Pembayaran Selama Belajar di Amerika Serikat

Nah, buat para pelajar di Amerika Serikat tidak perlu cemas lagi nih soal alternatif pembayaran yang bisa dipakai selama berada di sana. Misalnya untuk mengirim biaya hidup dan biaya sekolah selama kamu di Amerika, kamu bisa banget pakai Topremit.

Dengan biaya flat, IDR 75,000 aja, kirim uang ke Amerika Serikat kini bisa lewat smartphone secara online, kapan aja dan di mana aja. Bukan cuma itu, uang kamu bisa sampai ke rekening tujuan dalam 2 hari kerja, lho! Nah, tunggu apa lagi? Yuk cobain Topremit sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.