5 Negara Asing Dengan Populasi WNI Terbanyak di Dunia

kirim uang ke luar negeri Jan 25, 2023

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Tak hanya itu, Indonesia juga tercatat ke dalam jajaran negara dengan jumlah populasi penduduk terbanyak di dunia. Nah, makanya bukan kejutan lagi jika ada banyak warga negara Indonesia yang bertempat tinggal di dalam maupun di luar negeri.

Umumnya, WNI yang tinggal di luar negeri memiliki keperluan khusus. Mulai dari keperluan sekolah hingga keperluan pekerjaan. Dari sebaran warga negara Indonesia di berbagai negara, terdapat sejumlah negara dengan WNI terbanyak di dunia. Apa saja negara tersebut? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

5 Negara yang Paling Banyak Diaspora Indonesianya

1. Malaysia

Malaysia adalah negara yang berlokasi di Asia Tenggara dengan jumlah warga yang berstatus WNI terbanyak di dunia. Negara yang juga dikenal dengan sebutan Negeri Jiran ini diperkirakan memiliki penduduk dengan status WNI sekitar 2,5 juta orang. Biasanya WNI yang menetap sementara di Malaysia memiliki kontrak kerja atau berkuliah.

2. Arab Saudi

Arab Saudi merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk WNI yang cukup banyak. Tercatat sekitar 1,5 juta orang Indonesia menetap di Arab Saudi untuk bekerja dan berdagang.

3. Belanda

Belanda adalah salah satu negara maju yang berlokasi di Benua Eropa dengan jumlah populasi orang Indonesia yang cukup banyak. Jumlah WNI yang menetap di Belanda diperkirakan berjumlah 395.000 orang. Umumnya, WNI yang menetap sementara di Belanda memiliki kepentingan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

4. Taiwan

Taiwan termasuk ke dalam salah satu daftar negara dengan jumlah penduduk WNI terbanyak di dunia. Bahkan jumlah WNI yang menetap di Taiwan tercatat hampir 10 persen dari keseluruhan penduduk Taiwan. Negara Asia yang terkenal akan kerajinan tangannya ini banyak dijadikan sebagai tujuan untuk mencari kerja bagi WNI. Maka dari itu, tak heran jika jumlah WNI di Taiwan terbilang cukup banyak.

5. Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu negara di Asia yang menjadi negara destinasi paling populer untuk tenaga kerja Indonesia. Negara ini cukup banyak menyerap tenaga kerja dari Indonesia untuk berbagai sektor pekerjaan. Hal tersebut membuat Hong Kong memiliki penduduk WNI sekitar 102.100 jiwa. Selain bekerja, tak sedikit pula WNI yang menetap sementara untuk keperluan pendidikan.

Itu dia sederet negara dengan populasi WNI terbanyak di dunia. Buat kamu yang berencana untuk bekerja, berkuliah atau pun menetap untuk waktu yang lama di luar negeri, jangan khawatir. Kamu bisa mengandalkan Topremit untuk urusan transfer uang dari Indonesia yang dijamin aman dan terpercaya. Dengan Topremit, uang yang kamu transfer ke luar negeri bisa langsung sampai ke rekening tujuan dalam waktu mulai dari 5 menit saja.

Sangat mudah dan praktis, kan? Jadinya kamu ga harus takut kekurangan dana lagi kalau sedang di luar negeri. Selalu gunakan Topremit untuk transfer uang dengan aman dan praktis hingga ke 60 negara di dunia, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.