Rincian dan Estimasi Biaya Hidup di Korea Selatan, Catat Baik-Baik

korea selatan Sep 7, 2022

Tinggal di Korea Selatan dengan segala fasilitas yang nyaman dan memadai merupakan impian bagi sebagian orang. Negara yang dikenal dengan sebutan Negeri Ginseng ini juga memiliki pemandangan alam yang menarik dan fasilitas pendidikan yang cukup berkualitas. Tak heran jika banyak orang yang berminat untuk bekerja, sekadar berlibur, hingga berkuliah di kampus terbaik yang ada di Korea Selatan.

Buat yang tertarik untuk tinggal di Korea Selatan, kamu perlu memperhitungkan dengan matang berapa biaya hidup yang dibutuhkan karena biaya tinggal di Korea Selatan dinilai cukup mahal. Lalu, berapa sih estimasi biaya hidup di Korea Selatan? Langsung saja simak rincian kebutuhan dan kisaran dana yang dibutuhkan berikut ini, yuk!

Estimasi Biaya Hidup Tinggal di Korea Selatan

1. Biaya Tempat Tinggal

Biaya tempat tinggal selama di Korea Selatan menjadi perhitungan yang perlu dipertimbangkan sebaik mungkin. Kamu bisa memilih lokasi yang pas dan sesuai dengan budget kamu. Biasanya biaya tempat tinggal berbeda-beda, sesuai dengan lokasi, luas hunian, dan fasilitas yang didapatkan. Buat kamu yang berminat untuk tinggal di kostan atau disebut goshiwon, maka biaya yang dibutuhkan berkisar antara 150.000 sampai 600.000 Won atau setara dengan Rp 1,8 juta hingga Rp 7,1 juta per bulannya. Jika kamu ingin tinggal lebih nyaman, kamu bisa memilih apartemen dengan harga sewa yang lebih mahal dibanding jenis tempat tinggal lainnya.

2. Tagihan Listrik dan Gas

Biaya tagihan listrik dan gas juga termasuk ke dalam salah satu biaya yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan tinggal di Korea Selatan. Jumlah tagihan listrik yang dibutuhkan selama tinggal di Korea selatan berada di kisaran 8.000 sampai 20.000 Won atau sekitar Rp 95.000 sampai dengan Rp 239.000. Nah, untuk biaya gas per bulannya, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar 10.000 hingga 20.000 Won atau sekitar Rp 120.000 sampai Rp 240.000.

Namun, kebutuhan listrik dan gas di Korea Selatan akan mengalami perbedaan sesuai dengan musim yang berlangsung. Maka dari itu, penting untuk kamu mengelola penggunaan listrik dan gas agar tagihannya tidak membengkak.

3. Transportasi

Selama tinggal di Korea Selatan, kamu tentu perlu mobilisasi untuk berbagai macam keperluan termasuk bekerja, rekreasi, atau bahkan belanja bulanan. Kamu harus memperhitungkan berapa biaya transportasi yang akan dibutuhkan selama tinggal di Korea Selatan.

Rata-rata, biaya transportasi penduduk Korea Selatan berkisar 90.000 Won atau setara dengan Rp 1 juta per bulan untuk menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta.

4. Biaya Makan

Rincian biaya makan juga nggak boleh ketinggalan, nih. Estimasi biaya makan selama tinggal di Korea Selatan berbeda-beda, sesuai dengan makanan yang dikonsumsi.

Jika makan di restoran, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar 6.000-12.000 Won atau setara dengan Rp 71.000 hingga Rp 145.000 untuk setiap porsinya. Sedangkan untuk per bulan, biayanya bisa mencapai 600.000 sampai 900.000 Won atau setara dengan Rp 7,2 juta sampai Rp 10,7 juta per bulan. Tenang saja, kamu bisa menghemat pengeluaran makan dengan memasak makanan sendiri di rumah.

5. Belanja Bulanan

Estimasi biaya untuk belanja bulanan yang dibutuhkan selama tinggal di Korea Selatan juga berbeda-beda dan dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kamu dapat menyusun daftar belanja bulanan yang mencakup alat mandi, bumbu dapur, perlengkapan pribadi, dan lain sebagainya. Biaya yang mungkin kamu butuhkan untuk belanja bulanan yaitu sekitar 80.000 hingga 100.000 Won atau sekitar Rp 960.000 sampai Rp 1,2 juta setiap bulannya.

Itu dia daftar estimasi biaya yang kamu butuhkan selama tinggal di Korea Selatan. Jika ditotal jumlah biaya hidup yang kamu butuhkan setiap bulannya adalah sekitar 990.000 hingga 1,5 juta Won atau berkisar antara Rp 11,8 juta hingga Rp 17,9 juta.

Nah, buat kamu yang masih bingung untuk urusan biaya selama tinggal di Korea Selatan, kamu bisa mengandalkan Topremit untuk memudahkan kamu transfer uang ke Korea Selatan dari Indonesia. Dengan Topremit, kamu bisa langsung kirim uang dalam waktu mulai dari 5 menit saja. Sangat mudah dan praktis, kan? Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang dengan aman dan nyaman, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.