Negara Dengan Selebrasi Hari Kemerdekaan Paling Meriah dan Unik di Dunia, Indonesia Termasuk!

hari kemerdekaan Aug 8, 2022

Hari kemerdekaan merupakan salah satu hari bersejarah yang diperingati setiap tahun oleh masyarakat di suatu negara. Selebrasi hari kemerdekaan yang biasa dilakukan masyarakat di suatu negara, tentu berbeda dengan negara lainnya. Sebab, masing-masing negara memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri untuk merayakan hari kemerdekaannya.

Misalnya di Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan dengan upacara proklamasi, mendekor rumah, memasang bendera hingga menggelar perlombaan menarik. Bagaimana dengan negara lainnya?

Buat kamu yang penasaran bagaimana peringatan hari kemerdekaan yang unik dan meriah di berbagai negara di dunia, yuk simak sederet upacara kemerdekaan terbaik di dunia.

Selebrasi Unik nan Meriah Hari Kemerdekaan Beberapa Negara di Dunia

1. Amerika Serikat - 4 Juli

Peringatan kemerdekaan unik yang diselenggarakan Amerika Serikat termasuk ke dalam salah satu selebrasi tahunan yang cukup populer. Selebrasi yang dikenal dengan istilah perayaan Fourth of July ini diadakan dengan pesta kembang api dan pesta meriah di seluruh penjuru Amerika Serikat. Nggak cuma itu, pawai dan parade juga ikut meramaikan perayaan yang diselenggarakan pada 4 Juli setiap tahunnya.

2. Prancis - 14 Juli

Setiap tanggal 14 Juli, masyarakat Prancis merayakan hari kemerdekaan Prancis yang dikenal dengan nama Bastille Day atau La Bastille. Peringatan kemerdekaan ini diramaikan dengan berbagai cara. Mulai dari pesta pertunjukan kembang api, pesta dansa, konser, bahkan parade militer Prancis. Selebrasi ini biasanya mulai dirayakan sejak tanggal 13 Juli hingga 14 Juli. Pada perayaan ini, biasanya warga Prancis berbondong-bondong mengunjungi Paris untuk melihat serangkaian pesta dan pertunjukan menarik.

3. Korea Selatan - 15 Agustus

Tanggal 15 Agustus merupakan hari perayaan kemerdekaan di Korea Selatan. Hari kemerdekaan di negara ini diperingati dengan berbagai acara seperti upacara resmi yang digelar di Independence Hall of Korea di daerah Cheonan atau di gedung Sejong Center for the Performing Arts.

Selain itu, parade dan festival-festival juga digelar di seluruh penjuru Korea Selatan. Tiket masuk museum-museum dan transportasi umum juga digratiskan untuk seluruh warga Korea Selatan pada hari tersebut.

4. Australia - 26 Januari

Perayaan tahunan yang diperingati setiap 26 Januari ini termasuk ke dalam salah satu peringatan bersejarah bagi masyarakat Australia. Peringatan kemerdekaan yang juga dikenal dengan nama Australia Day ini dimeriahkan dengan cara yang unik di berbagai penjuru negara Australia.

Kamu bisa mengunjungi Sydney untuk menyaksikan pesta kembang api di Darling Harbour. Nggak cuma itu, kamu juga bisa berkunjung ke Sydney Harbour untuk menyaksikan 700 kapal yang ikut memeriahkan Australia Day Regatta yang diselenggarakan setiap tahun sejak 1837.

5. Indonesia - 17 Agustus

Peringatan kemerdekaan Indonesia yang diselenggarakan setiap tanggal 17 Agustus juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan selebrasi kemerdekaan yang unik. Berbeda dengan negara lainnya yang cenderung mengadakan pesta perayaan, masyarakat Indonesia ikut meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan cara mengadakan perlombaan menarik yang seru untuk diikuti semua lapisan masyarakat. Mulai dari lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba tarik tambang, lomba panjat pinang, dan masih banyak lagi lomba lainnya.

Itu dia sederet keunikan perayaan hari kemerdekaan yang unik di beberapa negara di dunia. Semuanya punya ciri khas lokal masing-masing, bukan? Ngomongin tentang khas lokal, Indonesia juga punya satu lagi yang belum disebut diatas, yaitu aplikasi Topremit. Bener banget! Topremit adalah produk lokal Indonesia yang dirintis oleh anak bangsa.

Dengan Topremit, kamu bisa transfer uang ke luar negeri hanya dalam waktu mulai dari 5 menit saja. Sangat cepat dan praktis, kan? Tunggu apa lagi, selalu percayakan Topremit untuk pengiriman uang yang dijamin aman dan cepat ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.