Syarat ke Negara Inggris/UK - Ini Syarat Yang Diperlukan

syarat ke luar negeri Jul 11, 2022

Melancong ke Inggris untuk sekadar berlibur atau keperluan dinas membutuhkan sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi. Misalnya tentang kewajiban vaksin hingga karantina yang sempat diberlakukan oleh hampir seluruh negara di dunia karena pandemi. Namun mengingat kondisi pandemi yang semakin pulih, beberapa negara mulai memperbarui peraturannya.

Pembaruan ini juga berlaku di negara Inggris. Pemerintah Inggris mencabut semua syarat perjalanan dan pembatasan terkait Covid-19 sejak 18 Maret lalu. Kebijakan ini menyebabkan orang yang ingin mengunjungi negara tersebut menjadi lebih dimudahkan, termasuk wisatawan dari Indonesia.

Berkat pembaruan ini pula, semua wisatawan yang berencana pergi ke Inggris tidak perlu lagi menyertakan bukti vaksinasi maupun karantina saat kedatangan, atau bahkan melakukan tes antigen/PCR. Namun, meski sudah tak mewajibkan wisatawan untuk mencantumkan bukti vaksinasi dan karantina, kamu perlu memenuhi persyaratan yang berlaku untuk dapat melakukan perjalanan ke Inggris. Apa saja syaratnya? Yuk simak syarat lengkap ke negara Inggris berikut ini.

Memiliki Paspor yang Masih Berlaku dan Visa Inggris/UK

Paspor dan visa UK menjadi persyaratan penting yang perlu dimiliki setiap turis yang berencana mengunjungi Inggris sebagai destinasinya. Pastikan paspor yang kamu miliki memiliki masa berlaku minimal 6 bulan saat keberangkatan. Selain paspor, kamu juga perlu memiliki visa UK sesuai dengan tujuan dan durasi perjalanan kamu. Berikut ini adalah biaya visa UK lengkap dengan masa berlaku visa yang bisa kamu pilih:

  • Short-term visa UK (hingga 6 bulan): 128 USD
  • Longer-term visa UK (hingga 2 tahun): 487 USD
  • Longer-term visa UK (hingga 5 tahun): 883 USD
  • Longer-term visa UK (hingga 10 tahun): 1108 USD

Mempersiapkan Dokumen untuk Mengajukan Visa UK

Untuk mengajukan visa UK, kamu perlu menyiapkan berbagai dokumen pendukung. Apa saja itu? Berikut kumpulan dokumen yang perlu kamu serahkan untuk pengajuan visa UK :

  1. Paspor minimal masa berlaku 6 bulan saat keberangkatan + melampirkan paspor lama
  2. Paspor lama juga harus dilampirkan ( jika pernah punya paspor ), bila paspor lama tidak ada (hilang atau ditarik imigrasi), kamu harus membuat surat pernyataan yang ditandatangani diatas materai 6000 dengan alasan yang jelas.
  3. Lembar pas foto berwarna: size 3,5 x 4,5 cm (proporsional) latar belakang harus putih
  4. Surat sponsor dalam Bahasa Inggris ( diatas kop surat perusahaan)
  5. Fotokopi kartu keluarga
  6. Bukti rekening koran 3 bulan terakhir. Jumlahnya tidak ditentukan.
  7. Bukti referensi bank yang menyatakan bahwa Anda adalah nasabah di bank tersebut. Dicantumkan nilai nominal dan juga nomor account yang Anda miliki di bank tersebut (untuk bank asing – tidak perlu).
  8. Jika sering ke Inggris, referensi bank tidak perlu.
  9. Mengisi formulir visa UK secara online di website : www.visa4uk.fco.gov.uk (setelah diisi lengkap, di print dan ditandatangani oleh pax)
  10. Print out ticket
  11. Jika dalam rangka bisnis, lampirkan undangannya dan jika paspornya masih kosong/baru Asia tetap lampirkan bukti keuangan pribadi.
  12. Untuk kunjungan keluarga / teman harus melampirkan surat undangan, copy passport,visa pengundang serta copy surat-surat  yang membuktikan adanya hubungan tersebut.
  13. Untuk visa student : dibutuhkan bukti penerimaan sekolah asli, bukti pembayaran sekolah di UK, copy ijazah terakhir dan mengisi formulir tambahan.​

Proses penerbitan visa UK yang kamu ajukan akan berlangsung selama 15 hingga 20 hari kerja jika tidak ada hambatan. Namun jika Kedutaan Inggris menghendaki interview, maka kamu perlu menunggu sedikit lebih lama lagi hingga penentuan jadwal interview dan visa selesai diproses.

Itu dia syarat ke negara Inggris yang perlu kamu persiapkan sebelum pergi ke UK. Nah, selama kamu bepergian di Inggris, kamu bisa mengandalkan Topremit untuk menikmati layanan pengiriman uang dari Indonesia ke Inggris.

Dengan Topremit, proses pengiriman uang dijamin aman dan cepat. Hanya dalam waktu mulai dari 5 menit saja, proses pengiriman uang ke Inggris akan sampai ke rekening tujuan. Mudah dan praktis, kan? Selalu percayakan Topremit untuk berkirim uang ke 60 negara di dunia dengan cepat, mudah dan aman, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.