Persyaratan Masuk ke Singapura di Tahun Ini, Bisa Tanpa Karantina!

Singapura Jun 1, 2022

Sejak pandemi melanda, setiap negara memberlakukan peraturan khusus, termasuk syarat masuk bagi wisatawan asing. Namun seiring kondisi yang semakin membaik, saat ini sudah banyak negara yang mulai melonggarkan peraturan masuk negara, misalnya yang semula mewajibkan karantina selama beberapa hari menjadi tanpa karantina.

Hal ini juga mulai diberlakukan Singapura sejak 1 April 2022. Dengan kelonggaran peraturan ini, kamu jadi lebih mudah berkunjung ke Singapura tanpa perlu repot membuat estimasi waktu dan membayar uang tambahan untuk karantina ataupun tes Covid 19.

Tapi tunggu dulu. Kemudahan ini tentu tidak bisa dinikmati semua pengunjung. Jadi apa saja syarat untuk bisa masuk ke Singapura tanpa karantina? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Simak baik-baik, ya!

Syarat Untuk Bisa Masuk ke Negara Singapura Tanpa Karantina

1. Siapkan Bukti Vaksinasi Yang Diakui Pemerintah Singapura

Syarat pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum berkunjung ke Singapura adalah memastikan kamu sudah melakukan vaksinasi secara lengkap. Tak hanya itu, pastikan juga vaksinasi yang kamu lakukan menggunakan jenis vaksin yang diakui oleh pemerintah Singapura.

Syarat ini perlu kamu penuhi khususnya bagi yang sudah berusia 13 tahun ke atas. Surat berisi bukti vaksinasi akan dibutuhkan saat pemeriksaan sebelum keberangkatan dan imigrasi. Tenang saja, kamu bisa melakukan verifikasi ke laman Virtual Private Cloud (VCP) untuk memastikan apakah vaksinasi yang kamu lakukan sudah memenuhi aturan atau belum.

Lantas apa saja vaksin yang diakui pemerintah Singapura? Pemerintah Singapura mengakui semua jenis vaksin yang masuk dalam Emergency Use Listing Procedure (EUL) WHO, antara lain:

  • Pfizer/BioNTech
  • Astrazeneca
  • Moderna
  • Sinovac
  • Sinopharm
  • Janssen (Johnson & Johnson)
  • Covaxin
  • Novavax
  • Covishield (Serum Institute of India)

Tenang saja, buat kamu yang belum bisa melakukan vaksin booster, kamu tetap bisa masuk Singapura kok. Namun dengan syarat melakukan vaksin booster di Singapura. Sebagai informasi, vaksinasi ini perlu kamu bayar dengan uang sendiri di bawah Private Vaccination Programme, jika seandainya kamu tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan National Vaccination Programme.

2. Menyiapkan Visa Kunjungan Yang Sah

Selain menyiapkan bukti vaksinasi yang sah, kamu juga perlu menyiapkan dokumen yang diberlakukan pemerintah Singapura. Pastikan kamu memiliki Long Term Pass saat mengunjungi Singapura. Jika tidak, kamu perlu menyiapkan visa yang sah dan diakui pemerintah Singapura. Jangan lupa pastikan paspor kamu masih berlaku minimal 6 bulan, ya!

3. Mengisi Kartu Kedatangan SG (SGAC)

Setelah mendapatkan vaksinasi lengkap dan memiliki visa serta paspor, kamu juga perlu mengisi kartu kedatangan SG atau SGAC sebagai persyaratan tambahan yang perlu kamu persiapkan. Kartu kedatangan SG ini tidak sama dengan visa Singapura. Buat kamu yang berencana mengunjungi Singapura, pastikan kamu telah mengisi kartu kedatangan SG (SGAC) 3 hari sebelum keberangkatan.

SGAC berisi pernyataan sederhana tentang detail perjalanan dan kesehatan pengunjung. Tenang saja, untuk mendapatkan SGAC, kamu nggak perlu mengeluarkan sepeser uang pun. Setelah kamu selesai mengisi SGAC, nantinya email berisi informasi tentang SGAC akan dikirimkan ke alamat email yang kamu cantumkan. Isi surat ini bisa kamu tunjukkan sebelum boarding dan saat izin imigrasi sebagai syarat masuk Singapura tanpa perlu karantina.

Itu dia sederet syarat masuk Singapura tanpa karantina yang bisa kamu persiapkan sebelum berkunjung ke Negara Tersebut. Jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan layanan pengiriman uang ke Singapura untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama di sana, kamu bisa percayakan Topremit sebagai solusinya.

Dengan Topremit, proses pengiriman uang jadi jauh lebih mudah dan cepat. Hanya mulai dari 5 menit saja, uang yang ditransfer ke luar negeri akan sampai ke rekening tujuan lho. Makanya, selalu percayakan Topremit untuk pengiriman uang yang aman dan cepat ke lebih dari 60 negara di dunia, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.