Apa itu Telegraphic Transfer? Ini Pengertiannya

Transfer uang Nov 12, 2021

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya bagaimana proses mengirim uang ke luar negeri? Meskipun sudah ada layanan pengiriman uang ke luar negeri yang mudah seperti Topremit, namun Anda perlu tahu tentang istilah Telegraphic Transfer yang erat kaitannya dengan transfer lintas negara.

Singkatnya, Telegraphic Transfer (TT) adalah cara yang memungkinkan orang-orang mengirim uang ke rekening bank yang ada di luar negeri. Telegraphic Transfer mungkin asing bagi Anda karena istilah ini telah dipakai beberapa dekade yang lalu. Prosesnya menggunakan kode yang dikirim antar bank melalui sistem telegraf.

Di zaman yang serba canggih dan modern ini, pengiriman uang ke luar negeri kini dilakukan secara elektronik melalui jaringan yang disebut Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT). Tidak menggunakan sistem telegraf lagi, melainkan bank pengirim akan menyalurkan uang melalui bank koresponden untuk diteruskan ke bank yang dituju.

Cara Kirim Uang Menggunakan Telegraphic Transfer di Bank

Beberapa bank di Indonesia juga menyediakan layanan Telegraphic Transfer ini. Walaupun Anda tidak memiliki rekening di bank yang menyediakan layanan tersebut, Anda bisa mengirim dengan uang tunai namun tentunya membutuhkan proses yang lebih panjang.

Bagi Anda yang memiliki rekening di suatu bank dan ingin mengirim uang melalui Telegraphic Transfer di bank tersebut, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Ketahui kode SWIFT bank yang dituju
  2. Ambil formulir aplikasi pengiriman uang
  3. Lengkapi formulir dengan benar. Biasanya Anda diminta untuk mengisi negara penerima, nama penerima, nama bank penerima yang disertai kode SWIFT, serta nomor telepon penerima.
  4. Siapkan buku rekening, kartu ATM, serta identitas seperti KTP
  5. Isi slip transfer antar bank dengan informasi yang benar
  6. Lakukan pembayaran dan simpan bukti transfer.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, Anda perlu menunggu proses pengiriman dana sekitar 1-4 hari kerja. Oh iya, Anda juga tidak perlu repot menukar mata uang dengan negara tujuan, karena bank biasanya akan mengonversikannya. Bank akan mengonversikan mata uang berdasarkan nilai tukar yang berlaku, bukan nilai tukar pasar menengah yang biasanya ditemukan dalam pencarian Google. Jadi, Anda sebaiknya memperhatikan nilai tukar yang sedang berlaku saat hendak mentransfer dengan Telegraphic Transfer.

Biaya Yang Diperlukan Untuk Telegraphic Transfer

Telegraphic Transfer dikenakan biaya yang berbeda untuk setiap bank penyedia layanan. Anda bisa memilih apakah biaya ingin ditanggung penerima dan dipotong dari jumlah yang akan ditransferkan, atau menanggungnya dengan rincian biaya SWIFT, biaya provisi, dan biaya pengiriman uang yang diterima secara penuh.

Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya dari bank perantara dan bank penerima. Seperti yang dijelaskan di atas, SWIFT melibatkan bank mitra yang berfungsi sebagai penyalur dari bank pengirim dan bank penerima. Dan terakhir bank penerima akan mengenakan biaya setelah uang sampai. Biaya ini bisa dipotong sebelum uang disetorkan ke rekening penerima atau penerima bisa melakukan tambahan pembayaran.

Secara keseluruhan, proses ini cukup merepotkan apalagi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan berkali-kali. Oleh karena itu, banyak layanan pengiriman uang selain bank muncul, termasuk Topremit. Anda bisa mengirim uang dengan proses yang cepat dan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang bikin bengkak kantong.

Negara Tujuan Yang Menerima Telegraphic Transfer

Hampir seluruh bank di Indonesia melayani pengiriman uang ke luar negeri. Adapun mata uang yang didukung untuk Telegraphic Transfer antara lain AUD, CAD, EUR, GBP, HKD, JPY, SGD, USD, THB, serta MYR. Namun, daftar negara dengan mata uang tersebut yang melayani Telegraphic Transfer berbeda-beda. Jadi, sebaiknya Anda mengonfirmasinya terlebih dahulu, sebelum melakukan pembayaran.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.