Mengatasi Culture Shock Saat Menetap di Luar Negeri, Ini Caranya!

Culture Mar 27, 2023

Mengalami culture shock saat pertama kali tinggal di luar negeri merupakan salah satu hal yang lumrah dijumpai, khususnya saat kamu berkuliah atau bekerja di luar negeri. Saat mengalami culture shock, kamu akan merasa asing bahkan kaget dengan kebiasaan dan kebudayaan yang ada di sekitar tempat kamu tinggal. Culture shock bahkan bisa membuat kamu merasa nggak nyaman di negara tempat kamu menetap.

Buat kamu yang ingin mengatasi culture shock, yuk langsung simak cara mengatasinya dibawah ini. Nah, tapi sebelum cari tahu tipsnya, simak dulu pemaparan mengenai apa itu culture shock berikut ini.

Apa Itu Culture Shock?

Culture shock atau gegar budaya adalah suatu kondisi perasaan yang dialami seseorang saat berhadapan dengan kondisi dan lingkungan serta budaya baru di tempat tinggal baru. Saat seseorang mengalami culture shock, biasanya dia akan merasa cemas, bingung, gelisah, tidak percaya diri dan tidak nyaman. Kondisi ini dapat terjadi karena ketidaksiapan seorang individu dalam menghadapi kebudayaan asing yang baru baginya.

Bagi kamu yang khawatir akan merasa culture shock di suatu negara baru yang ingin kamu tinggali, yuk catat tips mengatasi culture shock berikut ini.

Tips Mengatasi Culture Shock Saat Tinggal di Luar Negeri

1. Belajar Lebih Open Minded dan Toleransi

Culture shock dapat diatasi dengan mencoba mengubah pola pikir dengan menjadi lebih terbuka. Dengan menjadi lebih open minded atau berpola pikir terbuka, kamu akan lebih mudah menerima perbedaan yang ada di sekitar kamu, mulai dari perbedaan kebudayaan, norma, makanan, hingga cara bersosialisasi.

2. Kenali Budaya dan Kultur Setempat

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi culture shock adalah dengan mulai terbuka dan mengenali budaya serta kultur di negara tempat kamu tinggal. Kamu bisa mencoba menggunakan bahasa yang banyak digunakan masyarakat setempat, bergabung ke organisasi atau kegiatan lingkungan di negara kamu tinggal, atau bahkan mencoba beberapa kebudayaan setempat seperti festival atau pun makanan tradisional juga bisa membantumu mengenali budaya dan kultur negara tempat kamu tinggal sementara.

3. Bersosialisasi Dengan Masyarakat Sekitar

Bersosialisasi dengan masyarakat sekitar juga dapat membantu kamu mengatasi culture shock yang kamu alami saat tinggal di luar negeri. Dengan bersosialisasi dengan warga setempat, hubungan kamu dengan masyarakat setempat dapat terjalin dengan mudah dan membuat kamu mulai mengenali lingkungan sekitar.

4. Melibatkan Diri Dalam Kegiatan Masyarakat Lokal

Mengatasi culture shock juga bisa kamu lakukan dengan cara melibatkan diri dalam kegiatan yang dilakukan masyarakat lokal. Dengan bergabung pada kegiatan yang diadakan masyarakat setempat, kamu akan memiliki teman baru. Selain itu, bergabung dalam kegiatan masyarakat juga memungkinkan kamu menemukan teman seperjuangan yang juga merantau di tempat kamu tinggal.

Sudah tahu kan cara mengatasi culture shock? Nah, buat kamu yang baru-baru ini menetap di luar negeri, nggak perlu lagi khawatir cara untuk memenuhi kebutuhan harian. Karena, ada Topremit yang bisa kamu andalkan sebagai layanan transfer uang ke luar negeri yang cepat dan murah. Dengan Topremit, kamu bisa melakukan transfer uang dalam waktu mulai dari 5 menit saja dan biaya transfernya mulai dari 45 ribu rupiah doang.

Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang dengan mudah dan aman ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.