Ingin Tinggal di Belanda? Ini Biaya Hidup untuk Kerja dan Kuliah

tips tinggal di luar negeri Feb 22, 2022

Bisa kuliah dan bekerja di luar negeri menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi bisa tinggal di Eropa seperti di Belanda. Selain menimba ilmu dan bekerja, kamu pun bisa menjelajahi kota-kota populer dan menikmati suasana baru serta pengalaman baru ala penduduk Eropa. Namun, kamu pun harus mempersiapkan biaya untuk tinggal di sana.

Bagi kamu yang baru akan kuliah atau bekerja di negeri Belanda mungkin bertanya-tanya berapakah biaya hidup selama di sana. Pasalnya setiap negara tentu punya standar perekonomian yang berbeda dan Belanda punya mata uang yang lebih tinggi dibandingkan rupiah. Oleh karena itu, simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya!

Biaya Tempat Tinggal Di Belanda

Untuk tempat tinggal, ada banyak pilihan yang bisa kamu dapatkan di Belanda. Ada tipe flat sharing, yakni hunian sewa per kamar namun terdapat dapur dan kamar mandi yang bisa digunakan oleh sesama penyewa lainnya. Harga sewa tipe ini berkisar 350-500 Euro per bulan.

Pilihan lainnya adalah sewa apartemen. Apartemen tipe studio disewakan sekitar 600 Euro per bulan. Sementara untuk ruangan yang lebih besar dengan 1 kamar tidur dibanderol 1.200 hingga 1.500 Euro per bulan. Namun, keuntungan tinggal di apartemen adalah kamu memiliki kamar mandi dan dapur sendiri.

Hanya saja, untuk sewa apartemen biasanya terdapat fee agency sekitar 250 Euro dan membayar deposit. Untuk mahasiswa, pilihan lain yang lebih terjangkau adalah memilih tempat tinggal yang ditawarkan oleh pihak kampus. Selain dekat, biaya sewanya cenderung lebih murah.

Biaya Makan dan Minum

Pengeluaran lainnya yakni dari biaya makan dan minum. Rata-rata biaya makan di Belanda sebesar 7-20 Euro per porsi. Harga ramen Jepang senilai 14-15 Euro, masakan Indonesia 10-11 Euro, kebab 4 Euro per porsi, bir di pub 3 Euro, hingga kopi 3 Euro. Sementara, untuk kebutuhan air mineral kamu akan lebih hemat karena kebanyakan air keran di sana sudah bisa langsung diminum.

Biaya Transportasi

Untuk kamu yang memilih tinggal di luar area kampus atau tempat kerja akan mengeluarkan biaya transportasi setiap harinya. Ada beberapa moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk bepergian di Belanda. Untuk tiket trem dan bus dalam kota, harga tiketnya tergantung pada seberapa jauh jarak yang kamu tempuh. Namun, rata-rata 0,5 hingga 3 Euro.

Kalau dihitung bulanan, mungkin kamu akan menghabiskan biaya sebesar 200 Euro atau 55 Euro per minggu. Jika kamu jarang menggunakan transportasi umum mungkin hanya sebesar 10 hingga 40 Euro saja selama sebulan.

Jika tempat tinggal tidak terjauh dari tempat kuliah atau kerja, sebaiknya kamu membeli sepeda. Pasalnya, masyarakat Belanda pun banyak yang menggunakan sepeda sebagai transportasi hariannya. Harga sepeda di sana berkisar 30 hingga 300 Euro.

Biaya Tagihan Bulanan

Untuk kamu yang tempat tinggalnya belum termasuk biaya listrik, air, gas, hingga internet, maka siap-siap saja adanya tagihan tambahan. Setiap tagihan tersebut biasanya berkisar 80 hingga 200 Euro. Untuk menghemat listrik, beberapa tempat tinggal di Belanda sudah menggunakan panel surya. Menariknya, panel surya tersebut juga bisa disewa loh!

Biaya Hiburan dan Komunikasi

Selama di Belanda kamu mungkin merasa jenuh dan butuh hiburan. Alternatif terbaik dan termurah untuk memanjakan diri di sana adalah dengan berkeliling kota menggunakan transportasi publik atau sepeda. Namun, kamu juga bisa pergi ke bioskop. Harga tiketnya adalah 10-12 Euro. Selain itu kamu juga bisa pergi ke tempat-tempat umum lainnya seperti taman atau mall.

Sedangkan biaya komunikasi kamu memerlukan kartu operator di sana. Harga paket internet yang disediakan berkisar antara 20 hingga 60 Euro per bulan. Sedangkan biaya Wi-Fi biasanya berkisar 40 hingga 50 Euro.

Nah, itulah rincian rata-rata biaya hidup untuk kamu yang ingin kuliah atau bekerja di Belanda. Menurut situs Universiteit van Amsterdam (UVA) dan Leiden University (LU) rata-rata biaya hidup per bulan di sana adalah 900 hingga 1.400 Euro atau Rp14,6 juta hingga Rp22,7 juta. Lumayan tinggi ya?

Selain memberikan informasi mengenai biaya hidup di Belanda, Topremit juga melayani pengiriman uang ke luar negeri. Topremit melayani pengiriman uang ke lebih dari 70 negara di dunia, termasuk Belanda dengan cepat dan murah. apa lagi khusus di Oktober lagi ada promo khusus untuk kirim uang ke negara-negara SEPA, termasuk Belanda, nih. Kamu bisa nikmati diskon 50% biaya transfer dengan kode promo EURO50. Meskipun biaya transfernya cuma setengah harga, uang kamu akan tetap sampai 20 menit, lho! Nah, tunggu apa lagi? Yuk pakai Topremit sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.